Jadikan 5 Pantai Ngehits di Malang Ini Destinasi Dolan Berikutnya!

Merasa sudah ngehits? Tunggu dulu. Dolaners sudah tahu apa yang lagi hits sekarang? Yak! Pantai-pantai baru di kawasan selatan Kabupaten Malang. Tentu pantai-pantai indah ini sudah ada di tempatnya sejak dulu kala, mereka bukan pantai baru. Tapi, baru ngehits! Mau tahu kenapa? Yuk lihat langsung seperti apa pantai-pantainya, kunjungi, share fotomu, dan ikutan ngehits!

1452 views

1. Pantai Teluk Asmoro

Jangan ngaku ngehits kalau Dolaners belum tahu di mana lokasi Kecamatan Sumbermanjing Wetan di Kabupaten Malang wilayah selatan. Kenapa Dolaners musti tahu tentang Sumbermanjing Wetan? Karena kecamatan ini punya banyak banget stok pantai eksotis di wilayahnya. Dan yang lagi ngehits sekarang adalah Pantai Teluk Asmoro.

Pantai Teluk Asmoro Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Teluk Asmoro Malang via arifharvianton - Dolan Dolen

Pantai Teluk Asmoro Malang via arifharvianton

Seperti namanya, Pantai Teluk Asmoro berbentuk seperti teluk. Ada pulau-pulau kecil di lepas pantainya, sehingga ombak Samudera Hindia tak garang menghempas ke pantai. Berperan seakan tanggul alami, pulau-pulau ini menjaga air laut yang ada di dekat pasir pantai dalam keadaan tenang. Alhasil, Dolaners bisa berenang santai bahkan snorkeling di pantai teluk ini. Melewati air laut yang bening, Dolaners bisa melihat dasar laut dan terumbu karang yang dilalui ikan-ikan kecil hilir mudik. Berasa ada di Raja Ampat, deh. Satu-satunya kekurangan dari pantai yang masih jarang pengunjung ini adalah fasilitasnya. Apapun yang Dolaners akan kerjakan di Pantai Teluk Asmoro, wajib bawa perlengkapan sendiri, baik itu memancing, snorkeling, berenang, makan-makan, bahkan camping. Sisi baiknya, Dolaners akan menikmati suasana pantai yang masih alami banget, belum banyak terjamah orang. Tapi jangan mengacak-ngacak pantai indah ini dengan sampah ya, Dolaners, karena Pantai Teluk Asmoro ini juga berperan sebagai kawasan konservasi penyu.

Alamat: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000,-

 

2. Pantai Sendiki

Masih di kawasan Sumbermanjing Wetan, kali ini Dolaners bisa menengok keindahan pantai lain yang sama-sama masih belum banyak dikunjungi orang. Tapi kudu siap ya, Dolaners. Pasalnya, Dolaners akan menempuh perjalanan yang tak mudah sejauh lebih 3km untuk mencapai area pantai, melalui perkebunan dan persawahan penduduk. Tapi seru, kan?

Pantai Sendiki Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Sendiki Malang via itanurizqi - Dolan Dolen

Pantai Sendiki Malang via itanurizqi

Saat mencapai pantai, Dolaners akan mendapati hamparan pasir putih yang memanjang, begitu lapang dan landai. Disambut oleh debur ombak laut yang membiru, Dolaners takkan sabar untuk tak segera membasahi kaki dengan air Pantai Sendiki. Fasilitas pantai ini masih sedang berkembang, tapi Dolaners sudah bisa mendapati cottage-cottage sederhana di tepi pantai. Atau bila terlalu capek, Dolaners bisa menyewa tenda yang disediakan oleh penduduk sekitar pantai. Dan, bukan ide buruk loh, kalau Dolaners memang sengaja datang ke Pantai Sendiki untuk camping selama satu atau dua hari. Ada sungai yang bermuara di Pantai Sendiki, jadi Dolaners masih bisa mendapat suplai air tawar. Eh, jangan salah. Biarpun air sungai, air ini jernih dan segar banget. Penasaran seperti apa air sungai yang masih bisa langsung diminum hari gini?

Alamat: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket
Masuk: Rp 10.000,-
Parkir Mobil: Rp 15.000,-

Lihat Detail

 

 

3. Pantai Modangan

Pantai Modangan di Kecamatan Donomulyo ini menyusul popularitas tetangganya, Pantai Ngliyep. Kalau sudah familiar dengan Pantai Ngliyep, kini saatnya penjelajahan Dolaners di Malang berlanjut ke pantai yang lokasinya dekat dengan Kabupaten Blitar ini. Asal tahu aja ya, Dolaners. Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar di sisi selatan ini dipisahkan oleh Sungai Modangan. Nah, muara sungai ini ada di Pantai Modangan.

Pantai Modangan Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Modangan Malang via bendottetapsemangat - Dolan Dolen

Pantai Modangan Malang via bendottetapsemangat

Pantai yang baru ngehits ini terkenal sebagai Hawai-nya Malang karena panoramanya yang elok. Bila telah sampai di Pantai Modangan, Dolaners akan bisa melihat sendiri kenapa nama Hawai ini memang layak disandang. Pasir putih terhampar panjang, lembut menyapa kaki yang telanjang. Sementara birunya ombak pantai terus menerus berdebur ke tepian pantai. Jangan lupa bawa perbekalan ya, Dolaners. Makanan, tenda, atau sekedar tikar untuk dihamparkan dan menikmati matahari tenggelam di sini. Oh… santai… serasa di Hawai… Disamping bersantai di Pantai Modangan, Dolaners bisa foto-foto di spot yang telah disiapkan, atau main paralayang memanfaatkan angin yang bersahabat dan pemandangan yang memanjakan mata.

Alamat: Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket
Masuk: Rp. 5.000,-
Parkir: Rp. 3.000,-
Spot Selfie: Rp. 5.000,-

 

4. Pantai Batu Bengkung

Pingin berendam santai di pantai Samudera Hindia? Wah, sepertinya mustahil ya, Dolaners. Tapi tidak mustahil bila Dolaners datang ke Pantai Batu Bengkung. Pantai ini punya area kolam landai yang bisa Dolaners gunakan untuk berendam santai di air laut. Jangan kuatir dengan ombak Samudera Hindia, karena ombak-ombaknya yang terkenal pemarah takkan bisa mencapai kolam ini. Yak, kolam ini dibatasi oleh segaris batu karang yang seolah menjadi tanggul alami. Lagipula, Dolaners memang tidak diijinkan berenang ke tengah laut, sebenarnya. Jadi bersabarlah menunggu air pasang untuk mengisi kolam, lalu berendam dan tetap berada di sisi bagian dalam tanggul karang.

Pantai Batu Bengkung, Pantai Batu Bengkung Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Batu Bengkung by dioneciatyas - Dolan Dolen

Pantai Batu Bengkung by dioneciatyas

Yang unik dari Pantai Batu Bengkung ini adalah garis pantainya yang menghadap ke arah matahari tenggelam. Posisi ini memungkinkan Dolaners menikmati sunset, seakan Dolaners sedang di salah satu pantai di Bali. Kalau Dolaners memutuskan untuk camping di pantai ini, bonus istimewanya adalah Dolaners bisa menikmati sunrise juga. Apalagi karena pantai ini terbuka untuk diakses selama 24 jam penuh, benar-benar kesempatan yang tepat untuk camping pantai bila Dolaners merencanakan berwisata ke Kabupaten Malang. Sekalian ikutan ngehits lah, Dolaners.

Alamat: Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk: Rp. 7.500,-
Parkir: Rp. 5.000,-
Parkir Menginap: Rp. 10.000,-

Lihat Detail

 

 

5. Pantai Ngudel

Satu lagi pantai di Kabupaten Malang yang lagi hits. Pantai Ngudel. Lokasinya tetanggaan sama Pantai Ngantep, yang lebih dulu ngehits. Karakter pantai yang bertetangga ini masih sama seperti pantai-pantai Samudera Hindia. Ombaknya besar, jadi Dolaners tak akan bisa berenang di Pantai Ngudel. Tapi Dolaners masih bisa mancing ikan laut, disamping jalan-jalan menjelajah pantai yang cukup luas ini. Pasirnya yang bersih tanpa sampah dan lembut di kaki akan membuat Dolaners tak terasa meniti bibir pantai ini hingga lumayan jauh. Kalau tak ada pengunjung lain, bisa-bisa Dolaners merasa memiliki pantai pribadi atau menjadi penguasa Pantai Ngudel. Oh ya, pantai ini lumayan sering dipakai acara motor off road. Kalau kebetulan Dolaners anggota komunitas ini, bisa dicoba destinasi berikutnya ke Pantai Ngudel.

Pantai Ngudel Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Ngudel Malang via khusaikhu - Dolan Dolen

Pantai Ngudel Malang via khusaikhu

Pantai Ngudel memang ngehits saat-saat ini. Tapi tetap saja, dibanding saudara-saudaranya di pantai selatan Kabupaten Malang, Pantai Ngudel masih terbilang sepi. Dolaners pingin ngehits tapi masih berkarakter dan sedikit anti mainstream? Dolan ke Pantai Ngudel saja.

Alamat: Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang
Jam Buka: 05.00 – malam
Harga Tiket Masuk: Rp. 15.000,-

 

Yap, dolan ke kawasan Kabupaten Malang di sisi selatan memang selalu seru. Banyak pantai-pantai yang sebelumnya tak terjamah orang, sekarang jadi hits karena akses Jalur Lintas Selatan. Dolaners bisa menikmati aspal jalan baru, atau masih berjuang dengan ruas jalan yang belum siap. Tapi yang jelas, pantai-pantai di Malang selatan sedang menunggumu.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link