Jalan-Jalan di Yogyakarta Gak Pake Fulus Muluk? Cobain 7 Destinasi Ini

Siapa bilang jalan-jalan di Jogja butuh duit segepok? Ada banyak destinasi yang bisa didatengin tanpa perlu keluar fulus setumpuk. Malah ada yang tak memberlakukan tiket masuk. Eits, jangan disangka karena gratis trus Dolaners dapet zonk, ya. Sebaliknya, destinasi-destinasi berikut ini hits banget dikalangan traveller dan backpacker. Mau ikutan? Yuuuk!

1437 views

1. Candi Ijo

Dolan ke Candi Ijo di Yogyakarta lebih dari sekedar melihat candi peninggalan abad ke-9. Kenapa? Karena pemandangan di sekitar candi ini benar-benar menakjubkan.

Candi Ijo, Candi Ijo Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Candi Ijo via fajardhan29 - Dolan Dolen

Candi Ijo via fajardhan29

Entah kenapa namanya ijo, atau hijau, padahal candi ini gak ada ijo-ijonya sama sekali kecuali rumput yang menghampar di sekelilingnya. Mungkin nama candi ini karena lokasinya di Gumuk Ijo atau Bukit Hijau. Dari puncak bukit di mana Candi Ijo berada, Dolaners bisa menikmati terasering lahan pertanian yang tak kalah dari pemandangan di Bali. kalau Dolaners sudah familiar dengan indahnya panorama dari ketinggian Keraton Ratu Boko, kini giliran menikmati pemandangan dan sunset murah meriah dari Candi Ijo di Yogyakarta.

Alamat: Jl. Prambanan Piyungan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman
Harga Tiket Masuk: gratis

Lihat Detail

 

2. Tebing Breksi

Dekat dengan Candi Ijo, ada Tebing Breksi yang masih terbilang baru. Biarpun masih gress, Tebing Breksi tak kalah dari destinasi-destinasi wisata lain di Yogyakarta. Buktinya, Obama sempat mampir ke Tebing Breksi saat berwisata ke Yogyakarta. Apa gak bikin penasaran tuh, seperti apa destinasi pilihan Obama?

Tebing Breksi, Tebing Breksi Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Tebing Breksi by rommydhano - Dolan Dolen

Tebing Breksi by rommydhano

Bekas penambangan kapur ini baru dibuka untuk pariwisata dua tahun yang lalu. Sisa penambangan meninggalkan sebuah tebing yang menjulang degan guratan-guratan yang tampak unik. Kalau Dolaners mau naik sampai ke puncak kue lapis yang tidak bisa dimakan ini, sudah ada besi pengamannya. Jangan kuatir jatuh, deh. Yang jelas, Tebing Breksi ini adalah lokasi yang instagenik banget asalkan Dolaners bisa ngambil fotonya. Dan karena lokasinya dekat dengan Candi Prambanan, Keraton Ratu Boko, serta Candi Ijo, Tebing Breksi ini mudah banget dijangkau. Tinggal belokkan kendaraan saat Dolaners jalan-jalan ke destinasi-destinasi di sekitarnya.

Lokasi: Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 06.00 – 21.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: gratis
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Lihat Detail

 

 

3. Gumuk Pasir Parangkusumo

Dolaners mencari lokasi buat dapet foto ala-ala gurun pasir Timur Tengah? Ke Yogyakarta aja. Emang ada? Ada, lah!

Gumuk Pasir Parangkusumo, Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Gumuk Pasir Parangkusumo via jeem roni - Dolan Dolen

Gumuk Pasir Parangkusumo via jeem_roni

Lokasinya dekat dengan Pantai Parangtritis, dan gurun ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo. Eksotisnya gurun pasir yang luas ini sering menjadikannya pilihan lokasi photo shoot untuk prewedding. Barangkali Dolaners mau survey lokasi untuk prewed? Boleh, asal yang mau diajak foto juga udah ada. Ups… Tak hanya bisa tampil romantis, Gumuk Pasir Parangkusumo juga bisa tampil menantang. Ketinggian gundukan pasir yang berkisar antara lima hingga 15 meter memberi Dolaners wahana alami buat berseluncur. Udah, gak perlu galau biarpun jomblo karena tempat ini tetep seru buat dolan.

Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-
Parkir Bus: Rp 20.000,-
Parkir Pre-Wedding: Rp 40.000,-
Sewa Papan Sandboarding: Rp 100.000,- per jam

Lihat Detail

 

4. Kedung Pedut

Gask suka panas-panasan di gurun? Ngadem aja ke air terjun. Yogyakarta punya Kedung Pedut, yang adeeem segerr.

Kedung Pedut, Kedung Pedut Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Kedung Pedut via sigit jwt - Dolan Dolen

Kedung Pedut via sigit_jwt

Dari namanya saja, Dolaners sudah bisa tebak bakalan ketemu sebuah kolam berkedalaman dua hingga tiga meter dengan air terjun yang tampak putih seperti kabut setinggi 25 meter. Baru dibuka untuk wisata dua tahun yang lalu, destinasi ini memukau dengan airnya yang jernih, berwarna hijau toska yang pekat dan putih banget di spot-spot tertentu. Menuju area air terjun inipun bisa jadi perjalanan yang bikin rileks, melewati perkebunan penduduk setempat yang hijau. Udah terbayang suasana ademnya?

Lokasi: Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo
Harga
Tiket Masuk: Rp 3.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Lihat Detail

 

 

5. Taman Sungai Mudal

Dolaners udah pernah ke water park, kan? Water park mana aja deh, yang bikin seru kan karena banyaknya wahana yang bermacam-macam. Nah, Taman Sungai Mudal juga punya banyak spot yang menawarkan wahana alami. Just use your imagination!

Taman Sungai Mudal, Taman Sungai Mudal Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Taman Sungai mudal by najmutsaqib - Dolan Dolen

Taman Sungai Mudal by najmutsaqib

Kawasan Taman Sungai Mudal ini punya kolam-kolam yang dibuat dengan membendung Sungai Mudal. Lokasinya yang tersebar memungkinkan Dolaners punya pilihan mau coba nyemplung ke kolam mana. Selain kolam, Dolaners juga bisa menikmati Air Terjun Mudal. Saat kemarau debit airnya memang kecil, tapi saat musim hujan tampilan air terjun ini cukup meyakinkan. Kalau tak mau basah-basahan, jalan-jalan saja di sekitar aliran sungai. Tamannya yang penuh anggrek bisa jadi pemandangan menenangkan saat Dolaners duduk-duduk santai di gazebonya, berlatar belakang Gunung Kelir dan suara-suara alamnya.

Lokasi: Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Lihat Detail

 

6. Bukit Mojo Gumelem

Doyan selfie? Yogyakarta punya Bukit Mojo Gumelem kalau Dolaners mau nambah foto-foto kece di Instagram. Foto-foto? Banyak? Yup! Gardu pandang di Bukit Mojo tak hanya satu, tapi lima!

Bukit Mojo Gumelem, Bukit Mojo Gumelem Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Mojo Gumelem by ferindats - Dolan Dolen

Bukit Mojo Gumelem by ferindats

Gardu Pandang yang paling ikonik di Instagram adalah sarang burung dan bunga matahari. Tapi di gardu pandang yang lainpun, Dolaners masih bisa dapat latar belakang pemandangan yang luar biasa mengagumkan. Eh, jangan lupa menikmati dan mensyukuri pemandangan ini loh. Apalagi pemandangan saat sunset yang bisa terasa syahdu banget di puncak bukit ini. Suasana paginyapun tak kalah indah, dengan kabut mengambang yang seolah mengucapkan selamat datang.

Lokasi: Dusun Gumelem, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul
Jam Buka: 05.00 – 18.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: gratis
Foto per Spot: Rp 3.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 3.000,-

 

 

7. Bukit Panguk Kediwung

Siapa bilang Yogyakarta panas? Mungkin mereka hanya belum sampai ke Bukit Panguk Kediwung, menikmati matahari terbit di bukit ini bersama kabutnya. Pekatnya kabut yang sering lewat di area bukit ini tampak seperti awan mengambang, seolah menjadi visualisasi lagu lama, Negeri di Awan.

Bukit Panguk Kediwung, Bukit Panguk Kediwung Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Panguk Kediwung by onyone96 - Dolan Dolen

Bukit Panguk Kediwung by onyone96

Setelah kabut menghilang, seakan tirai pertunjukan yang dibuka, Dolaners akan disuguhi pemandangan sungai mengular di tengah perbukitan hijau pekat yang kontras dengan birunya langit. Momen yang pas buat selfie, apalagi ada pilihan lima gardu pandang, masing-masing dengan hasil berbeda tapi sama-sama keren. Lokasinya yang berada di ketinggian menawarkan hasil fotografi yang tak pernah mengecewakan, seamatir apapun Dolaners dengan kamera. Tak heran, destinasi wisata ini sekarang ngehits banget tak hanya di Instagram, tapi juga di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Lokasi: Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk: gratis
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 3.000,-

Lihat Detail

 

Mana destinasi yang paling menarik buat didatengin, Dolaners? Bingung karena semuanya sama-sama murah, bahkan gratis? Apalagi pemandangannya juga sama-sama menarik, jadi tambah bingung, kan? It’s okay, gak usah bingung. Disamperin aja satu-satu, tak usah buru-buru. Nikmati saja perjalanan dan wisata Dolaners di Yogyakarta.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link