Keindahan 5 Hutan Pinus di Malang Raya, Sayang Bila Dilewatkan

Kalau melihat scene film-film yang dengan kerennya menampilkan pemandangan hutan evergreen, pingin rasanya ikutan nyemplung dalam frame-nya. Tapi haruskan jauh-jauh ke luar negeri untuk turut merasakan asiknya jalan-jalan di tengah hutan hijau seperti itu? Tidak. Dolaners tidak harus pergi jauh-jauh untuk menikmati suasana seperti di film-film itu. Coba saja ke Malang, dan coba jalan di salah satu hutan-hutan pinusnya. Dolanerslah yang jadi bintang, melenggang di jalan setapak salah satu hutan pinus ini.

5263 views

1. Hutan Pinus Semeru

Hutan Pinus Semeru dikenal juga dengan namanya yang lain, Hutan Pinus Sumber Putih (HPSP). Bila nama Semeru disematkan karena lokasi hutan yang berada di kawasan kaki Gunung Semeru, maka Sumber Putih dinisbatkan pada nama desa di mana kawasan hutan pinus ini berada. Baru dibuka pada awal tahun 2017, destinasi wisata hutan pinus di Malang ini sudah langsung diserbu pengunjung, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Tak mau ketinggalan, Instagrampun turut membuat hutan pinus ini semakin tenar membahana.

Hutan Pinus Semeru Malang, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Hutan Pinus Semeru by banganam78910 - Dolan Dolen

Hutan Pinus Semeru Malang by banganam78910

Dolaners ketinggalan? Jangan kuatir, masih ada waktu untuk ikut serta menikmati pohon-pohon pinus yang rimbun menghijau dan menjulang tinggi di kaki Gunung Semeru ini. Malahan, Dolaners akan mendapati infrastruktur yang lebih baik karena jalan aspal baru-baru saja selesai dikerjakan. Dengan ruas jalan yang mudah dilalui, Dolaners bisa menikmati perjalanan menuju hutan pinus sambil melihat pemandangan di kanan kiri yang menakjubkan, diselingi dengan lalu lalang petani yang bekerja ke ladang-ladang mereka. Sesampai di lokasi, Dolaners akan disambut dengan hutan hijau lebat berlatar belakang Gunung Semeru yang mengepulkan asap tipis di puncaknya. Pemandangan yang sungguh tiada duanya.

Alamat: Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang
Harga Tiket
Masuk: gratis
Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2.000,-
Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

2. Hutan Pinus Coban Talun

Mungkin Dolaners sudah pernah mendengar tentang Coban Talun, sebuah destinasi wisata alam air terjun yang ada di wilayah Malang Raya. Tapi tahukah Dolaners kalau Coban Talun tak hanya menawarkan keindahan pemandangan air terjunnya saja, tapi juga hutan pinus?

Hutan Pinus Coban Talun Malang Raya, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Hutan Pinus Coban Talun by dymaskusuma - Dolan Dolen

Hutan Pinus Coban Talun Malang Raya by dymaskusuma

Yap, hutan pinus. Dan lokasinya malah tak sampai ke area air terjun. Dolaners yang malas berbecek-becek, atau kurang tertarik dengan kegiatan yang memacu adrenalin untuk mencapai area air terjun Coban Talun, bisa menghentikan langkah kaki sampai di hutan pinus saja. Dan jangan kuatir, pemandangan yang ditawarkan hutan pinus ini sudah tak kalah hebat dari air terjunnya. Gak akan nyesel meskipun cuma sampai hutan pinusnya saja. Disamping suara satwa hutan dan semilir angin yang menenangkan, di dekat hutan pinus ini ada kebun bunga yang penuh dengan berbagai jenis bunga warna warni. Apa yang ada di benak Dolaners? Yak! Tempat ini cocok banget untuk foto-foto, selfie, wefie, atau bahkan untuk prewedding photo shoot. Selain untuk foto-foto, hutan pinus di Coban Talun ini juga punya area camping ground, Apache Camp, dan Pagupon Camp. Bahkan ada Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa, bila Dolaners tertarik masuk lebih jauh ke dalam hutan.

Alamat: Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
Jam Buka Coban Talun: 07.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket
Masuk Coban Talun: Rp. 15.000,-
Masuk Apache Camp: Rp. 7.500,-
Masuk Pagupon Camp: Rp. 5.000,-
Masuk Kebun Bunga: Rp. 5.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

 

3. Hutan Pinus Candi Sumberawan

Berawal dari ide sejumlah mahasiswa salah satu universitas di Kota Malang, kawasan Candi Sumberawan dipercantik untuk menarik wisatawan. Sebagai situs peninggalan sejarah di Jawa Timur, Candi Sumberawan memang tak setenar candi-candi lain. Namun keberadaannya merupakan bukti nyata jejak sejarah yang tak bisa diabaikan. Karenanya, kawasan hutan pinus di Candi Sumberawan ini dikemas cantik dan kekinian sehingga Dolanerspun akan berminat datang ke pelosok Kabupaten Malang ini.

Hutan Pinus Candi Sumber Awan Malang, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Hutan Pinus Candi Sumber Awan via luluk almira90 - Dolan Dolen

Hutan Pinus Candi Sumber Awan Malang via luluk_almira90

Bukan pelosok banget sih, lokasi Candi Sumberawan ini. Tapi Dolaners akan melalui jalan-jalan di area pemukiman penduduk yang berkelok-kelok hingga di kawasan ketinggian Singosari, sebuah kecamatan di sebelah utara Kota Malang. Sesampainya di Dusun Sumberawan, Dolaners akan menjumpai hutan pinus yang instagenik dengan taman hammock, taman lampion, taman batik, dan taman bunga. Udara sejuk kaki Gunung Arjuno di sekitar Candi Sumberawan ini bakal membuat Dolaners kerasan berayun-ayun di hammock menikmati semilir angin. Pulangnya, sekalian belanja alas kaki produksi penduduk di sekitar candi. Asik, kan?

Alamat: Deusun Sumberawan, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang
Jam Buka: 07.30 – 16.30 WIB
Harga Tiket: gratis

 

4. Hutan Pinus Budug Asu

Budug Asu adalah salah satu destinasi wisata alam di Malang yang lagi naik daun. Dari puncak Bukit Budug Asu, Dolaners bisa menikmati pemandangan yang super keren. Tapi ternyata tak hanya dari puncak bukit loh, Dolaners. Sekitar 2 km sebelum sampai di puncak bukit, Dolaners akan disambut oleh hamparan hutan pinus yang tak kalah kerennya.

Hutan Pinus Budug Asu Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Hutan Pinus Budug Asu via julee brarian - Dolan Dolen

Hutan Pinus Budug Asu Malang via julee_brarian

Lintasan jalan menuju puncak Bukit Budug Asu lebih dikenal oleh komunitas offroader atau motor crosser. Tapi kalau Dolaners suka tracking, jalan menuju puncak sudah terasa sebagai kemewahan tersendiri. Kenapa? Karena jalannya sudah barlapis batu meskipun tidak tertata rapi. Tapi tetap saja, yang namanya tracking memerlukan sepatu yang nyaman, apalagi Dolaners akan berjalan kaki sekitar dua jam dari area parkir kendaraan di Kebun Teh Wonosari Lawang. Bisa jadi perjalanan ini akan lebih lama karena Dolaners gak akan tahan untuk tidak mengeluarkan kamera dan mengambil beberapa pose sepanjang perjalanan di hutan pinus Budug Asu. Pemandangannya syahdu, nyaris romantis seperti di film-film yang pernah Dolaners tonton. Bahkan kalau mau repot, kawasan hutan pinus ini bisa jadi lokasi photo shoot untuk outfit of the day. Yap, lokasinya layak banget! Kalau sudah pernah menjelajah hutan pinus Imogiri di Yogya, setidaknya Dolaners akan punya sedikit bayangan di kepala, seperti apa bukit pinus di Budug Asu.

Alamat: Kawasan Agro Wisata Kebun Teh Wonosari, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang
Harga Tiket
Tiket Masuk: Rp. 5.000,-
Parkir Motor: Rp. 3.000,-
Parkir Motor Cross: Rp. 10.000,-
Parkir Jeep: Rp. 25.000,-

Lihat Detail

 

 

5. Hutan Pinus Ledok Ombo

Satu lagi hutan pinus di kawasan kaki Gunung Semeru, Ledok Ombo. Hutan pinus ini berada di Desa Wisata Poncokusumo, dan baru ngehits sekitar dua tahun terakhir. Dengan luas yang mencapai 12 hektar, rasanya takkan ada habisnya bila Dolaners menjelajah Hutan Pinus Ledok Ombo. Bahkan hutan ini sanggup menjadi lokasi downhill.

Hutan Pinus Ledok Ombo Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Hutan Pinus Ledok Ombo via MESRA BERKELANA - Dolan Dolen

Hutan Pinus Ledok Ombo Malang via MESRA BERKELANA

Disamping event olahraga yang memompa adrenalin, Dolaners tetap bisa menikmati keindahan hutan pinus Ledok Ombo untuk acara-acara santai, seperti foto-foto atau sekedar jalan-jalan. Fasilitas destinasi wisata ini sudah lengkap, ada mushola, rumah pohon, dan warung. Bahkan yang paling hits di lokasi ini adalah Pinus Cafe Ledok Ombo. Bayangkan saja enaknya ngopi dengan kawan-kawan, ditengahi semilir angin lembah dan suara alam yang menenangkan. Sekali ke hutan pinus ini, Dolaners bakal pingin balik lagi, dan lagi.

Alamat: Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang
Harga Tiket: Rp. 5.000,- per hari

 

Mana wisata hutan pinus favorit Dolaners? Yang manapun yang Dolaners paling suka, jalan-jalan di tengah hutan pinus selalu mambawa ketenangan tersendiri. Kalau belum pernah, kudu dicoba deh, Dolaners!

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link