Kenapa Musti ke Pantai Ngledakan Ciut di Malang? Ini 7 Alasannya

Tentu Dolaners tahu kan, wisata apa yang paling menarik di Kabupaten Malang? Yup! Pantainya. Berada di pesisir selatan Pulau Jawa, Kabupaten Malang kaya banget akan pantai-pantai yang unik dengan karakteristiknya masing-masing. Tak terkecuali, Pantai Ngledakan Ciut. Nah, pantai di sebelah mananya Malang lagi, nih?

939 views

1. Pantai Tersembunyi yang Masih Belum Banyak Tersentuh

Seperti namanya, Pantai Ngledakan Ciut di Kabupaten Malang ini memiliki garis pantai yang sempit, atau ciut dalam Bahasa Jawa. Nah, saking sempitnya nih, Dolaners bisa melihat jelas di mana pasir berujung di sisi kiri dan kanan pantai. Gegara ukuran ini, diterima aja lah ya, kalau Pantai Ngledakan Ciut tak begitu menarik minat wisatawan yang suka melancong ke pantai rame-rame bersama kawan-kawan atau keluarga besar.

Pantai Tersembunyi yang Masih Belum Banyak Tersentuh, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Tersembunyi yang Masih Belum Banyak Tersentuh via kenzclekx - Dolan Dolen

Pantai Tersembunyi yang Masih Belum Banyak Tersentuh via kenzclekx

Tak cuma ukuran yang kurang memadai untuk gaya pelancongan berombongan, Pantai Ngledakan Ciut juga tak terletak di tepi jalan raya yang mudah diakses dengan kendaraan. Dolaners pernah ke pantai bersama oma opa atau keponakan balita? Tentunya pantai-pantai yang berlokasi tak jauh dari tempat parkir menjadi pilihan, bukan? Nah, sayangnya, bisa dibilang, Pantai Ngledakan Ciut nih cuma buat pengunjung yang berjiwa raga muda. Alhasil, pantai cantik ini masih jarang diminati dan tidak menjadi destinasi wisata favorit khalayak umum.

 

2. Pantai Teluk Menghadap Samudera Hindia

Jadi, destinasi ini enggak hits, enggak mudah diakses, trus kenapa Dolaners musti menyempatkan ke Pantai Ngledakan Ciut? Udah disebutin sebelumnya, kan? Pantai ini cantik, Dolaners!

Pantai Teluk Menghadap Samudera Hindia, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Teluk Menghadap Samudera Hindia via putri - Dolan Dolen

Pantai Teluk Menghadap Samudera Hindia via putri.silviana

Pantai Ngledakan Ciut memiliki topografi yang serupa dengan teluk. Bukit karang yang cukup besar memagari pantai di sisi kanan dan kiri, terus menjorok hingga ke tengah laut, membentuk teluk yang cukup dalam menjorok ke daratan. Di ujung kedua bukit karang yang menghijau ini terdapat spot memancing yang tentu menggiurkan buat Dolaners yang gemar menghabiskan waktu dengan kail dan umpan. Tapi bila lebih suka bermalasan dengan pasir basah, memandang jauh ke arah Samudera Hindia, Dolaners bisa bersantai saja di area pantai. Memandang laut dengan celah terbuka yang diapit karang, Dolaners mungkin akan merasakan kemiripan Pantai Ngledakan Ciut ini dengan Pantai Sedahan atau Pantai Greweng di Yogyakarta.

 

 

3. Pantai Mungil Serasa Milik Sendiri

Kembali pada topik ukuran dan lokasi Pantai Ngledakan Ciut. Pantai di wilayah Kabupaten Malang ini terbilang cukup mungil, berada di lokasi yang cukup mblusuk dan memerlukan tekad kuat untuk mencapainya. Karena dua faktor inilah, saat tiba di Pantai Ngledakan Ciut, Dolaners akan disambut oleh keheningan alam pantai yang tak tersentuh peradaban millennial.

Pantai Mungil Serasa Milik Sendiri, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Mungil Serasa Milik Sendiri via exploremalang - Dolan Dolen

Pantai Mungil Serasa Milik Sendiri by ahmad_anjarwicaksono

Jangan harap ada sinyal telepon genggam di kawasan pesisir Kabupaten Malang ini – lupakan email dan pekerjaan. Nikmati saja setiap detik yang Dolaners lewatkan di pantai tak bertuan ini, mencicipi angan-angan memiliki pantai pribadi. Ya… siapa tahu suatu saat angan-angan muluk itu bisa jadi nyata. Mungkin rasa-rasanya bisa mirip dengan berada di pantai mungil yang terpencil ini.

 

4. Menikmati Air Laut Selatan di Pantai Ngledakan Ciut

Tapi beneran sanggup ke Pantai Ngledakan Ciut sendirian? Ini berarti, Dolaners kudu siap dengan apapun yang diberikan oleh alam, ya! Enggak buruk-buruk amat kok, setidaknya tak ada badai atau semacamnya. Dan tak perlu kuatir dengan fasilitas, karena sudah ada toilet dan warung makan sederhana yang mengingatkan kalau Dolaners masih ada di Planet Bumi bersama spesies homo sapiens yang lain.

Menikmati Air Laut Selatan di Pantai Ngledakan Ciut, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Menikmati Air Laut Selatan di Pantai Ngledakan Ciut via inotaf  - Dolan Dolen

Menikmati Air Laut Selatan di Pantai Ngledakan Ciut via inotaf_

Tapi memang lebih seru kalau dolan ke Pantai Ngledakan Ciut bersama beberapa kawan dekat. Asyiknya main air laut di pantai ini akan lebih terasa bila dilakukan rame-rame. Karena ombaknya tak terbilang tenang, meskipun pantai ini berbentuk teluk, berenang di perairan Pantai Ngledakan Ciut bisa terasa agak mengintimidasi bila Dolaners kurang mahir jenis olah raga air ini. Jadi, ada baiknya bila Dolaners tak sendirian, bukan? Apalagi kalau ada kawan yang mahir memancing. Hmm… bisa makan enak, nih!

 

 

5. Senja di Pantai Ngledakan Ciut

Karena lokasinya yang tak bersisian dengan tempat parkir kendaraan, waktu yang tepat untuk dolan ke Pantai Ngledakan Ciut ialah disiang hari. Usahakan untuk mulai meninggalkan pantai sebelum matahari terbenam, mengingat perjalanan kembali yang tak bisa dibilang dekat.

Senja di Pantai Ngledakan Ciut, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Senja di Pantai Ngledakan Ciut via ojik 12 - Dolan Dolen

Senja di Pantai Ngledakan Ciut via ojik_12

Tapi sebenarnya sayang juga bila melewatkan senja yang hangat di Pantai Ngledakan Ciut. Langit lembayung yang bertemu dengan celah karang terbuka ke arah Laut Selatan seakan menceritakan kisahnya sendiri. Benar-benar pemandangan yang tak bisa dijumpai di pantai-pantai lain di wilayah Kabupaten Malang. Dan demi kemewahan yang tak terbeli ini, bermalam dan mendirikan tenda di pasir Pantai Ngledakan Ciut bisa jadi jalan tengah terbaik, alih-alih jalan kaki menembus hutan dalam gelap menuju tempat parkir kendaraan.

 

6. Pantai Ngledakan Ciut, Hanya untuk Petualang

Hutan? Yup. Pantai Ngledakan Ciut cuma bisa diakses dengan jalan kaki sejauh 4 hingga 5 kilometer dari Pantai Ngliyep. Tergantung kecepatan Dolaners mengayunkan langkah, tapi lama waktu yang diperlukan biasanya sekitar 1 jam.

Pantai Ngledakan Ciut Hanya untuk Petualang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Ngledakan Ciut Hanya untuk Petualang via mbakprita - Dolan Dolen

Pantai Ngledakan Ciut Hanya untuk Petualang via mbakprita

Rute yang ditempuh untuk mencapai Pantai Ngledakan Ciut sama seperti rute menuju Pantai Ngliyep. Dari Kota Malang, Dolaners arahkan kendaraan ke Kota Kepanjen, terus melewati Pagak, Sumbermanjing Kulon, menuju wilayah Donomulyo. Alternatif rute lain, Dolaners bisa menuju Donomulyo melalui Bendungan Karangkates. Tak perlu merisaukan arah karena sudah ada banyak papan penunjuk arah menuju Pantai Ngliyep sepanjang jalan – pantai ini sudah cukup populer sebagai destinasi wisata Malang sejak dulu. Setelah melewati loket tiket masuk, parkirkan kendaraan pada tempat yang disediakan. Bila tak buru-buru, Dolaners bisa menikmati suasana Pantai Ngliyep, Pantai Pasir Panjang, Pantai Teluk Putri, dan pantai-pantai lain di sekitarnya. Atau, Dolaners bisa langsung memulai tracking menuju Pantai Ngledakan Ciut. Dalam perjalanan, Dolaners bisa melihat Pantai Krambilan, Pantai Njulek, Pantai Kondang Bedah, Pantai Kondang Rowo, dan Pantai Ngledakan Ombo, sebelum akhirnya tiba di Pantai Ngledakan Ciut.

Lokasi: Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
Harga
Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Parkir: Rp 2.000,-

 

 

7. Ujung Perjalanan yang Berharga, Pantai Ngledakan Ciut

Bila suka dengan kegiatan di alam bebas, tentu Dolaners akan sangat menikmati setiap langkah kaki menuju Pantai Ngledakan Ciut. Pemandangan alam pesisir yang masih sangat alami dan bau laut yang mengiringi akan menjadi sensasi perjalanan yang tak terlupakan.

Ujung Perjalanan yang Berharga Pantai Ngledakan Ciut, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Ujung Perjalanan yang Berharga Pantai Ngledakan Ciut via muilchariri - Dolan Dolen

Ujung Perjalanan yang Berharga Pantai Ngledakan Ciut via muilchariri.13

Dolaners tak terbiasa dengan jalan kaki lintas alam? It’s okay. Dolaners masih bisa berhenti di beberapa pantai dan menikmati keindahannya. Atau barangkali, tracking ke Pantai Ngledakan Ciut akan jadi yang pertama, dan Dolaners akan segera merencanakan tracking pantai yang berikutnya – there’s always the first time for everything, isn’t it. Apalagi, ketika perjalanan berpayah-payah berpeluh keringat itu terbayar dengan pemandangan yang menawan, setiap lelah letih pastinya terbayar tuntas.

 

Jadi tunggu apa lagi, Dolaners? Ombak Laut Selatan dan pasir yang bersih lembut siap menanti di Pantai Ngledakan Ciut. Kapan nih, ke Malang?

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link