Kerennya Pantai Nganteb di Malang, Cek Dulu 13 Poin Asik Berikut Ini

Sudah ke Pantai Balekambang, Dolaners? Sukakah dengan garis pantainya yang landai dan panjang? Eh, ternyata Malang punya pantai yang seperti ini lagi lho, Dolaners! Tak jauh dari Pantai Balekambang, bahkan masih satu arah. Inilah Pantai Nganteb, yang punya daya tarik lebih dari sekedar panorama pesisirnya. Mau tahu?

646 views

1. Pesona Alam Kabupaten Malang

Kabupaten Malang terkenal akan pantai-pantainya yang eksotis, tentu Dolaners sudah tahu hal ini, bukan? Eh, tapi ternyata nih ya, ada sebuah pantai yang akan makin hits kedepannya, Dolaners. Inilah Pantai Nganteb, yang berada di wilayah Kecamatan Gedangan.

Pesona Alam Kabupaten Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pesona Alam Pesisir Malang Selatan by alfauzidamaisa - Dolan Dolen

Pesona Alam Kabupaten Malang by alfauzidamaisa

Pantai Nganteb berada dalam pengelolaan Perum Perhutani KPH Malang di kawasan Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Hingga kini, akses jalan mendekati pantai yang eksotis ini masih belum baik, berbatu dan berlumpur saat musim penghujan. Pemerintah Kabupaten Malang berencana mengaspal jalan masuk menuju Pantai Ngantep, yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Pantai Balekambang, pada tahun ini.

 

2 Eksotisme Pesisir Malang Selatan

Semoga rencana peningkatan infrastruktur ini segera terlaksana ya, Dolaners. Abisnya, Pantai Nganteb ini berjajar dengan pantai-pantai eksotis lain di pesisir Malang Selatan. Sedari Balekambang, berturut-turut ada Pantai Krambilan, Pantai Wedi Ireng, Pantai Bajul Mati, dan persis di sebelah barat Pantai Nganteb ada Pantai Taman Ayu. Dolaners bisa membayangkan deretan pantai-pantai ini dari Bukit Putri Ayu, sebuah bukit yang menutup hamparan Pantai Nganteb di sisi timur.

Eksotisme Pesisir Malang Selatan, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Eksotisme Pesisir Malang Selatan by shifahumai - Dolan Dolen

Eksotisme Pesisir Malang Selatan by shifahumai

Lebih jauh ke arah timur, melewati Pantai Sendang Biru, Dolaners bisa tiba di kawasan Pantai Bowele. Terkenal sebagai spot surfing dengan ombak terbaik di Malang, kawasan Bowele ini mencakup Pantai Bolu Bolu, Pantai Wedi Awu, dan Pantai Lenggoksono.

 

3. Ride with the Tide… Just Surf!

Tapi kalau kejauhan, cukup mengunggang ombak di Pantai Nganteb saja, Dolaners. Ombak Pantai Nganteb memang tak besar, tapi stabil dan rata di sepanjang garis pantainya. Pas banget buat Dolaners yang baru belajar surfing, sesuai juga kalau mau surfing dengan santai.

Ride with the Tide Just Surfing, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Ride with the Tide Just Surfing via whyuarif - Dolan Dolen

Ride with the Tide Just Surfing via whyuarif

Saat akhir pekan, tak jarang turis-turis dari Amerika, Inggris, atau Australia datang dan menikmati ombak Pantai Nganteb. Bahkan diakhir tahun kemarin, Pantai Nganteb terpilih menjadi lokasi Singhasari International Surfing Exhibition 2017 yang diikuti oleh surfers dari Selandia Baru, Australia, Jepang, Swedia, Jerman, Inggris, dan tentunya Malang. Dolaners tertarik bergabung dengan Malang Surfing Association (MSA), barangkali?

 

 

4. Garis Pantai tanpa Jeda

Ombak Pantai Nganteb memang terbilang bagus untuk surfing. Alunan ombaknya menepi dan melandai dalam jarak 50-200 meter dari garis pantai sejauh 1 kilometer nyaris tanpa jeda, sama seperti bentang pantainya.

Garis Pantai tanpa Jeda, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Garis Pantai tanpa Jeda via aryo edan - Dolan Dolen

Garis Pantai tanpa Jeda via aryo_edan

Dari ujung Bukit Putri Ayu di timur hingga Gunung Batok yang memutus pasir Pantai Nganteb di ujung barat, Dolaners akan mendapati garis pantai yang senantiasa bertemu dengan buih ombak. Begitu bersih tanpa karang, tak heran pantai ini hits dikalangan surfers.

 

5. Pantai yang Kaya dengan Hasil Laut

Ombak juga menjadi hal penting bagi para nelayan yang tinggal tak jauh dari Pantai Nganteb. Para nelayan ini melaut dan mencari nafkah saat ombak Laut Selatan terbilang bersahabat.

Pantai yang Kaya dengan Hasil Laut, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai yang Kaya dengan Makanan Laut by mrsalasanto - Dolan Dolen

Pantai yang Kaya dengan Hasil Laut by mrsalasanto

Kadang kala Dolaners bisa melihat perahu-perahu kayu sederhana milik para nelayan ini terdampar di pantai. Suka olahan ikan segar? Coba tanyakan hasil tangkapan para nelayan ini, Dolaners. Lumayan juga kan, bisa buat oleh-oleh atau sekalian buat mengisi perut yang lapar setelah surfing.

 

6. Pantai Berpasir Lembut yang Bikin Betah

Kalaupun Dolaners bukan seorang surfer, Pantai Nganteb masih tetap menarik untuk dikunjungi. Bayangkan senangnya bersantai di pasirnya yang lembut, bener-bener terasa santai di pantai, deh.

Pantai Berpasir Lembut yang Bikin Betah, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners via niel candra - Dolan Dolen

Pantai Berpasir Lembut yang Bikin Betah via niel_candra

Pasir Pantai Nganteb memang tak benar-benar putih bersih, melainkan masih ada sedikit bias warna kecoklatan. Tapi gak masalah kan, Dolaners?

 

7. Ombak Laut di Pantai Nganteb

Karena ombaknya yang cukup besar, pengunjung Pantai Nganteb sebenarnya tidak diperbolehkan berenang. Memang, tak adanya karang di sepanjang garis pantai ini membuat Pantai Nganteb tampak seperti kolam renang yang menggoda.

Ombak Laut di Pantai Nganteb, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Ombak Laut di Pantai Nganteb by feryrinaldy - Dolan Dolen

Ombak Laut di Pantai Nganteb by feryrinaldy

Sudah, lupakan niat berenang di pantai meskipun pemandangannya sungguh menggoda. Tapi jangan kuatir, Dolaners bisa berenang di muara sungai tak jauh dari garis pantai si penggoda hati ini.

 

 

8. Air Tawar di Pantai Nganteb

Dekat di ujung timur Pantai Nganteb, ada sebuah muara sungai air tawar yang cukup tenang dan aman bila Dolaners gak betah juga pengen berenang. Berani coba?

Air Tawar di Pantai Nganteb, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners via moch jihan24 - Dolan Dolen

Air Tawar di Pantai Nganteb via moch_jihan24

Selama asik-asik aja, ya udah asikin aja berenang di muara sungai ini. For your information, air sungai ini mengalir di balik perumahan warga, penginapan, dan homestay, hingga berujung di Pantai Nganteb.

 

9. Panorama Kece Buat Selfie Suka-Suka

Kalau tak sampai hati berenang di muara, baiklah selfie dan wefie saja. Kegiatan wajib generasi millennial ini sepertinya memang beneran jadi kudu dikerjakan di Pantai Nganteb.

Panorama Kece buat Selfie Suka-Suka, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Panorama Kece buat Selfie Suka Suka via udinn0626 - Dolan Dolen

Panorama Kece buat Selfie Suka-Suka via udinn0626

Abisnya, panorama pantai yang kece dengan pemandangan jejak kehidupan nelayan yang sederhana bikin Pantai Nganteb makin eksotis. Siapkan pose terbaik Dolaners, ya!

 

10. Senja Tak Terlupa di Pantai Nganteb

Kalau Dolaners lebih tertarik pada foto pemandangan alam, sempatkan menunggu saat senja tiba. Pemandangan matahari yang terbenam pada bentangan pantai yang panjang ini benar-benar luar biasa indah.

Senja Tak Terlupa di Pantai Nganteb, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Senja Tak Terlupa di Pantai Nganteb via faizfilanda - Dolan Dolen

Senja Tak Terlupa di Pantai Nganteb via faizfilanda

Tak ada karang atau penghalang lain di tengah laut, Dolaners bisa melihat batas cakrawala yang berwarna lembayung seiring mentari menghilang dan terbenam. Sungguh ciptaan Tuhan yang sempurna.

 

 

11. Pantai Landai Berbatas Bukit Karang

Kalau di ujung timurnya ada Bukit Putri Ayu, di ujung barat Pantai Nganteb ada Gunung Batok. Lebih mirip bukit sih, tingginya sekitar 50 meter saja. Di gunung ini terdapat Gua Batok dan sebuah bangunan joglo bernama Panembahan Pantai Nganteb.

Pantai Landai Berbatas Bukit Karang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Landai Berbatas Bukit Karang by saya fotosintesis - Dolan Dolen

Pantai Landai Berbatas Bukit Karang by saya_fotosintesis

Melewati Gunung Batok dan menyusuri jalan setapak selama sekitar 30 menit, Dolaners akan tiba di Pantai Taman Ayu. Pantai ini lebih kecil dibanding Pantai Nganteb.

 

12. Pantai Tenang untuk Rehat Sejenak

Pantai Taman Ayu juga lebih sepi daripada Pantai Nganteb. Karenanya, tak jarang pantai ini jadi pilihan pengunjung untuk camping.

Pantai Tenang untuk Rehat Sejenak, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Tenang untuk Rehat Sejenak via iwe se - Dolan Dolen

Pantai Tenang untuk Rehat Sejenak via iwe_se

Suasana pantai yang lebih tenang jelas jadi pertimbangan penting bila Dolaners ingin rehat selama beberapa waktu. Jadi, setelah dari Pantai Nganteb, sekalian saja eksplor ke Pantai Taman Ayu.

 

13. Dolan ke Pantai Taman Ayu

Sama seperti Pantai Nganteb, Pantai Taman Ayu diapit oleh dua bukit di kedua ujungnya. Bila di ujung timurnya ada Gunung Batok, di ujung barat Pantai Taman Ayu masih ada sebuah bukit lagi yang menyajikan pemandangan kedua pantai bersandingan di arah timurnya.

Dolan ke Pantai Taman Ayu, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Dolan ke Pantai Taman Ayu via naufalhanif fa - Dolan Dolen

Dolan ke Pantai Taman Ayu via naufalhanif_fa

Bukit ini juga bisa jadi spot terbaik untuk melihat sunrise di Pantai Nganteb. Indahnya pemandangan Samudera Hindia dari pesisir wilayah Malang ini memang tak ternilai.

Pengen melihatnya langsung, Dolaners? Segera saja luncurkan kendaraan dari Kota Malang menuju Bululawang, terus ke Gondanglegi, dan ikuti terus petunjuk arah menuju Pantai Balekambang. Nantinya, Dolaners akan tiba di Jalur Lintas Selatan, belok kiri ke arah timur di perempatan sebelum Pantai Balekambang. Terus saja, dan Dolaners akan tiba di Pantai Nganteb. Jarak sejauh kurang lebih 70 kilometer ini biasanya bisa ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam saja. Kuncinya satu, jangan segan bertanya arah pada warga sekitar, ya. Other than that? Just have fun!

Lokasi: Dusun Sukorejo, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang
Jam Buka: 05.00 WIB – malam
Harga
Tiket Masuk: Rp 7.500,-
Menginap per Malam: Rp 100.000 – Rp 200.000,- per kamar
Parkir: Rp 3000,-

Lihat Detail

 

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link