Mau Blusukan ke 11 Bukit di Yogyakarta Ini, tapi Masih Teteup Eksis?

Dolaners suka berwisata alam? Atau bahkan pecinta alam yang hobi naik gunung? Ke Yogyakarta, yuk? Tenang, gak mendaki Gunung Merapi, kok. Cuma bukit, tapi gak kalah serunya kalau blusukan ke bukit-bukit ini. Udah nanjak, track-nya pun tak selalu mudah. Tapi semua letih dan keringat terbayar dengan pemandangan yang memukau dari puncak bukit. Dan masih bisa selfie kekinian, pula!

1053 views

1. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu bisa dibilang studio alamnya Yogyakarta. Kenapa? Karena banyak banget spot-spot instagenik di bukit ini, seperti hutan pinus, area payung warna warni, tapak buto, rumah hobit, gapura, gardu pandang bintang, dan spot-spot selfie lain dalam berbagai tema.

Bukit Lintang Sewu, Bukit Lintang Sewu Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Lintang Sewu via rizkyanindita0274 - Dolan Dolen

Bukit Lintang Sewu via rizkyanindita0274

Tapi eh tapi… demi sekeping selfie, Dolaners harus sanggup berjuang naik bukit. Belum lagi lokasinya yang masih alami, alias banyak kerikilnya. Gak ada ceritanya jalan rapi di sini, jadi hati-hati, ya!

Lokasi: Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 04.30 – 22.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp 3.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-
Selfie: Rp 3.000,- per spot

Lihat Detail

 

2. Bukit Bintang

Bintang sama lintang emang artinya sama aja, sih. Cuma beda bahasa aja. Tapi bukit yang satu ini kadang disebut juga dengan Bukit Hargodumilah, atau Bukit Bintang Patuk, atau Bukit Patuk saja.

Bukit Bintang, Bukit Bintang Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Bintang via adisaputro debi - Dolan Dolen

Bukit Bintang via adisaputro_debi

Meskipun lokasi terbuka ini buka 24 jam, Dolaners bisa dapat pemandangan Kota Yogyakarta yang keren bila datang dimalam hari. Nongkrong saja di salah satu warung yang berjajar di tepi tebing setinggi 150 meter itu, sambil makan jagung bakar bersama orang-orang tercinta. Nikmatnya…

Lokasi: Jl. Jogja – Wonosari, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Jam Buka: 24 jam

 

3. Bukit Panguk Kediwung

Dolaners berani ngaku hits? Eksis wira wiri dijagad maya? Kalau belum ke Bukit Panguk Kediwung, klaim eksis dan hits itu cuma pepesan kosong.

Bukit Panguk Kediwung, Bukit Panguk Kediwung Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Panguk Kediwung via algi alfahri - Dolan Dolen

Bukit Panguk Kediwung via algi_alfahri

Destinasi wisata alam ini adalah pelopornya tren wisata negeri di atas awan. Kalau mau dapet view awannya, Dolaners kudu siap bangun sebelum Subuh dan sampai lokasi sebelum matahari terbit. Saat mentari mulai menguning menyinari hari, dan kabut pagi mulai menipis, inilah saat yang tepat buat selfie kekinian di Bukit Panguk Kediwung.

Lokasi: Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk: gratis
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 3.000,-

Lihat Detail

 

 

4. Puncak Becici

Berdekatan dengan Bukit Panguk Kediwung, Puncak Becici menawarkan tema wisata alam yang senada. Bedanya, alih-alih sunrise, view sunset di Puncak Becici lebih laris manis diburu wisatawan.

Puncak Becici, Puncak Becici Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Puncak Becici via bobby - Dolan Dolen

Puncak Becici via bobby.hong811

Saat langit sore cerah, pemandangan puncak Merapi dan Sindoro bisa tampak memukau dari Puncak Becici. Mau melumerkan hati pasangan yang ngambek? Ajak ke sini, deh.

Lokasi: Dusun Gunungcilik RT. 07 / RW. 02, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 05.30 – 19.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp 2.000,-
Sewa Spot Camping: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-

Lihat Detail

 

5. Bukit Bego

Yup, Dolaners gak salah baca, kok. Namanya emang Bukit Bego, berasal dari sebutan warga sekitar yang merujuk pada ekskavator. Bukit ini juga terkenal dengan nama Bukit Kedung Buweng.

Bukit Bego, Bukit Bego Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Bego via andhi - Dolan Dolen

Bukit Bego via andhi.gepenk

Dulunya kawasan bukit ini hijau. Tapi setelah dikeruk dan ditinggalkan begitu saja, sisa lahan jadi gersang dan tandus seperti yang terlihat sekarang. Saat menuju atau pulang dari Kebun Buah Mangunan, Dolaners bisa mampir menikmati pemandangan Bantul dari satu titik Pegunungan Sewu ini.

Lokasi: Jl. Mangunan – Dligo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 05.00 – 19.00 WIB

 

6. Bukit Dahromo

Masih asing dengan Bukit Dahromo? Bagaimana dengan Pintu Langit? Memang spot andalan destinasi wisata alam ini adalah gardu pandang berbentuk pintu yang seakan menuju langit.

Bukit Dahmoro, Bukit Dahmoro Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Dahmoro via toobangadoo - Dolan Dolen

Bukit Dahmoro via toobangadoo

Dan seperti spot instagenik yang lain, Pintu Langit Dahromo tentu lebih hits dibanding Bukit Dahromo meskipun aslinya juga mengacu pada satu lokasi yang sama. Selain gardu pandang pintu langit, Dolaners bisa selfie di spot sayap capung, siluet rumah, jendela, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Hutan Pinus Nganjir KM.2, Dusun Tangkil, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 05.00 – 22.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Lihat Detail

 

 

7. Bukit Mojo Gumelem

Jerih payah mendaki Dolaners akan terbayar tuntas di Bukit Mojo Gumelem. Kenapa? Karena ada spot-spot super kece buat selfie di bukit ini. Mau tahu yang terhits? Sarang burung raksasa!

Bukit Mojo Gumelem, Bukit Mojo Gumelem Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Mojo Gumelem by aldybaihaqi - Dolan Dolen

Bukit Mojo Gumelem by aldybaihaqi

Selain sarang burung, bunga matahari juga jadi spot favorit selfie di Bukit Mojo Gumelem. Dolaners bisa datang dipagi atau sore hari berbarengan dengan sunrise atau sunset. Cuma modal pemandangan, tanpa gardu pandang sekalipun, Dolaners bisa dapet view selfie yang ciamik.

Lokasi: Dusun Gumelem, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 05.00 – 18.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: gratis
Foto per Spot: Rp 3.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 3.000,-

 

8. Bukit Nganjir

Dolaners suka blusukan? Tracking ke Bukit Nganjir atau Bukit Sumberwatu bisa jadi pilihan wisata yang menggoda. Yup, Dolaners kudu jalan kaki di track yang tak mudah selama 15 menit, baru sampai di puncak bukit.

Bukit Nganjir, Bukit Nganjir Yogyakarta, Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Nganjir by ihsanudn - Dolan Dolen

Bukit Nganjir by ihsanudn

Namun begitu tiba di puncak, panorama yang menghampar sungguh memukau. Dolaners bisa menyaksikan puncak Candi Prambanan, Candi Plaosan, dan Candi Sojiwan dari Bukit Nganjir. Lanjutkan blusukan ke gardu pandang dan lepaskan sejenak penat di gazebo. Blusukan lagi sekalipun sudah di puncak? Yup! Jalannya emang gak gampang.

Lokasi: Dusun Sumberwatu, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

 

9. Bukit BNI

Kalau Dolaners sudah melihat Lembang-nya Bandung, kini saatnya melihat Lembang-nya Yogyakarta di Bukit BNI. Panorama bukit ini menawarkan view kebun buah, pepohonan, dan persawahan yang menghampar.

Bukit BNI, Bukit BNI Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit BNI by ihsanudn - Dolan Dolen

Bukit BNI by ihsanudn

Seluruh pemandangan hijau itu terbelah oleh Sungai Oya yang meliuk-liuk. Imogiri tampak begitu cantik dari Bukit BNI. Paling pas, blusukan ke bukit ini dengan sepeda. Seru!

Lokasi: Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 12.01 – 10.59 WIB

 

 

10. Bukit Srumbung Indah

Bukit Srumbung Indah terkenal sebagai bukit sunrise. Emang sih, menanti matahari terbit dari bukit ini bisa jadi satu-satunya penantian yang menyenangkan.

Bukit Srumbung Indah, Bukit Srumbung Indah Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Srumbung Indah via bukit srumbung - Dolan Dolen

Bukit Srumbung Indah via bukit_srumbung

Bukit Srumbung Indah terletak tak jauh dari Candi Prambanan dan Taman Tebing Breksi. Saat mentari mulai naik, Dolaners bisa lanjutkan dolan ke dua destinasi terdekat ini.

Lokasi: Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Jam Buka: 05.00 – 18.00 WIB

 

11. Bukit Isis

Tenang, ini bukan bukit markasnya kelompok ISIS. Sebenarnya, isis dalam Bahasa Jawa berarti sejuk karena angin yang berhembus semilir. Nah, udara di kawasan perkebunan teh ini memang terbilang sejuk.

Bukit Isis, Bukit Isis Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Isis via ria - Dolan Dolen

Bukit Isis via ria.enez

Setelah hiking untuk sampai di gardu pandang Bukit Isis, Dolaners bisa selfie dengan tema negeri di atas awan. Yaa… kalaupun kabutnya sudah sirna terbawa siang, Dolaners masih bisa menikmati pemandangan yang sulit dilukiskan dengan kata-kata.

Lokasi: Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
Jam Buka: 06.00 – 17.30 WIB

 

Kalau di Yogyakarta, Dolaners bisa hiking atau bahkan tracking, yang jelas blusukan ke tempat-tempat yang seringkali tak mudah dicapai, dan masih dapat reward di ujung perjuangan. Bisa selfie, bisa pemandangan, yang keduanya bisa bikin Dolaners makin hits dan eksis didunia nyata maupun dunia maya. Asik, kan?

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link