Mau Dolan Seru? Cobain ke 8 Coban Alami di Malang Ini

Dolaners suka treking melintasi medan yang menantang? Atau lebih suka jalan santai tanpa kesulitan hingga tiba di tujuan? Coban-coban di Malang punya keduanya. Ada yang kudu dilewati melalui tebing curam dan licin beberapa kilometer, ada pula yang jalannya sudah terlapis semen siap ditapaki saat terik panas maupun hujan. Tapi semua coban ini masih fresh from the forest, alami tanpa tambahan pengawet maupun pewarna.

1003 views

1. Coban Sumber Pitu Tumpang

Coban Sumber Pitu ini berada di wilayah Tumpang, Kabupaten Malang. Dikenal juga dengan nama Coban Ringin Gantung karena ada pohon beringin yang akarnya mencengkeram tebing di satu sisi air terjun, tampak seakan dalam posisi tergantung.

Coban Sumber Pitu Tumpang, Coban Sumber Pitu Tumpang Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Coban Sumber Pitu Tumpang via abidin8077 - Dolan Dolen

Coban Sumber Pitu Tumpang via abidin8077

Destinasi wisata alam ini memiliki dua lokasi air terjun terpisah sejauh kira-kira 150 meter. Sebelum sampai di area Sumber Pitu yang berupa tujuh sumber mata air, Dolaners akan disambut terlebih dahulu oleh satu aliran air terjun setinggi kira-kira 70 meter yang sering disebut Coban Tunggal. Sesampainya di Sumber Pitu, Dolaners bisa berenang dan bermain air yang bersih langsung dari sumber.

Lokasi: Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.
Jam Buka: 08.00 – 16.00
Harga Tiket Masuk: Rp. 12.500,-

Lihat Detail

2. Coban Sewu

Coban Sewu dikenal juga dengan nama Coban Tumpak Sewu. Dualismenya tak hanya pada nama, tapi juga pada lokasi di mana air terjun ini berada. Karena tepat berada di perbatasan, Dolaners bisa menikmati keindahan air terjun ini dari wilayah Kabupaten Malang maupun Kabupaten Lumajang.

Coban Sewu, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Coban Sewu by robbiepoerwanto - Dolan Dolen

Coban Sewu by robbiepoerwanto

Coban Sewu berupa aliran tipis dari beberapa air terjun setinggi 120 meter. Sebagian besar sumber air dari seluruh aliran ini berasal dari Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru. Hanya saja, diperlukan perjuangan yang cukup berliku untuk meniti tebing bila Dolaners ingin mencapai area air terjunnya.

Lokasi View dari Malang: Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang
Harga Tiket: Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

 

3. Coban Parang Tejo

Bila dirunut dari makna katanya, Coban Parang Tejo berarti air terjun tebing pelangi. Jika tiba di Coban Parang Tejo saat pagi cerah, Dolaners bisa mendapati bias pelangi di tebing ketika sinar matahari bertemu dengan percikan air terjunnya.

Coban Parang Tejo, Coban Parang Tejo Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Coban Parang Tejo via sam suil - Dolan Dolen

Coban Parang Tejo via sam_suil

Air terjun yang mengalir lembut setinggi kurang lebih 100 meter ini sudah tampak dari jauh. Berada di lereng Gunung Butak yang masih masuk wilayah Kabupaten Malang, Coban Parang Tejo adalah cikal bakal Sungai Metro Kota Batu yang mengalir hingga ke Kabupaten Blitar.

Lokasi: Dusun Princi, Desa Gading Kulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk: Rp 15.000,-
Parkir Motor: Rp 3.000,-

 

4. Coban Siuk

Dolaners pingin melihat Coban Siuk? Dolaners bisa dapat gratis pemandangan Coban Sisir. Yup. Lokasi kedua air terjun ini memang berdekatan. Jadi sekali melewati pintu masuk, Dolaners bisa dapat dua coban sekaligus.

Coban Siuk, Coban Siuk Malang. Malang. Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Coban Siuk by embun hangat - Dolan Dolen

Coban Siuk by embun_hangat

Kalau Coban Siuk adalah air terjun setinggi kira-kira 90 meter, Coban Sisir berupa aliran air yang lebih pendek, sekitar 12 meter saja. Fenomena air terjun yang menarik bukan, Dolaners?

Lokasi: Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000,-

Lihat Detail

 

 

5. Coban Jahe

Nama Coban Jahe konon berasal dari kata pejahe, yang berarti meninggalnya. Menurut cerita penduduk setempat, pada masa penjajahan Belanda dulu, banyak pejuang yang dibunuh dan meninggal, dalam bahasa Jawanya pejah, di area air terjun ini.

Coban Jahe, Coban Jahe Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Coban Jahe by puput - Dolan Dolen

Coban Jahe by puput.tri.handoko

Sekarang tak tampak sisa-sisa pembantaian apapun di kawasan air terjun ini. Yang ada cuma keindahan Coban Jahe, tersimpan dalam rimbun hutan di sekitarnya. Tak hanya pemandangan, Dolaners juga bisa menikmati river tubing di Sungai Jahe. Coban Jahe bisa jadi destinasi berikutnya setelah Dolaners pulang dari menikmati sunrise Bromo di Pasuruan.

Lokasi: Dusun Bengawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang
Harga
Tiket Masuk: Rp. 5.000,-
Parkir: Rp. 2.000,-
River Tubing Trek Pendek : Rp. 75.000,-
River Tubing Trek Panjang : Rp. 150.000,-

Lihat Detail

 

6. Coban Gedangan

Coban Gedangan dikenal juga dengan nama Coban Mbok Karimah atau Coban Nirwana. Berlokasi di Desa Gedangan, coban ini cukup hits dikalangan penyuka destinasi wisata alam yang masih belum banyak polesan.

Coban Gedangan, Coban Gedangan Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Coban Gedangan via sovyantsauri - Dolan Dolen

Coban Gedangan via sovyantsauri

Saking alaminya air terjun ini, Dolaners masih belum dikenakan tiket masuk hingga saat ini. Nama resmi air terjunnya juga masih belum dipastikan yang mana. Tertarik? Tapi kudu siap dengan medan jalan yang cukup menantang ya, Dolaners.

Lokasi: Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang
Harga Tiket Masuk: gratis

Lihat Detail

 

 

7. Coban Kodok

Sebenarnya ada dua lokasi air terjun di kawasan Coban Kodok, cuma dibedakan dengan angka, Coban Kodok 1 dan 2. Keduanya berjarak sekitar 400 meter saja, tapi jangan ditanya lagi bagaimana sulitnya medan yang harus dilalui. Bahkan sejak memarkir kendaraan, Dolaners sudah harus berjalan kaki sejauh sekitar satu kilometer.

Coban Kodok, Coban Kodok Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Coban Kodok via whiempy - Dolan Dolen

Coban Kodok via whiempy

Air terjun di Coban Kodok 1 setinggi 70 meter, sedangkan di Coban Kodok 2 setinggi 30 meter. Mirip sama Coban Siuk dan Coban Sisir ya, Dolaners? Saat ada dua air terjun berdekatan, air terjun yang lebih pendek sering disebut coban anakan oleh penduduk setempat.

Lokasi: Dusun Gumul, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang

 

8. Coban Rondo

Coban Rondo adalah destinasi wisata alam yang cukup populer. Tak hanya area air terjunnya, kawasan wisata ini sekarang menawarkan beragam kegiatan seru. Tapi tetap saja, tak ada perubahan pada area air terjunnya.

Coban Rondo, Coban Rondo Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Coban Rondo via f - Dolan Dolen

Coban Rondo via f.okt

Fasilitas yang memadai membantu Dolaners mencapai area air terjun dengan lebih mudah, tak perlu treking melalui medan yang sulit. Tapi hat-hati ya, karena kawasan Coban Rondo ini masih alami, terkadang ada monyet yang berkeliaran di sekitar air terjun. Kawanan satwa ini cukup jinak, tidak menyerang, tapi bisa jadi lumayan mengagetkan.

Lokasi: Jl. Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamata Pujon, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk Senin – Jumat: Rp. 10.000,-
Tiket Masuk Sabtu – Minggu: Rp. 12.000,-
Tiket Masuk Motor: Rp. 2.000,-
Parkir Motor: Rp. 4.000,-
Tiket Masuk Mobil: Rp. 4.000,-
Parkir Mobil: Rp. 4.000,-
Tiket Masuk Bus: Rp. 6.000,-
Parkir Bus: Rp. 6.000,-
Tiket Flying Fox: Rp. 30.000,-

Lihat Detail

 

9. Coban Cinde

Jangan sampai salah lokasi ya, Dolaners. Ada dua air terjun di destinasi wisata ini. Yang satu setinggi 50 meter, sementara air terjun yang satunya setinggi 30 meter dengan debit yang lebih deras. Nah, Coban Cinde adalah air terjun yang kedua.

Coban Cinde, Coban Cinde Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Coban Cinde via diahkartika2104 - Dolan Dolen

Coban Cinde via diahkartika2104

Cinde berarti syal yang berkibar. Derasnya debit Coban Cinde hingga airnya terhempas seakan syal yang berkibar ditiup angin. Jangan lupa bawa ganti baju karena Dolaners pasti akan basah terkena syal yang berkibar, eh, air Coban Cinde yang menghempas.

Lokasi: Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000,-

 

Itulah coban-coban di Malang yang masih alami tanpa polesan apapun. Memang ada coban yang telah memiliki fasilitas memadai, tapi masih banyak lagi yang harus dicapai dengan melalui trek yang tak mudah. Dolaners pilih ke coban yang mana, nih?

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link