Menikmati Keindahan 5 Taman Bunga Instagenik di Malang Raya

Taman bunga? Bukankah di rumah sudah ada? Ngapain jauh-jauh ke Malang kalau cuma buat lihat bunga? Eits, tunggu dulu, Dolaners. Di Kota Batu dan kawasan Malang Raya, Dolaners tak hanya akan disuguhi dengan keindahan taman bunga yang menakjubkan, tapi juga pengalaman seru tracking, jalan-jalan di sekitar pemukiman penduduk yang asri, sekalian mampir di destinasi-destinasi wisata sekitarnya. Lengkap banget, kan? Yuk, lihat dulu beberapa taman bunga ini.

9737 views

1. Taman Rekreasi Selecta

Selecta adalah salah satu destinasi wisata di kawasan Malang Raya yang bertahan cukup lama, bahkan sudah ada sebelum bermunculan destinasi-destinasi wisata yang lebih baru saat ini. Sebelum selfie dan Instagram ngehits seperti sekarang ini, apalagi dengan backround taman bunga, warga Malang main ke Selecta untuk menikmati berbagai wahana yang disediakan di tempat ini. Waterboom dan flying fox adalah sebagian dari wahana favorit pengunjung Selecta, dan kini Dolaners bisa menikmati lebih banyak lagi wahana di Taman Rekreasi Selecta ini.

Taman Rekreasi Selecta, Taman Rekreasi Selecta Malang Raya, Malang Raya Dolan Dolen, Dolaners Taman Rekreasi Selecta via karinginting - Dolan Dolen

Taman Rekreasi Selecta via karinginting

Disamping wahana-wahana yang selalu di-update, Taman Rekreasi Selecta punya area penuh bunga yang cantik. Taman bunga Selecta seakan lembah surgawi yang dikelilingi oleh panorama perbukitan, Gunung Panderman, dan Gunung Arjuno di kejauhan. Dengan udara yang sejuk segar, refreshing ke taman bunga Selecta bisa sangat menyenangkan, apalagi kalau Dolaners sudah puas main di semua wahananya. Kalau mau kekinian, Dolaners bisa bikin foto-foto selfie yang keren banget di antara bunga-bunga yang bermekaran di taman ini. Suka Instagram-mu lebih berwarna, bukan?

Alamat: Jl. Raya Selecta No. 1, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp. 25.000,-
Tiket Flying Fox: Rp. 20.000,-
Sewa Naik Kuda: Rp. 10.000,-
Tiket Wahana Sky Bike: Rp. 20.000,-
Naik Perahu Ayun: Rp. 10.000,-
Tiket Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2.000,-
Tiket Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

2. Batu Flower Garden di Coban Rais

Ini dia destinasi wisata di Malang Raya yang lagi ngehits. Berada masih satu lokasi dengan Coban Rais, tepatnya di Bukit Bulu yang ada di atas coban, taman bunganya terkenal dengan nama Batu Flower Garden. Jadinya unik, sebuah lereng bukit yang indah dengan warna warni bunga. Cocok buat selfie atau bahkan foto romantis bersama pasangan. Untuk prewedding, barangkali?

Batu Flower Garden, Batu Flower Garden Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Batu Flower Garden via ganisprastika - Dolan Dolen

Batu Flower Garden via ganisprastika

Tapi butuh ekstra usaha ya, Dolaners. Infrastruktur untuk mencapai Bukit Bulu dan Batu Flower Garden-nya belum memadai untuk kendaraan roda empat. Bahkan Dolaners disarankan jalan kaki saja untuk mencapai lokasi, kalau tidak terbiasa dengan serunya berkendara roda dua dengan medan menantang.

Alamat: Jalur Lingkar Barat, Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu
Jam Buka: 07.30 – 15.00 WIB
Harga
Tiket Masuk ke Coban Rais, Bukit Bulu, dan Batu Flower Garden: Rp. 10.000,-
Tiket Masuk Batu Flower Garden: Rp. 25.000,- (gratis 1x foto di Bukit Bulu dan 1x di Batu Flower Garden)
Ojek ke Batu Flower Garden: Rp 10.000,-
Tiket Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2.500,-
Tiket Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 10.000,-
Tiket Selfie di Bukit Bulu: Rp. 10.000,-
Tiket Selfie di Ayunan: Rp. 10.000,-
Tiket Selfie di Pinus: Rp. 10.000,-
Tiket Selfie di Hammock Tower: Rp. 15.000,-
Tiket Selfie Sepeda Udara: Rp 20.000,-
Tiket Selfie Paragliding: Rp 50.000,-
Tambahan Biaya untuk 1 file foto: Rp 5.000,-
Three Angles: Rp 35.000,-
Ayunan Mini: Rp 10.000,-
Gowes Mono: Rp 20.000,-
Hammock Mini: Rp 20.000,-
Tiket Kamera DSLR: Rp. 15.000,-
Tiket Go Pro: Rp. 10.000,-
Tiket Drone: Rp 75.000,-

 

 

3. Taman Bunga di Coban Talun

Jauh dari kondisinya bertahun-tahun yang lalu, kini Coban Talun telah tampil dengan lebih cantik. Infrastrukturnya lebih memadai, dan hutan pinusnya telah dihias menjadi beberapa destinasi yang menarik dan kekinian. Sebelum mencapai air terjunnya, Dolaners akan disambut oleh hutan pinus, kafe, Pagupon Camp, Apache Camp, dan… yup! Sebuah taman bunga yang indah.

Taman Bunga Coban Talun, Taman Bunga Coban Talun Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Taman Bunga Coban Talun via amelvincenti21 - Dolan Dolen

Taman Bunga Coban Talun via amelvincenti21

Kawasan wisata Coban Talun memiliki lahan seluas kira-kira 800 m persegi yang penuh dengan warna warni Bunga Hortensia. Dolaners bisa berjalan-jalan dengan leluasa di tengah taman ini dan menikmati keindahan bunga-bunganya sambil menghirup udara yang bersih segar. Berlokasi dekat dengan Apache Camp, Dolaners mungkin cukup sering mendapati kedua lokasi ini tampil bareng di akun-akun Instagram yang kekinian. Kalau mau, Dolaners bisa mampir di kafe yang ada di tengah taman, duduk di bangku-bangku tamannya, atau main ayunan di antara bunga-bunga. Tentu, Dolaners bisa ambil foto sepuasnya di area taman bunga ini. Tapi perlu dicatet ya, Dolaners. Bunga-bunga indah yang mekar di sini tidak untuk dipetik, baik membayar atau tidak.

Alamat: Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB
Harga
Tiket Masuk Coban Talun: Rp. 10.000,-
Tiket Masuk ke Taman Bunga: Rp. 5.000,-
Tiket Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

4. Taman Bunga di Peternakan Kuda Megastar

Kalau Dolaners kurang tertarik dengan kuda, barangkali suka dengan taman bunga? Sebaliknya, kalau kuda bisa jadi tujuan jalan-jalan ke Malang, Dolaners dapat bonus sebuah taman bunga. Barangkali konsep maskulin dan feminin seperti ini yang ingin digabungkan di Peternakan Kuda Megastar Indonesia. Yang jelas, destinasi wisata di Malang ini lagi ngehits wira wiri di Instagram.

Taman Bunga di Peternakan Kuda Megastar, Taman Bunga di Peternakan Kuda Megastar Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Taman Bunga di Peternakan Kuda Megastar via farahusniyah  - Dolan Dolen

Taman Bunga di Peternakan Kuda Megastar via farahusniyah_

Selain kuda, destinasi wisata ini menawarkan keindahan taman bunga warna warni. Tapi primadonanya jelas, bunga matahari. Sayangnya, bunga matahari tidak mekar sepanjang tahun, jadi semacam untung-untungan juga kalau Dolaners datang dan mendapati bunga-bunga ini sedang mekar. Tapi jangan kuatir, masih ada bunga-bunga lain yang tak kalah cantik, di mana Dolaners bisa selfie, wefie, atau mengambil gambar bunga-bunga yang tengah mekar. Dengan latar belakang perbukitan yang puncaknya sesekali tertutup kabut, atau kuda-kuda berkeliaran yang tampak elegan, tentu foto yang dihasilkan akan jadi instagenik banget.

Alamat: Jl. Lingkar Barat, Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu
Jam Buka: 08.00 – 16.30 WIB
Harga 
Tiket Masuk: Rp. 25.000,-
Tiket Parkir: Rp. 2.000,-
Naik Kuda: Rp. 50.000,- per 30 menit
Kelas Berkuda: Rp. 500.000,- per bulan
Panahan: Rp. 50.000,-
Fotografi Profesional: Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000,-

 

 

5. Taman Bunga di Desa Wisata Bunga Sidomulyo

Desa Sidomulyo memiliki udara yang sejuk lereng Gunung Arjuno, maka budidaya bunga tumbuh dengan subur di desa ini. Sebagian besar penduduknyapun berprofesi sebagai petani bunga. Banyak banget bunga yang dibudidayakan di Desa Sidomulyo, misalnya bunga wali songo, mawar, cemara, sakura, beringin putih, agape, ceplok piring, anggrek, krisan, bambu air nusa indah, lavender, dan masih banyak lagi jenis bunga yang lain.

Desa Bunga Sidomulyo, Desa Bunga Sidomulyo Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Desa Bunga Sidomulyo via macigomalang - Dolan Dolen

Desa Bunga Sidomulyo via macigomalang

Sebagian besar bunga ini ditanam di kebun, tapi masih banyak lagi yang menghiasi halaman rumah-rumah penduduk. Jadi saat Dolaners menyusuri jalan-jalan desa, yang tampak malah seperti sebuah taman bunga yang tak berujung alih-alih sebuah pemukiman penduduk. Bahkan kata kebun yang biasanya berkonotasi lahan pertanian, di Desa Sidomulyo ini yang tampak malah sebuah area yang instagenik. Masih ada pasar bunganya, Sekar Mulyo, bila Dolaners pingin pulang membawa oleh-oleh.

Alamat: Dusun Tinjumoyo, Tonggolari dan Sukorembug, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket Masuk: gratis

 

Bunga memang bahasa cinta yang tak pernah lekang oleh waktu. Tak heran, saat suntuk dan bete, Dolaners bisa merasa baikan bila melihat bunga. Tapi kalau mau ikut kekinian, selfie di antara bunga-bunga akan bikin Instagram makin semarak. Makanya, yuk ke Malang dan nikmati wisata taman bunganya di Kota Batu.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link