Time Travelling ke 11 Spot Jadul yang Instagenik di Kota Malang

Suka travelling? Hari gini, siapa sih yang gak tertarik sama travelling. Tapi travelling ke Kota Malang kali ini berbeda, Dolaners. Kenapa? Karena ini adalah episode time travelling, menyusuri lorong waktu kembali ke tempo doeloe. Gak percaya? Yuk, lihat bangunan-bangunan tua di Kota Malang berikut ini, yang akan membuat Dolaners tampak seakan berada pada abad ke-20 di Instagram.

591 views

1. Gereja Katolik Katedral Ijen

Bergaya Neo-Gotik Belanda, Gereja Hati Kudus Yesus di kawasan Kayutangan lebih sering disebut sebagai Gereja Katedral. Namun sebenarnya, Gereja Katolik Katedral Kota Malang berada di kawasan Ijen.

Gereja Katolik Katedral Ijen, Gereja Katolik Katedral Ijen Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Gereja Katolik Katedral Ijen by octacatic - Dolan Dolen

Gereja Katolik Katedral Ijen by octacatic

Kedua bangunan gereja ini sama-sama cantik dan klasik, Dolaners takkan menemukan kekurangan dalam hal keelokan arsitekturnya. Hanya saja, Gereja Katolik Katedral Ijen memang lebih jarang muncul sebagai ikon Kota Malang.

Alamat: Jl. Buring No.60, Kelurahan Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang

 

2. GPIB Immanuel Malang

Berlokasi di pusat kota, tepatnya di kawasan Alun Alun Merdeka Malang dan berada di salah satu sudut perempatan lampu merah, sulit untuk mengabaikan keberadaan bangunan eksotis ini. Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat Immanuel Malang dibangun pada tahun 1861, menjadikannya salah satu bangunan cagar budaya di Kota Malang.

GPIB Immanuel Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners GPIB Immanuel Malang via joejosephsitumorang - Dolan Dolen

GPIB Immanuel Malang via joejosephsitumorang

Sewaktu diresmikan, gereja ini bernama Protestanche Gemente te Malang. Bangunan ini menjadi saksi bisu pergantian masa dari pendudukan Belanda, Jepang, hingga masa millennial kini.

Alamat: Jl. Merdeka Barat No.9, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang

 

3. Museum Brawijaya

Mencari spot jadul di sebuah kota, tentu takkan melewatkan museum. Di Kota Malang, Museum Brawijaya menyimpan setiap goresan sejarah perjuangan merebut kemerdekaan.

Museum Brawijaya, Museum Brawijaya Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Museum Brawijaya via fitryatika - Dolan Dolen

Museum Brawijaya via fitryatika

Dolaners bisa melihat berbagai koleksi senjata, foto-foto yang menggambarkan masa-masa perang kemerdekaan, barang-barang unik masa lampau yang tak digunakan lagi saat ini, hingga berbagai alat transportasi. Mau berhemat tapi tetep kece? Museum Brawijaya bisa jadi alternatif Museum Angkut Kota Batu.

Alamat: Jl. Ijen, No. 25 A, Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 08.00 – 15.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp 3.000,-

Lihat Detail

 

 

4. Taman Kota Tugu

Taman Kota Tugu adalah kawasan jadul yang musti ditengok bila Dolaners punya minat khusus pada sejarah. Berpusat pada sebuah tugu dengan kolam air mancur dan taman hijau yang mengitarinya, kawasan ini dikelilingi oleh banyak bangunan tua yang tetap terjaga.

Taman Kota Tugu, Taman Kota Tugu Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Taman Kota Tugu by wijapuccino - Dolan Dolen

Taman Kota Tugu by wijapuccino

Di sebelah selatan Taman Kota Tugu, ada Balai Kota Malang, berurutan searah jarum jam ada Hotel Tugu, kompleks bangunan militer, gedung sekolah yang sudah ada sejak jaman Belanda, hingga gedung DPRD yang telah direnovasi. Beberapa bagian gedung-gedung ini masih terasa banget kejadulannya.

Alamat: Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket Masuk: gratis

Lihat Detail

 

5. Wisma Tumapel

Sebenarnya, Wisma Tumapel lebih terasa serem sih, alih-alih klasik. Bangunan ini sudah lama ditinggalkan dan terbengkalai meskipun masih ada pak penjaga yang bertugas mengurusinya.

Wisma Tumapel, Wisma Tumapel Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Wisma Tumapel via mrsalasanto - Dolan Dolen

Wisma Tumapel via mrsalasanto

Kalau Dolaners suka spot-spot bangunan tua yang tampak tak terawat, Wisma Tumapel bisa jadi latar selfie yang menarik. Biasanya, petugas jaga hanya akan mengingatkan supaya Dolaners menjaga sikap, tidak berteriak-teriak, atau bicara kotor selama berada di kawasan bangunan tua ini.

Alamat: Jl. Tumapel No.1, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang

 

6. Rumah Sakit Lavalette

Yup, bangunan ini adalah sebuah rumah sakit. Kurang etis ya, bila sibuk selfie di sana sini selama berada di kawasan Rumah Sakit Lavalette, tapi memang beberapa bagian bangunannya masih terasa Belanda banget.

Rumah Sakit Lavalette, Rumah Sakit Lavalette Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Rumah Sakit Lavalette via taufannywb - Dolan Dolen

Rumah Sakit Lavalette via taufannywb

Beberapa bagian rumah sakit sudah mengalami renovasi, jadi entah gaya bangunan ini disebut eklektik atau bagaimana. Tapi saat Dolaners melintasi bagian-bagian bangunan peninggalan Belanda, lorong-lorongnya, dinding-dindingnya, daun-daun jendela dan pintunya, hingga langit-langitnya, rasanya seakan setiap bagian itu menceritakan apa yang disaksikannya selama satu abad. Is it exotic or creepy?

Alamat: Jl. WR. Supratman No. 10, Kelurahan Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang

 

 

7. Toko Oen

Kalau mau nyari suasana bright and happy, ke Toko Oen saja, Dolaners. Udah dapet nuansa tempo dulunya, perut kenyang, pula.

Toko Oen, Toko Oen Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Toko Oen via valsudrajat - Dolan Dolen

Toko Oen via valsudrajat

Dari eksterior sampai interior, Toko Oen tetap mempertahankan penampilannya sebagai kafe gaul dijaman Belanda. Bahkan menu-menunya juga memiliki citarasa yang tetap terjaga – a must go destination, isn’t it?

Alamat: Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 08.00 – 21.30 WIB
Kisaran Harga Menu: Rp. 1.000 – Rp. 78.000,-

Lihat Detail

 

8. Stasiun Malang Kota Lama

Stasiun Malang Kota Lama adalah stasiun tertua di Kota Malang, dibangun pada tahun 1879. Pada awalnya, stasiun kereta api ini digunakan untuk mengangkut hasil bumi dari Malang ke ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya melalui Pasuruan.

Stasiun Malang Kota Lama, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Stasiun Malang Kota Lama via - Dolan Dolen

Stasiun Malang Kota Lama via gunawanragilsaputra

Seiring waktu, kawasan Stasiun Kota Lama telah banyak berubah, tampak modern dengan bangunan-bangunan baru di sekitarnya. Namun beberapa bagian stasiun masih menyimpan kerangka waktunya sendiri, terutama pada emplasemen yang memiliki detail menakjubkan. Pinter-pinter milih spot selfie aja, Dolaners.

Alamat: Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang

 

9. Masjid Jami’ Malang

Masjid Jami’ Malang berlokasi di sebelah barat Alun Alun Merdeka Malang, bersisian dengan GBIP Immanuel Malang. Bagian eksterior masjid memang telah mengalami renovasi dan perubahan gaya bangunan, namun bagian interiornya masih tetap terjaga.

Masjid Jami Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Masjid Jami Malang via rudyabuizzuddin - Dolan Dolen

Masjid Jami Malang via rudyabuizzuddin

Dibangun pada tahun 1875, ruang dalam Masjid Jami’ Malang kental dengan unsur material kayu. Sedari langit-langitnya, tiang-tiangnya, hingga chandelier yang tergantung apik benar-benar menampilkan gaya tempo doeloe.

Alamat: Jl. Merdeka Barat No.3, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang

 

 

10. Klenteng Eng An Kiong

Kota Malang juga punya klenteng klasik yang dibangun pada tahun 1825. Tak perlu ditanyakan seperti apa kentalnya budaya Tionghoa di setiap titik bangunan ini. Konon, tempat peribadatan umat Tri Darma (Konghucu, Tao, dan Budha Mahayana) ini merupakan peninggalan dari keturunan ketujuh Jendral Dinasti Ming.

Klenteng Eng An Kiong, Klenteng Eng An Kiong Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Klenteng Eng An Kiong via putrinorm - Dolan Dolen

Klenteng Eng An Kiong via putrinorm

Tak cuma puas menikmati setiap detail ornamen klenteng, Dolaners juga bisa nonton Wayang Potehi yang menceritakan hikayat-hikayat dengan berbagai tokoh Legenda Tionghoa. Pada bulan Februari kemarin, Wayang Potehi dimainkan dua kali sehari, sore dan malam hari.

Alamat: Jl. Martadinata, Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang
Jam Buka
Senin – Sabtu: 08.00 – 20.00 WIB
Minggu: tutup

 

11. Splendid Inn

Salah satu spot jadul di kawasan Taman Kota Tugu ialah Splendid Inn. Penginapan ini bersisian dengan Hotel Tugu, namun lebih tampak seperti rumah tinggal.

Splendid Inn, Spendid Inn Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Spendid Inn via rila alyussa - Dolan Dolen

Splendid Inn via rila_alyussa

Tak hanya eksteriornya yang terkesan homey, bagian interiornya juga terasa seperti rumah tahun 1970-an. Mulai dari gaya bangunannya hingga furnitur yang melengkapinya, semua terasa bukan berasal dari masa kini – seakan waktu terhenti di Splendid Inn.

Alamat: Jl. Majapahit No.4, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang

 

Selfie dengan konsep jadul memang bisa membuat sosial media Dolaners tampil kece. Tapi jangan lupa menikmati suasananya, merekam kuat-kuat dalam benak. Lekatkan dalam ingatan apa-apa yang tak tertangkap dalam kamera, karena mungkin yang ada hari ini takkan lagi bisa dijumpai esok hari.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link