Alun-Alun Kota Malang

7880 views

Tempat yang tak pernah sepi oleh pengunjung karena sebagai paru-paru kota, sebut saja tempat itu Alun-Alun Kota Malang. Alun-Alun Kota Malang melengkapi keindahannya dan menghadirkan suasana yang selalu hangat dengan keramahan warga kota yang bersahabat kepada setiap orang yang datang.

alun alun kota malang

Photo by halomalang.com

Salah satu dari alun-alun yang dimiliki oleh kota Malang dan sangat terkenal itu adalah Alun-Alun Kota Malang. Sebutan lain yang juga akrab dengan para pengunjungnya ini adalah alun-alun Jami’ karena letak Alun-Alun Kota Malang ini tepat didepan masjid Jami’. Letaknya pun juga sangat strategis lengkap dengan dikelilingi oleh pusat perbelanjaan seperti Sarinah, Ramayana, Mitra, Malang Plaza dan Gajah Mada Plaza. Tak hanya itu, akomodasinya pun lengkap dengan fasisiltas lengkapnya yaitu hotel, bank, kantor pos, gereja, masjid dan lainnya.

Di Alun-Alun Kota Malang, Dolaners dapat menikmati persahabatan dengan air mancur dari kolam yang berada tepat ditengah alun-alun, inilah hal utama yang menjadi poros dari keindahan Alun-Alun Kota Malang. Selain itu ada juga landasan skate board, play ground, shaf shalat terbuka dan track bersepeda. Ketika weekend menjelang, maka alun-alun ini sangat ramai dengan acara keluarga hingga muda-mudi yang asyik berpacaran terutama pada malam hari. Memang suasana nongkrong dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat di area alun-alun Malang ini sangatlah asyik sehingga keramaiannya pun menjadi kebanggan tersendiri dalam suasana kota.

Ragam jenis makanan dijual oleh para pedagang ditepi Alun-Alun Kota Malang, jadi Dolanners tidak perlu khawatir akan ketakutan kelaparan disana. Makanan khas yang tersedia diarea alun-alun ini akan memanjakan lidah Dolaners ketika berkunjung ke kota Malang, contohnya seperti apel malang, kripik tempe, bakso malang serta pernak-pernik aksesoris sebagai cinderamata yang bisa kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari sana.

Setelah sedikit banyak Dolaners memiliki gambaran tentang Alun-Alun Kota Malang dari deskripsi diatas, jadi tunggu apa lagi? Buktikan kehangatan suasana diarea Alun-Alun Kota Malang yang bersahabat tersebut. Disana Dolaners tidak hanya senang namun Dolaners juga dapat bertemu dengan banyak orang dari berbagai penjuru daerah, baik para pelajar, pelancong dan lainnya. Jadi, kapan Dolaners berkunjung? Alun-Alun Kota Malang ini sudah menunggu kedatangan Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Taman Alun-Alun Kota Malang, Dolaners tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan Alun-Alun Kota Malang ini banyak berjajar pedagang yang menjajakan macam macam dagangannya. Beragam pilihan kuliner dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Selain makanan maupun minuman, di sini banyak pula pedagang yang menjajakan mainan, pakaian anak, maupun souvenir yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan. Jika dirasa kuliner yang ada di Alun-Alun Kota Malang ini belum memuaskan hasrat kuliner Dolaners, jangan khawatir karena di sekitar kawasan ini terdapat banyak rumah makan yang menggiurkan untuk dikunjungi, seperti Restaurant Agung, Toko Oen, Depot Rawon Nguling, Rumah Makan Inggil, Rumah Makan Ikan Bakar 52, dan masih banyak lagi.
Kegiatan

Beragam fasilitas yang menunjang kegiatan Dolaners kini semakin lengkap di Alun-Alun Kota Malang. Terdapat dua buah gazebo di sebelah pojok selatan Alun-Alun Kota Malang. Tak jauh dari gazebo terdapat toilet dan arena bermain untuk anak-anak. Dulu bagi para pengunjung yang mempunyai hajat disediakan bus toilet di pojok selatan namun kini tak perlu khawatir karena sudah ada toilet permanen di dalam Alun-Alun Kota Malang. Tidak hanya itu, kini anak-anak tidak akan bosan jika main di Alun-Alun Kota Malang karena kini tersedia arena permainan ketangkasan. Bagi anak-anak suka tantangan bisa mencoba permainan panjat-panjatan mini, yang suka menguji nyali bisa main di perosotan mini. Sedangkan yang suka seru-seruan bisa mainan ayunan. Area di Selatan lebih banyak didominasi oleh rerumputan dan pohon beringin tua. Saya melihat beberapa keluarga asyik duduk-duduk menikmati pemandangan Alun-Alun di atas lapangan nan menghijau itu. Objek yang menarik di sebelah Selatan adalah sebuah taman gantung dengan beraneka ragam tanaman hias yang cantik. Bunganya yang berwarna-warni serasi sekali dengan potnya yang berwarna orange. Di bagian Timur yang menjadi ikon Alun-Alun Kota Malang sekaligus kota Malang yaitu tulisan Alun-Alun Kota Malang berwarna orange yang cerah ceria. Saya tidak tahu, apakah memang sekarang trendnya memakai warna orange. Di beberapa objek wisata saya melihat tulisan objek wisatanya juga menggunakan warna yang sama. Memang sih warna orange nampak eyecatching sekali jika dilihat dari kejauhan. Pemkot Malang mengerti jika para pengunjung pasti banyak berfoto narsis di sini, oleh karena itu telah disediakan area khusus berbentuk lingkaran di depan tulisan Alun-Alun Kota Malang untuk berfoto.

Jika Dolaners masuk ke Alun-Alun Kota Malang dari sebelah utara makan Dolaners akan disambut dengan instalasi payung yang cantik. Instalasi payung ini dirangkai di antara barisan pohon yang tumbuh di sisi kanan dan kiri jalan. Banyak pengunjung yang berfoto ria di jalan yang dinaungi instalasi payung tersebut. Selain itu di sebelah kanan jalan juga ada pohon beringin yang dihiasi dengan instalasi payung juga. Di pusat Alun-Alun Kota Malang yaitu air mancur menari atau istilah kerennya adalah fountain dance. Air mancur menari ini menurut informasi yang berkembang didatangkan langsung dari Singapura. Di sekeliling air mancur disediakan tempat duduk yang melingkari yang disediakan bagi para pengunjung yang ingin menikmati pertunjukkan fountain dance atau sekedar beristirahat setelah mengelilingi Alun-Alun Kota Malang. Di depan tempat duduk itu juga ada sebuah kolam kecil yang berisi pot-pot dengan bunga teratai di dalamnya. Saya tidak tahu kenapa kolamnya kering, apa memang konsepnya seperti itu atau airnya belum terisi. Jika Dolaners ingin melihat keindahan fountain dance Alun-Alun Kota Malang yang sesungguhnya, maka datanglah di malam hari. Air mancurnya akan disinari dengan cahaya berwarna-warni yang silih berganti. Di saat air mancur itu menari-nari maka alunan musik akan mengiringi layaknya pertunjukkan tarian yang indah.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke Taman Alun Alun Kota Malang ini sangat mudah untuk dijangkau dikarenakan letaknya yang berada pas ditengah tengah kota Malang di depan Masjid Agung Jami’ Malang.
Untuk dapat sampai ke Taman Alun Alun Kota Malang, Dolaners bisa menggunkana kendaraan pribadi maupun angkutan umu. Jika menggunakna Angkutan umum, Dolaners hanya perlu naik angkutan yang berkode AG / GA / GL / MM dan Dolaners akan turun tepat di depan Alun Alun Kota Malang.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link