Hutan Pinus Mangunan

2572 views

Jajaran Hutan Pinus yang berderet-deret mengitari area ini sangat indah, membuatnya terkenal sebagai lokasi hunting foto yang sangat di minati. Pesonanya yang anggun, bak tempat yang berada di luar negeri.

Hutan Pinus Mangunan

Photo by info-jogja.com

Hutan Pinus Mangunan merupakan bagian dari area Resort Pengelolaan Hutan (RPH). Hutan ini di penuhi dengan tumbuhan Pinus Merkusii. Dengan keindahannya inilah, maka banyak yang tertarik untuk mempergunakan area Hutan Pinus Mangunan sebagai tempat wisata, untuk sekedar hunting foto atau bersantai sembari piknik. Pohon pinus yang di tanam tidak hanya berperan sebagai hutan lindung saja, melainkan karena banyaknya minat dari para pengunjung, maka hutan ini di jadikan juga sebagai destinasi wisata.

Sebelum di jadikan tempat wisata, dulunya Hutan Pinus Mangunan berupa tanah tandus, yang kemudian di lakukan reboisasi. Untuk jenis tanamannya, tidak hanya terdapat pohon pinus saja, melainkan terdapat juga: pohon Mahoni, akasia, kemiri, serta kayu putih. Luas lahannya sekitar 500 Hektar. Ketika mengunjungi Hutan Pinus Mangunan pada pagi hari, wajah Dolaners akan di terpa dengan matahari yang terbit melintasi himpitan pohon pinus. Nuansa yang hangat, tenang dan di temani dengan semilir angin akan menambah suasana syahdu.

Untuk atmosfirnya sendiri, di gadang-gadang hampir menyerupai seperti hutan-hutan yang terdapat di Forks dan kota kecil di sekitar wilayah Evergeen State yang terdapat di film-film Hollywood. Bagi Dolaners yang sangat gemar dengan fotografi, Dolaners bisa berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan ini. Di jamin, tidak akan menyesal. Karena hutan pinus ini menawarkan pemandangan dan background yang sangat indah untuk digunakan hunting, baik untuk sekedar koleksi maupun untuk keperluan foto pre-wedding. Dolaners tentu sudah tahu, bahwa di Korea pohon pinus memiliki folosofi sebagai lambang cinta orang Korea. Pohon pinus yang tidak bercabang, dan memiliki tubuh yang tegak lurus di anggap sebagai tanda cinta yang lurus ke atas dan tidak memiliki cabang. Daun yang selalu hijau dianggap sebagai tanda cinta yang tidak akan pernah mati.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang akan berkunjung ke Wisata Hutan Pinus Mangunan disarankan Dolaners membawa bekal makan dari rumah atau ketika masih diperjalanan, Dolaners mengisi perbekalan sesuai kebutuhan, pasalnya di kawasan wisata ini masih belum ada pedagang yang berjualan, maklum kawasan hutan pinusnya masih sangat asri. Namun ingat jangan lupa membawa sampah Dolaners kembali ketika meninggalkan kawasan Hutan Pinus Mangunan ini.
Akomodasi
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 3.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 10.000,-
Kegiatan
Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta tidak hanya menjanjikan ketenangan bagi jiwa. Tempat ini juga menawarkan view yang cantik untuk diabadikan dalam jepretan kamera, tak heran jika akhirnya Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu spot hunting foto favorit. Bukan hanya wisatawan yang ingin selfie, pasangan yang hendak menikah pun banyak yang menjadikan tempat ini sebagai setting foto prewedding mereka. Dengan sudut pengambilan gambar yang tepat, foto-foto berlatar hutan pinus nan rimbun ala-ala setting film Hollywood pun bisa didapat. Bagi Dolaners yang menyukai petualangan, Dolaners bisa trekking mengikuti jalur outbond Wartu Abang menuju sumber mata air Bengkung yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai lokasi pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Wisata Hutan Pinus Mangunan ini jika dari Yogyakarta bisa menempuh rute Terminal Yogyakarta – Jalan Imogoro Timur – Pertigaan Imogiri belok ke arah Makam Raja-raja Imogiri – Mangunan – Hutan Pinus Mangunan.
Berhubung tidak ada transportasi publik yang melayani rute hingga Kawasan Hutan Pinus Mangunan ini, maka Dolaners disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link