Patahan Lembang

3293 views

Susunan batuan yang kokoh dan menjulang dengan membentuk bentang alam seperti tebing yang memanjang. Udara yang sejuk disertai barisan pepohonan yang berada di sekitarnya tentunya membuat tempat ini semakin cocok untuk anda yang ingin untuk melepas penatnya hiruk pikuk kehidupan ibukota. Jika anda memiliki hobi pada bidang fotografi, tempat ini tentunya merupakan salah satu tempat yang paling cocok untuk melakukan hunting foto karena indahnya pemandangan yang dapat anda nikmati.

Patahan Lembang Bandung

Photo by Fadhly Ilhami

Patahan Lembang berbentuk memanjang dengan panjang ± 22 km, yang berawal dari arah kaki gunung Manglayang yang terletak di kawasan Bandung bagian timur (Palasari) dan kemudian berujung sebelum kawasan perbukitan kapur Padalarang yang berada di kawasan Bandung Barat. Patahan itu berposisi tepat diantara Gunung Tangkuban Perahu dan juga daratan Kota Bandung sehingga kemudian membentuk dua blok, yakni utara dan selatan.

Gerakan Patahan Lembang ini sendiri kemudian mengakibatkan permukaan tanah yang berada di bagian utara meninggi. Akibatnya, aliran air dari tangkapan air yang ada di sisi selatan seakan terbendung di kaki dinding patahan. Material yang terbawa air dan angin kemudian mengisi genangan air dan tentunya mengendap. Kolam tersebut lalu ditumbuhi berbagai tanaman yang sebagian mati mengendap didasar kolam dan membentuk lapisan gambut. Sebagian tumbuhan lain membentuk lapisan gambut yang mengambang di kolam tersebut. Dari penggalian endapan kolam/sagpond yang berada di Cihideung, kemudian ditemukan jejak rekam gempa berkekuatan 6.8 SR dari Patahan Lembang yang terjadi sekitar 2.000 tahun lalu yang sekaligus bisa menjadi bukti nyata pergerakan patahan itu mampu menghasilkan gempa bumi dengan kekuatan besar. Patahan Lembang Bandung bukan hanya merupakan satu segmen saja, melainkan dua segmen patahan, yakni pada bagian timur dan juga barat. Gaya tekan dari arah yang berbeda terjadi akibat tidak lurusnya garis patahan yang kemudian membentuk bumbungan, yakni Gunung Batu. Meskipun demikian, keindahan.

Spot yang paling baik menurut pengalaman para dolaners yang ada di Bandung untuk menikmati panorama Patahan Lembang ini sendiri adalah Bukit Bintang. Tentunya, untuk bisa naik ke bukit ini para dolaners harus melalui jalanan yang menanjak, akan tetapi masih bisa ditempuh dengan kendaraan beroda dua. Dari puncak Bukit Bintang ini tentunya anda bisa melihat seutuhnya gambaran lukisan alam yang bernama Patahan Lembang Bandung ini.


AKTIFITAS

Kuliner
Sebaiknya para dolaners membawa sendiri bekal untuk makan anda dari rumah atau bisa dibeli sebelum menuju lokasi wisata Patahan Lembang Bandung, di tempat ini masih sangat jarang ditemukan penjual makanan karena lokasinya masih hijau dan asri, jauh dari hiruk pikuk kota.
Akomodasi
Biaya Parkir Kendaraan : Rp. 5.000,-
Tiket Masuk Bukit Bintang : Rp. 12.000,-
Kegiatan
Di lokasi wisata alam Patahan Lembang ini, para dolaners tentunya bisa untuk menyalurkan hobi fotografi dan menikmati hijaunya alam Lembang. Selain itu, para dolaners juga bisa mendaki Bukit Bintang yang merupakan spot terbaik untuk menikmati keindahan alam Patahan Lembang ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk berwisata ke Patahan Lembang, sebaiknya para dolaners membawa jaket karena udara di sini sangat sejuk dan bahkan kadang terkesan dingin. Berhati-hatilah saat mendaki Bukit Bintang, terlebih saat hujan karena jalanan yang dilalui masih berupa jalan setapak.
Untuk menuju lokasi wisata panorama Patahan Lembang Bandung, bmaka para dolaners bisa untuk menggunakan berbagai jenis kendaraan, baik roda dua ataupun roda empat. Akan tetapi, jika dolaners ingin mendaki Bukit Bintang, maka biasanya hanya bisa dilalui kendaraan beroda dua.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link