Puncak Becici

419 views

Suka berwisata alam? Suka pemandangan alam yang dilihat dari ketinggian? Jika iya, berarti Dolaners juga suka dengan tema wisata gardu pandang. Fasilitas wisata yang satu ini emang lagi hits karena membantu pengunjung mendapat angle bagus untuk swafoto. Tapi tak cukup hanya selfie kan? Sayang bila keindahan alam yang semestinya dinikmati cuma selesai sebagai background foto. Nah, di Puncak Becici, Dolaners bisa dapat keduanya.

Puncak Becici, Puncak Becici Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via masmeya

Pada pertengahan tahun lalu, Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarganya berwisata ke Yogyakarta. Dolaners sempat memperhatikan, rombongan ini bertandang ke mana saja di Yogyakarta? Yak, salah satu destinasi yang menarik keluarga Obama adalah Puncak Becici.

Kawasan Puncak Becici dikelola oleh Resor Pemangku Hutan Mangunan, dan hutan pinusnya dikenal juga dengan nama Becici Asri atau Hutan Sudimoro I. Hingga kini, pinus-pinus di kawasan hutan ini masih disadap getahnya untuk pembuatan terpentin. Tapi pemandangan di sekitar bukit yang memesona menjadikan kawasan hutan pinus ini menarik minat wisatawan. Bagaimana tidak, dari Puncak Becici, Dolaners bisa melihat pemandangan Kota Yogyakarta jauh di lembah di bawah bukit. Hamparan lembah yang penuh dengan pemukiman dan persawahan ini dibatasi oleh gagahnya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Sementara itu, di sekitar Puncak Becici dibangun gardu pandang sebagai fasilitas selfie, yang menjadi kegiatan wajib wisata abad millennial ini. Gardu Pandang ini juga memungkinkan Dolaners menikmati panorama alam yang luar biasa dengan lebih leluasa.

Bila Puncak Becici memiliki tawaran pemandangan yang memanjakan mata, maka hutan pinus di bukit ini menawarkan kesejukan udara yang melegakan dada. Sudah dilengkapi dengan bangku-bangku yang diletakkan di bawah rindangnya hutan pinus, Puncak Becici juga memperhatikan kenyamanan setiap pengunjung.

Tak hanya lokasi wisata yang menawarkan pemandangan sulit ditepis. Sepanjang perjalanan, Dolaners juga akan dimanjakan dengan panorama alam yang hijau rindang. Semakin dekat dengan wilayah Imogiri, semilir angin semakin terasa sejuk membelai. Dan saat berada di kawasan Hutan Mangunan, Dolaners akan ditemani jajaran pohon pinus di kanan kiri jalan.


AKTIVITAS

Kuliner
Sebaiknya Dolaners membawa bekal makanan dan minuman untuk menjelajah kawasan hutan pinus di Puncak Becici.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 2.000,-
Harga Sewa Spot Camping: Rp 5.000
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-
Kegiatan
Dolaners bisa selfie sepuasnya di gardu pandang Puncak Becici. Latar belakang lembah dan gunung yang instagramable akan membuat selfie Dolaners semakin kece. Puncak Becici juga menjadi pilihan spot yang sempurna untuk menikmati sunset, menunggu sinarnya yang keemasan berubah menjadi lembayung, hingga meredup dan raib ditelan gelap. Bila siap dengan perlengkapan sendiri, Dolaners bisa hammocking atau camping di kawasan hutan pinus, mendengarkan suara satwa malam khas perbukitan dan melihat sunrise keesokan paginya.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Puncak Becici terletak tak terlalu jauh dari Hutan Pinus Mangunan atau Hutan Pinus Imogiri. Karena lokasi yang berdekatan ini, dari Puncak Becici, Dolaners bisa lanjutkan jalan-jalan ke Hutan Pinus Mangunan dan Kebun Buah Mangunan. Bila rela sedikit lebih jauh, Dolaners bisa mampir juga ke Gua Cerme di Selopamioro, Grojogan Sewu, atau Air Terjun Lepo.
Dengan menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners bisa tiba di Puncak Becici melalui dua rute yang berbeda. Rute pertama, dari Kota Yogyakarta Dolaners melaju ke arah Terminal Giwangan. Lanjutkan menuju ke arah Imogiri, tapi ke arah Mangunan, bukan ke arah Pemakaman Imogiri. Melewati kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan, Dolaners terus saja, ikuti papan penunjuk arah ke Puncak Becici. Sementara rute kedua, dari Kota Yogyakarta Dolaners menuju ke Jalan Wonosari. Sesampainya di perempatan Patuk Gunung Kidul, Dolaners belok kanan dan ikuti arah menuju Dlingo hingga memasuki kawasan Hutan Pinus Sudimoro 1. Di sini Dolaners akan melihat penunjuk arah ke Puncak Becici, terus ikuti saja hingga tiba di lokasi.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link