Sumber 7 Pujon

1094 views

Perpaduan keindahan, kedamaian, tantangan, serta panorama yang ada di Sumber 7 Pujon akan memikat pengunjung yang datang menjamah, kawasan yang terlahir dari alam yang masih perawan ini akan menumbuhkan pesona yang luar biasa.

Sumber 7 Pujon

Photo by coretanhari110.blogspot.co.id

Dalam Bahasa Jawa, air terjun berarti coban. Coban Sumber 7 ini terletak di Dusun Tulungrejo, Pujon Kidul, Kabupaten Malang. Air terjun ini baru resmi dibuka pada tahun 2014. Selain itu, Sumber 7 Pujon berada di kawasan milik perhutani. Sehingga belum banyak dikenal masyarakat luas. Hanya masyarakat sekitar yang mengetahu lokasi air terjun ini, mengingat air terjun ini masih alami dan tersembunyi di dalam hutan.

Untuk menemukan dan menikmati keperawan Sumber 7 Pujon yang keberadaannya tersembunyi di balik rimbun hutan belantara, perlu pengorbanan Dolaners menempuh perjalanan yang ekstrim. Dimulai dari jalur offroad yang belubang, berbatu, dan menanjak yang dapat dilalui mobil offroad atau motor sejauh 2,5 kilometer. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer dengan kontur tanah naik turun melewati semak berduri dan rumput ilalang. Namun selama berjalan kaki, Dolaners dapat menikmati pemandangan gunung dan tebing indah yang curam di sisi kanan kiri. Sesekali akan terdengar kicauan burung, gemericik air dan hembusan air.

Setelah itu, tibalah Dolaners akan memasuki jalur yang sempit menembus tebing yang diselimuti tanaman-tanaman rambat yang begitu lebat. Tebing yang akan Dolaners lewati ini memiliki kemiringan sekitar 45 derajat. Sambutan alam inilah yang akan Dolaners rasakan ketika hendak berjumpa si cantik Sumber 7 Pujon Batu, alam yang masih hijau dan belum banyak dijamah manusia.

Walaupun bernama Sumber 7, namun di kawasan hutan lindung ini terdapat 14 coban atau sumber yang jeraknya berdekatan. Di Sumber 7 Pujon sendiri terdapat sembilan sumber, namun masyarakat sekitar tetap menamai lokasi tersebut dengan Sumber 7. Keindahan Sumber 7 Pujon sangat menakjubkan. Bersebelahan dengan tebing Sumber 7 juga terdapat empat titik air terjun lain. Semua air terjun itu tampak indah dengan balutan hijau rerimbunan hutan yang begitu lebat.

Di depan Sumber 7 terdapat pohon berusia puluhan tahun yang tumbang dan akarnya terangkat ke atas. Di titik ini Dolaners dapat mengambil foto yang menawan dari Sumber 7 Pujon yang memiliki tinggi sekitar 70 kilometer di tengah hutan lebat melahirkan pesona luar biasa. Bahkan di dekat air terjun terdapat hamparan rumput lebat yang bisa digunakan untuk bersantai.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi

Akses jalur atau arah jalan untuk menuju kawasan wisata Air Terjun Sumber 7 Pujon yaitu di Desa Pujon Kidul dari Kota Malang Dolaners dapat menempuh dengan menggunakan armada kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah Batu, langsung menuju arah Pujon ataupun Jombang – Kediri. Setelah melewati patung tugu sapi yang terdapat pada tengah pertigaan Ringin Punden lalu berbelok ke kiri. Kemudian lurus saja menuju arah ke barat sampai masuk Desa Pujon Kidul.

Jika Dolaners menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Landungsari naik bus Puspa Indah jurusan Jombang-Kediri atau naik angkutan BNK (jurusan Batu-Ngantang-Kasembon) jika dari Terminal Batu. Setelah pertigaan patung sapi, lalu turun di pertigaan ojekan Ringin Punden. Dari sini kemudian bisa naik ojek menuju ke Pujon Kidul. Perjalanan menuju air terjun Sumber Pitu sangat menantang pasalnya untuk mencapai air terjun ini pengunjung harus mendaki Track pengunungan yang lumayan terjal sejauh 3 hingga 4 Km atau sekitar 3 jam berjalan kaki jika pengunjung berjalan dari pos informasi.

Jika Dolaners ingin berjalan lebih dekat maka Dolaners harus membawa sepeda motor Dolaners hingga pos kedua namun resiko kehilangan besar pasalnya di pos kedua tidak ada penjaga hanya saja banyak masyarakat sekitar yang berladang disekitar pos kedua. Perlu diingat, hindari berkunjung pada waktu musim penghujan, karena medannya terlalu extrim dan kontur tanahnya yang gembur serta licin. Setiap kali berpijak kadang tanahnya mudah longsor, maka dari itu pengunjung di harapkan berhati hati.

Perlu diketahui hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang langsung bisa mengantarkan Dolaners sampai ke Sumber 7 Pujon ini. Jadi, jika Dolaners menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Landungsari naik bus Puspa Indah jurusan Jombang-Kediri atau naik angkutan BNK (jurusan Batu-Ngantang-Kasembon) jika dari Terminal Batu. Setelah pertigaan patung sapi, lalu turun di pertigaan ojekan Ringin Punden. Dari sini kemudian Dolaners bisa naik ojek menuju ke Pujon Kidul. Jadi lebih disarankan bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Coban Sewu Lumajang untuk lebih baik menggunakan kendaraan pribadi saja.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link