Udah Tahu tentang Pantai Wedi Putih di Malang? Ini 7 Keistimewaannya

Udah bosan sama bisingnya kehidupan perkotaan? Mencari ketenangan dan suasana berbeda? Atau Dolaners cuma suka jalan-jalan dan eksplor tempat-tempat baru? Nah, bagi Dolaners yang doyan banget bertualang, Pantai Wedi Putih di Kabupaten Malang ini akan menawarkan keseruan dan keindahan yang sulit banget ditolak.

3464 views

1. Satu Lagi, Raja Ampat di Malang Selatan

Siapa sih, yang belum kenal sama Pantai Teluk Asmoro di Kabupaten Malang? Pantai Teluk Asmoro terkenal banget akan panorama pantainya yang gak kalah kece sama Raja Ampat, sampai-sampai hits dengan julukan Raja Ampat dari Malang. Eh, tahukah Dolaners, ternyata tak cuma Pantai Teluk Asmoro saja yang dapet julukan Raja Ampat di Kabupaten Malang. Pantai Wedi Putih juga punya pemandangan yang bisa diserempet-serempetin sama Raja Ampat, lho!

Satu Lagi Raja Ampat di Malang Selatan, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Satu Lagi Raja Ampat di Malang Selatan by leo priyogatama - Dolan Dolen

Satu Lagi Raja Ampat di Malang Selatan by leo_priyogatama

Pantai Wedi Putih berada di wilayah Kecamatan Tirtoyudo, masih berada di sebelah timur dari Kecamatan Sumbermanjing Wetan di mana Pantai Teluk Asmoro berada. Bila berangkat dari Kota Malang, Dolaners akan menempuh jarak sekitar 74 kilometer dalam waktu 2 hingga 3 jam. Kalau mau pake angkutan umum, Dolaners bisa naik angkot jurusan AJG, ABG, AMG, AG, GL, GML, GM, GA, LG, atau LDG. Banyak deh, pokoknya angkot yang bisa ditumpangi menuju Terminal Gadang. Dari terminal, lanjutkan perjalanan dengan naik bus Putra Mulya ke Lumajang. Tak perlu sampai Lumajang, Dolaners cuma perlu turun di Tirtoyudo, persis sebelum masuk wilayah Kabupaten Lumajang, kemudian lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek.

 

2. Yes, Call It A Hidden Paradise in Malang

Kalau menggunakan kendaraan pribadi, pastikan badan dan kendaraan dalam kondisi prima, ya. Dolaners akan melalui jalan yang penuh dengan tikungan tajam, serta medan yang cukup sulit saat mendekati pantai. Dari Kota Malang, perjalanan bisa dimulai dengan berpatokan dari arah Terminal Gadang, kemudian dilanjutkan ke arah Bululawang, ke Turen, ke Dampit, hingga tiba di Tirtoyudo. Sesampainya di pertigaan Tangsi Tirtoyudo, ambil arah menuju Pantai Wedi Awu. Terus saja sampai di pertigaan berikutnya, dan pilih ke arah Pantai Wedi Awu saat bertemu dengan persimpangan menuju Pantai Lenggoksono.

Yes Call It A Hidden Paradise in Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Yes Call It A Hidden Paradise in Malang via ald 63 - Dolan Dolen

Yes Call It A Hidden Paradise in Malang via ald_63

Rute dan medan yang berliku menuju pantai di kawasan Malang Selatan ini membuat Pantai Wedi Putih layak disebut surga yang tersembunyi. Abisnya, beneran nylempit lho, Dolaners. Sejak berada di wilayah Pujiharjo, jalan yang dilalui mulai menyempit. Bahkan semakin mendekati Pantai Wedi Awu, Dolaners akan melalui jalan cor dan berbatu yang cukup curam. Makanya, penting banget kendaraan dalam keadaan prima, termasuk rem. Setibanya di Pantai Wedi Awu, Dolaners bisa memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan naik perahu atau tracking melewati Bukit Tumpak Wi. Bila naik perahu nelayan, Dolaners bisa menikmati pemandangan laut yang elok. Menyeberangi Teluk Pantai Wedi Awu, Dolaners bisa melanjutkan naik perahu ke Pantai dan Air Terjun Pakisan serta Goa Lowo di seberang Pantai Wedi Putih. Bila ada waktu, bisa juga lengkap mengunjungi kawasan Bowele di Teluk Ngasem, dari Pantai Wedi Awu dilanjutkan ke Pantai Lenggoksono dan Pantai Bolu Bolu. Ini berarti, Dolaners juga bisa melihat air terjun pantai lagi, yaitu di Pantai Banyu Anjlok. Sementara itu, bila tracking melalui Bukit Tumpak Wi, Dolaners bisa menikmati serunya jalan-jalan di alam bebas sejauh kira-kira 2 kilometer saja.

 

 

3. Dolaners Butuh Waktu Sendiri? Yuk, ke Pantai Wedi Putih

Kok, sepertinya butuh perjuangan banget ya, buat nyampe ke Pantai Wedi Putih? Enggak segitunya juga kali, Dolaners. Take it easy. Setiap hal yang berharga emang butuh diperjuangkan, bukan? Ups, yang jelas, jerih payah setiap tetes keringat menuju Pantai Wedi Putih akan menghantarkan Dolaners ke sebuah lokasi yang menakjubkan.

Dolaners Butuh Waktu Sendiri Yuk ke Pantai Wedi Putih, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Dolaners Butuh Waktu Sendiri Yuk ke Pantai Wedi Putih via irvansatriaputra - Dolan Dolen

Dolaners Butuh Waktu Sendiri Yuk ke Pantai Wedi Putih by irvansatriaputra

Sepanjang perjalanan di kawasan Purwodadi, Dolaners bisa menikmati pepohonan dan harum cengkeh. Wilayah ini memang terkenal sebagai penghasil cengkeh terbesar se-Jawa Timur. Dan setibanya di lokasi, Dolaners akan disapa keheningan Pantai Wedi Putih. Hanya debur ombak yang pelan terdengar mengalun tanpa henti di pesisir ini, berteman pasirnya yang memang putih bersih seperti namanya.

Lokasi: Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang
Harga
Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Parkir Kendaraan: Rp 5.000,-
Sewa Perahu: Rp 50.000 – Rp 250.000,-

 

4. Pantai Asri yang Masih Belum Hits

Tengok kanan… Tengok kiri… Tak ada siapa-siapa! Yup, pantai ini memang masih belum hits, apalagi bila dibanding pantai-pantai Bowele yang sudah tenar duluan. Akses darat yang masih sulit membuat Pantai Wedi Putih benar-benar tersembunyi, menyimpan keindahan alamnya sendiri.

Pantai Asri yang Masih Belum Hits, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Asri yang Masih Belum Hits via anitasiska - Dolan Dolen

Pantai Asri yang Masih Belum Hits via anitasiska

Masih belum ramai wisatawan, Pantai Wedi Putih merupakan pantai berpasir putih, persis seperti namanya. Wedi, yang sebenarnya dieja wedhi, adalah pasir dalam Bahasa Jawa. Nah, pasir putih ini terhampar sepanjang garis pantai, sejauh kira-kira 200 meter, tampak memesona dengan air laut yang tenang kehijauan.

 

 

5. Pantai dengan Panorama yang Menggoda untuk Dieksplor

Karena garis pantainya menghadap salah satu sisi teluk Pantai Wedi Awu, ombak Laut Selatan terasa begitu tenang di Pantai Wedi Putih. Sedikitnya debur ombak membuat air bening berwarna kehijauan di Pantai Wedi Putih tambak begitu jernih. Nah, apa nih yang muncul di kepala kalau melihat air bening dan bersih begini? Yak, nyebuuuurrr!

Pantai dengan Panorama yang Menggoda untuk Dieksplor, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai dengan Panorama yang Menggoda untuk Dieksplor via aditpermadih - Dolan Dolen

Pantai dengan Panorama yang Menggoda untuk Dieksplor via aditpermadih

Karena ombaknya terhitung tenang, terutama saat surut, Dolaners bisa snorkeling di Pantai Wedi Putih. Bisa dibilang, ekosistem terumbu karang di pantai ini adalah yang terbaik di Malang Selatan. Jangan lewatkan luar biasanya pemandangan bawah laut yang memamerkan kuda laut, ikan nemo atau ikan badut, dikenal juga dengan ikan giru, dan berbagai biota laut di antara ratusan terumbu karang hidup berwarna warni di bawah sana. Siapkan perlengkapan snorkeling sejak dari rumah ya, Dolaners. Mengingat pantai ini masih sepi, tentunya tak ada persewaan perlengkapan snorkeling di Pantai Wedi Putih.

 

6. Pantai yang Sanggup Jadi Spot Selfie Super Kece

Kalaupun Dolaners tak tertarik berenang maupun snorkeling, Pantai Wedi Putih masih bisa jadi latar selfie yang super kece. Pasirnya yang putih bersih, ombaknya yang tenang, air lautnya yang bening bersih, tentu hasil selfie di pantai Kabupaten Malang ini bakal bikin Dolaners hits.

Pantai yang Sanggup Jadi Spot Selfie Super Kece, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai yang Sanggup Jadi Spot Selfie Super Kece by feryrinaldy - Dolan Dolen

Pantai yang Sanggup Jadi Spot Selfie Super Kece by feryrinaldy

Ups, kamera ketinggalan? Tak apalah, pake kamera cellphone juga lumayan. Kalau background udah sekeren Pantai Wedi Putih ini, hasil swafotopun pasti jadi keren kuadrat.

 

 

7. Pantai Instagenik yang Memiliki Segalanya

Jadi, kapan ke Pantai Wedi Putih? Yuk, segera diagendakan, dan dibikin persiapan yang matang ya, Dolaners. Mulai dari kendaraan sampai kondisi badan, semua kudu dalam keadaan prima.

Pantai Instagenik yang Memiliki Segalanya, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Instagenik yang Memiliki Segalanya by sajad - Dolan Dolen

Pantai Instagenik yang Memiliki Segalanya by sajad.farqan

Persiapkan juga perbekalan makanan dan minuman, serta perlengkapan berenang atau snorkeling Dolaners. And just enjoy your time at Pantai Wedi Putih! – pantai cantik di pesisir Malang, dengan hijaunya perbukitan di seberang teluk, beningnya air, tenangnya ombak, putihnya pasir, serta kesunyiannya yang menenangkan.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link