Wisata Anti Mainstream: Mendaki Puncak 7 Gunung di Sekitar Malang Raya

Destinasi wisata alam apa yang paling tenar di Malang? Pantai? Air terjun? Malang punya semua destinasi wisata alam yang menarik. Tak heran, ketenaran destinasi-destinasi wisata alam ini membuat lebih banyak pengunjung datang. Dolaners lebih berjiwa anti mainstream dan tak mau ikutan tren? Bagaimana dengan mendaki gunung? Malang dikelilingi oleh banyak gunung berapi yang menawarkan keindahan pemandangan tiada dua. Yuk cari tahu apa aja gunung-gunung di sekitar Malang, lalu tentukan Dolaners pingin mendaki ke puncak gunung yang mana.

8017 views

1. Gunung Panderman

Gunung Panderman, yang termasuk dalam gugusan Gunung Kawi, terkenal bagi pendaki pemula di Kota Malang dan Kota Batu. Mendaki ke gunung mana yang tak terlalu tinggi dan masih di sekitar kota? Tentu jawabannya adalah Gunung Panderman. Nama Panderman diambil dari nama seorang Belanda, Van Der Man, yang menyukai pemandangan gunung ini.

Dari Puncak Gunung Panderman, Dari Puncak Gunung Panderman Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Puncak Gunung Panderman via silviaandani14 - Dolan Dolen

Di Puncak Gunung Panderman via silviaandani14

Dolaners yang tak punya banyak waktu saat di Malang, bisa memilih mendaki gunung ini dan menikmati pemandangan di puncak Basundara. Ketinggiannya yang cuma 2000 mdpl memungkinkan Dolaners mencapai puncak dalam waktu dua sampai tiga jam saja, dan sudah bisa turun kembali ke kota keesokan harinya. Kalau mencapai puncak tak menjadi sebuah keharusan, Dolaners sudah bisa mendirikan tenda di pos satu pendakian, Latar Ombo. Di sini sudah ada sumber air bersih yang jernih, jadi Dolaners bisa bermalam dan menikmati pemadangan lereng Gunung Panderman.

Lokasi Pintu Masuk: DusunToyomerto, Desa Pesanggrahan, Kelurahan Songgokerto, Kota Batu
Harga Tiket Parkir: Rp. 5.000,- per malam

 

2. Gunung Butak

Gunung Butak terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar, bersebelahan dengan Gunung Kawi. Bersama Gunung Kawi dan Gunung Panderman, Gunung Butak ini membentuk serangkaian pegunungan yang sering disebut Gunung Putri Tidur oleh warga Malang. Bila dilihat dari arah kota, rangkaian pegunungan ini memang tampak seperti seorang gadis yang terbaring tidur dengan siluet wajah yang tampak jelas, terutama saat matahari akan tenggelam.

Di Puncak Gunung Butak, Di Puncak Gunung Butak Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Puncak Gunung Butak by ziccohudyoro - Dolan Dolen

Di Puncak Gunung Butak by ziccohudyoro

Gunung Butak punya vegetasi yang beragam, yang terdiri dari hutan hujan tropis hutan lumut, hutan pinus, dan lain-lain. Dolaners bisa mencapai puncak Gunung Butak melalui Panderman, Sirah Kencong, Princi Dau, atau Gunung Kawi. Dari puncak Gunung Butak, yang berada di 2868 mdpl, Dolaners bisa melihat puncak Gunung Arjuno, Gunung Welirang, Gunung Semeru, dan Gunung Lawu saat langit cerah.

Lokasi Pintu Masuk: Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang

 

 

3. Gunung Arjuno

Gunung berapi ini memiliki ketinggian 3.339 mdpl, berada di peringkat ketiga gunung tertinggi di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung. Dolaners bisa memulai pendakian Gunung Arjuno dari Tretes Kabupaten Pasuruan atau Selecta Kota Batu. Di wilayah Kabupaten Malang, Dolaners bisa memulai pendakian di Karangploso atau Sumberawan Kecamatan Singosari atau di Purwosari Kecamatan Lawang. Bahkan, Dolaners bisa mencapai puncak Gunung Arjuno dari arah Gunung Welirang.

Di Gunung Arjuno, Di Gunung Arjuno Malang, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Gunung Arjuno via agusarif 28 - Dolan Dolen

Di Gunung Arjuno via agusarif_28

Gunung berapi ini tak hanya menawarkan keindahan puncaknya saja, tapi juga beberapa destinasi wisata yang tersebar di beberapa titik di lerengnya, misalnya Taman Safari Indonesia 2. Saat dalam perjalanan ke puncak, Dolaners bisa memilih jalur yang melalui air terjun Kakek Bodo. Bahkan sumber air Sungai Brantas berasal dari Gunung Arjuno, tepatnya berada di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Yang tak kalah seru dari gunung ini adalah cerita dan aura mistisnya di sepanjang jalur pendakian karena banyaknya situs pemujaan spiritual atau petilasan di lereng Gunung Arjuno. Para pendaki Gunung Arjuno tak pernah menganggap sebelah mata cerita-cerita ini sekaligus pantangan-pantangannya.

Lokasi Pintu MasukPurwosari, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang
Lihat Detail

 

4. Gunung Welirang

Lokasi Gunung Welirang bersebelahan dengan Gunung Arjuno. Tak jarang, pendaki yang sudah berpengalaman melakukan pendakian ke puncak kedua gunung ini sekaligus. Seperti Gunung Arjuno, lokasi Gunung Welirang juga berada di perbatasan beberapa wilayah, tepatnya Kota Batu, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Pasuruan.

Di Puncak Gunung Welirang, Di Puncak Gunung Welirang Malang, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Puncak Gunung Welirang via sefryrockabilly - Dolan Dolen

Di Puncak Gunung Welirang via sefryrockabilly

Bila ingin mencapai puncak Gunung Welirang, Dolaners bisa memulai dari Pacet Mojokerto atau Tretes Pasuruan. Saat sampai di puncak Gunung Welirang, Dolaners bisa mendapati tumbuhan endemik manis rejo. Gunung berapi aktif ini masih mengeluarkan belerang, sesuai nama yang disandangnya.

Lokasi Pintu Masuk: Desa Jubel, Kecamatan Pacet, Mojokerto
Harga Tiket Parkir: Rp. 5.000,- per hari

 

 

5. Gunung Semeru

Gunung Semeru seakan menuai popularitas baru setelah film 5 cm ditayangkan. Tapi bila Dolaners memang pendaki sejati, tak ada yang baru dengan gunung ini. Gunung Semeru akan tetap bikin kangen, dengan atau tanpa film layar lebar ini. Puncak Mahameru gunung ini, pada ketinggian 3.676 mdpl, adalah puncak ketiga tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani.

Di Puncak Gunung Semeru, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Puncak Gunung Semeru via gilaangpratama - Dolan Dolen

Di Puncak Gunung Semeru via gilaangpratama

Gunung Semeru bisa diakses melalui Kabupaten Malang terlebih dahulu, baru kemudian masuk ke Kabupaten Lumajang. Tak harus sampai puncak, Dolaners sudah bisa menikmati keindahan alam Semeru di lereng gunungnya saja. Yang paling terkenal adalah Ranu Kumbolo, sebuah danau yang memukau dengan keindahannya. Tapi bila sanggup tabah mendaki sampai puncak, Dolaners akan menikmati pemandangan yang tak habisnya memanjakan mata sepanjang perjalanan. Misalnya saja, Oro-Oro Ombo yang selalu tampak berbeda setiap kali Dolaners melaluinya, bahkan Arcopodo yang menantang tapi menyimpan daya tariknya yang tak lekang.

Lokasi Pintu Masuk: Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang
Harga Tiket
Tenda: Rp. 20.000,-
Kamera: Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

6. Gunung Anjasmoro

Gunung Anjasmoro meduduki tiga wilayah di Jawa Timur, yakni Kota Batu, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Jombang. Puncak gunung ini, Cemoro Sewu, berada di ketinggian 2.277 mdpl. Dibanding gunung-gunung lain di sekitar Malang, Gunung Anjasmoro masih kurang menarik minat pendaki gunung.

Ke Puncak Gunung Anjasmoro, Ke Puncak Gunung Anjasmoro Malang, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Puncak Gunung Anjasmoro via silvanarw - Dolan Dolen

Ke Puncak Gunung Anjasmoro via silvanarw

Selain Cemoro Sewu, Gunung Anjasmoro punya puncak-puncak lain di lerengnya yang masih lebih rendah dari Cemoro Sewu. Dan seperti keragaman puncaknya, akses menuju puncak juga bisa melalui beberapa rute. Selain lewat Kabupaten Malang, Dolaners bisa juga memulai pendakian di Wonosalam Jombang. Apalagi kalau Dolaners doyan banget sama durian, Wonosalam jelas lebih menarik. Kalau lagi musim, Dolaners bisa menikmati durian sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Anjasmoro.

Lokasi Pintu Masuk: Cangar, Kota Batu

 

 

7. Gunung Kelud

Gunung Kelud dimiliki oleh Blitar dan Kediri, khususnya bila terkait perihal wisata alam. Tapi lokasinya sendiri, gunung ini berada di perbatasan tiga kabupaten, yaitu Blitar, Kediri, dan Malang. Setelah letusannya pada tahun 2014, Gunung Kelud kini memiliki tiga puncak. Di bagian barat ada Puncak Gajahmungkur, di bagian selatan ada Puncak Sumbing, dan di bagian timur ada Puncak Kelud.

Gunung Kelud, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Puncak Gunung Kelud via aruell lens - Dolan Dolen

Gunung Kelud via aruell_lens

Pendakian Gunung Kelud bisa dawali dari Blitar atau Kediri. Rute dari Blitar lebih lebih pendek dan menjadi favorit banyak pendaki, sementara rute dari Kediri lebih sepi dan lebih panjang. Perlu dicatat, keduanya menawarkan keindahan pemandangan yang berbeda.

Lokasi Pintu Masuk: Desa Tulungrejo, Kabupaten Blitar

 

Mana puncak gunung yang paling menarik untuk didaki, Dolaners? Setiap gunung memang punya daya tariknya masing-masing. Apa yang Dolaners dapat di satu gunung, akan menjadi hal yang sepenuhnya berbeda di gunung lain. Jadi, bagaimana bila meluangkan waktu untuk mendaki seluruh gunung di sekitar Malang ini?

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link