Yuk ke 7 Pantai di Kabupaten Malang Ini! Cuma Sekali Jalan, Kok…

Dolaners sudah mendengar tentang keindahan pantai di Kabupaten Malang? Sebagian besar pantai-pantai hits di kawasan Malang Selatan berada di Kecamatan Bantur, Gedangan, Sumbermanjing Wetan, atau malah Kecamatan Tirtoyudo. Tapi ada juga pantai-pantai eksotis di Kecamatan Donomulyo. Masih belum terjamah banyak orang, pula. Mau tahu pantai apa saja? Ini dia tujuh pantai indah yang bisa dijelajah dalam sekali perjalanan dari Kota Malang.

1441 views

1. Pantai Kondang Iwak

Tak hanya terkenal akan pasir besinya, Pantai Kondang Iwak memiliki keindahan panorama pantai yang luar biasa. Layak dinobatkan sebagai destinasi wisata Dolaners berikutnya, namun dibutuhkan perjuangan yang tak bisa dibilang mudah untuk sampai ke lokasi. Dari Kota Malang, Dolaners akan mengambil arah keluar kota, ke selatan, menuju Kota Kepanjen. Dari kota kecil ini teruskan perjalanan ke arah selatan melewati Kecamatan Pagak hingga sampai di Desa Sumbermanjing Kulon. Tanyakan saja ke penduduk setempat di mana lokasi Desa Tulungrejo, dan Dolaners pasti akan menemukannya. Lupakan saja GPS karena Dolaners akan menuju ke kawasan sehat yang bebas sinyal apapun.

Pantai Kondang Iwak, Pantai Kondang Iwak Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Kondang Iwak via yudi hutomo - Dolan Dolen

Pantai Kondang Iwak via yudi_hutomo

Jalan aspal akan terhenti begitu saja, berganti menjadi jalan makadam. Karenanya, lebih baik jangan gunakan kendaraan sejenis city car atau motor matic. Kemudian, jalan makadam akan berganti jalan tanah yang bisa jadi medan offroad saat musim penghujan, hingga Dolaners tiba di area Pantai Kondang Iwak. Saat inilah perjuangan dan jerih payah Dolaners terbayar. Hamparan pantai yang landai dan lapang, pasir putihnya bersih terbentang sejauh mata memandang, kontras dengan birunya air laut. Ada muara air tawar di sekitar hutan bakau di dekat pantai, di mana Dolaners bisa berenang. Kondang atau muara ini dulunya penuh berisi ikan segar, hingga pantai di dekatnya dikenal dengan nama Pantai Kondang Iwak.

Lokasi: Dusun Sumberpucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket Masuk: gratis

 

2. Pantai Krambilan

Di sebelah barat Pantai Kondang Iwak, Dolaners akan bertemu dengan Pantai Krambilan. Kalau sanggup melintasi jalan setapak yang memisahkan kedua pantai ini, Dolaners bisa coba tanpa perlu memutar menempuh jalan raya desa.

Pantai Krambilan, Pantai Krambilan Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Krambilan via achmad syaifuddin - Dolan Dolen

Pantai Krambilan via achmad_syaifuddin

Pantai Krambilan masih jarang dikunjungi wisatawan, jadi pasirnya yang panjang senantiasa putih bersih. Birunya air di Krambilan menunjukkan betapa dalamnya dasar laut di dekat pantai, jadi benar-benar tidak disarankan berenang di sini. Kalau bosan, Dolaners bisa jalan bolak balik dari ujung ke ujung menyusuri pasir pantai. Setelah capek, haus dan lapar, satu-satunya harapan adalah Dolaners sudah membawa bekal.

Lokasi: Dusun Sumberpucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket Masuk: gratis

 

 

3. Pantai Bantol

Meskipun berada di desa yang sama, Dolaners harus keluar terlebih dahulu dari area Pantai Krambilan dan mengikuti Jalan Raya Desa Banjarejo ke arah selatan. Sebelum sampai kawasan pantai, jalan desa ini akan bertemu dengan Jalur Lintas Selatan yang saat ini masih belum teraspal. Lanjutkan perjalanan sampai Dolaners melewati Jalur Lintas Selatan ini.

Pantai Bantol Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Bantol Malang via rifkydoglekk - Dolan Dolen

Pantai Bantol Malang via rifkydoglekk

Pantai Bantol sudah sering dikunjungi penduduk setempat, terutama saat hari-hari libur atau saat ada ritual tertentu di pesanggrahannya. Dolaners bisa melihat pesanggrahan ini di sebuah batu karang, sejauh sekitar 200 meter dari area pantai. Meskipun sudah sering dikunjungi, Pantai Bantol masih tetap terjaga kebersihan dan keasriannya. Area pantai ini berbentuk teluk, sehingga ombak lautnya cukup tenang. Ada muara air payau yang mengalir ke pantai ini, dengan aliran-aliran kecil sungai dibalik rimbunnya hutan bakau di belakang pantai. Dan yang seru nih, Dolaners bisa dapat ikan atau lobster di Pantai Bantol. Kalau tak bisa menangkap, beli saja pada nelayan. Harganya beragam, tergantung jenis dan ukuran ikan atau lobasternya. Lobster yang sering ditangkap di Pantai Bantol adalah lobster kembang, lobster macan, dan lobster warna. Sudah terbayangkah enaknya?

Lokasi: Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
Harga
Tiket masuk: Rp 10.000,-
Parkir Motor: Rp 10.000,-
Lobster: Rp 80.000 – Rp. 150.000,- per kilogram

 

4. Pantai Seling Kates

Saat menuju Pantai Bantol, setelah melewati pintu masuk dan sebelum mencapai area pantai, Dolaners akan mendapati persimpangan jalan. Ambillah yang kiri, dan Dolaners akan terhantar ke Pantai Seling Kates. Pantai ini bisa juga diakses melalui jalan setapak langsung dari Pantai Bantol. Jalan kaki saja ke arah timur, Dolaners. Dekat, kok.

Pantai Seling Kates, Pantai Seling Kates Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Seling Kates via happyswandika - Dolan Dolen

Pantai Seling Kates via happyswandika

Berbeda dari Pantai Bantol yang pasirnya lembut, Pantai Seling Kates menawarkan eksotisme karang di sepanjang bibir pantainya. Hati-hati menginjakkan kaki di karang-karang ini ya, Dolaners.

Lokasi: Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
Harga
Tiket masuk: Rp 10.000,- (saat masuk Pantai Bantol)
Parkir Motor: Rp 10.000,-

 

 

5. Pantai Seling Ombo

Kalau berjalan melintasi setapak lagi ke arah timur, Dolaners akan mendapati Pantai Seling Ombo. Sesuai namanya, ombo yang berarti luas, pantai ini memiliki hamparan pasir yang cukup luas.

Pantai Seling Ombo Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Seling Ombo Malang via deka storm - Dolan Dolen

Pantai Seling Ombo Malang via deka_storm

Pantai Seling Ombo punya pemandangan laut biru yang lepas. Dengan pasir pantai yang putih lembut dan bersih, suasana di pantai ini benar-benar melenakan. Hati-hati dengan ombak yang agak sulit diprediksi ya, Dolaners. Tampaknya memang cukup tenang, tapi saat tertentu bisa tiba-tiba menggulung besar menuju pantai.

Lokasi: Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
Harga
Tiket masuk: Rp 10.000,- (saat masuk Pantai Bantol)
Parkir Motor: Rp 10.000,-

 

6. Pantai Kedung Celeng

Kembali ke area Pantai Bantol. Dari pantai ini, Dolaners lanjutkan berjalan kaki ke arah barat melewati setapak. Perlu dicatat, jalan setapak ini akan terdendam air bila musim hujan, jadi agendakan untuk ke pantai ini saat musim kemarau saja.

Pantai Kedung Celeng, Pantai Kedung Celeng Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Kedung Celeng by riskarahadhi - Dolan Dolen

Pantai Kedung Celeng by riskarahadhi

Pantai Kedung Celeng memiliki ombak yang lebih tenang. Karena masih jarang dijamah orang, pantai ini masih alami hingga ke biota bawah lautnya. Pilihan yang pas kalau Dolaners gemar snorkeling karena pemandangan warna warni karang dasar laut dan ikan-ikannya takkan bisa dijumpai di pantai-pantai lain di Kabupaten Malang. Tapi jangan terlalu jauh ke tengah laut ya, Dolaners. Segera balik ke pantai bila kedalaman sudah lebih dari 2 meter.

Lokasi: Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
Harga
Tiket masuk: Rp 10.000,- (saat masuk Pantai Bantol)
Parkir Motor: Rp 10.000,-

 

 

7. Pantai Pulodoro

Berjalan lagi melewati setapak ke arah barat dari Pantai Kedung Celeng, Dolaners akan mendapati Pantai Pulodoro. Bibir pantai ini bentuknya unik, seakan tersambung dari dua lengkung yang berbeda.

Pantai Pulodoro, Pantai Pulodoro Malang, Kabupaten Malang Dolan Dolen, Dolaners Pantai Pulodoro via riskarahadhi - Dolan Dolen

Pantai Pulodoro via riskarahadhi

Pasirnya putih bersih, lebih cemerlang dibanding pasir Pantai Bantol maupun Pantai Kedung Celeng di sisi timurnya. Selain pantainya yang landai, luasnya area pasir pantai di Pulodoro ini benar-benar memanjakan. Apalagi masih sepi pengunjung, Dolaners bisa berlarian bolak balik sampai capek dan tak ada yang terganggu. Ombaknya memang kurang bersahabat untuk digunakan berenang, tapi air laut yang menggenang di pantainya benar-benar bening. Sungguh menggoda. Tapi hati-hati dengan hewan bulu babi yang bisa muncul tak terduga dari sela-sela karang.

Lokasi: Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
Harga
Tiket masuk: Rp 10.000,- (saat masuk Pantai Bantol)
Parkir Motor: Rp 10.000,-

 

Karena pantai-pantai ini masih jarang pengunjung, apalagi lokasinya bersebelahan dengan hutan, bisa jadi Dolaners menemui satwa-satwaliar seperti ular, monyet, atau babi hutan. Oh ya, babi hutan dalam Bahasa Jawa dikenal dengan nama celeng. Jadi seru apa serem kalau begitu ya, Dolaners?

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link