Berburu Sunset di Malang? Yuk ke 5 Pantai Eksotis Ini

Salah satu pesona pantai adalah pemandangan sunrise dan sunset-nya. Setuju, Dolaners? Memang keindahan warna warni cahaya matahari pada kedua waktu ini sukar dicari tandingannya, apalagi kalau dinikmati dari area pantai yang lepas tanpa batas. Pertemuan antara air laut dan ufuk langit menjadi kanvas yang menggoreskan keindahan perjalanan sang surya. Kalau Dolaners termasuk penggemar pemandangan ini, Malang punya lima pantai yang sanggup menyuguhkan sunset luar biasa.

6217 views

1. Pantai Balekambang

Pantai di kawasan Malang Selatan ini seakan tak lekang oleh zaman. Sejak sebelum Kabupaten Malang terakses dengan Jalur Lintas Selatan, Pantai Balekambang telah populer dan dikunjungi banyak wisatawan.

Pantai Balekambang, Pantai Balekambang Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Balekambang via herlinandini - Dolan Dolen

Pantai Balekambang via herlinandini

Pantai ini memang cantik, dengan pasirnya yang putih luas dan landai. Bila Dolaners menjelajah seluruh area pantai, dari ujung ke ujungnya sudah cukup bikin capek. Topografi yang landai inilah yang membuat pemandangan sunset bisa dinikmati dengan maksimal di pantai ini. Apalagi dengan hadirnya tiga pulau lepas pantai yang menambah panorama matahari tenggelam semakin mempesona. Pulau-pulau ini, Pulau Ismoyo, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Anoman terhubung ke area pantai dengan jembatan. Bila melihat semburat senja di langit yang menjadi latar belakang pulau-pulau karang ini, bisa jadi Dolaners hanya tertegun memandangi ciptaan Tuhan yang sempurna ini. Saat yang tepat buat penyuka fotografi, tapi kalau Dolaners mau selfie pastikan menggunakan kamera yang tak setengah-setengah.

Lokasi: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk Weekdays: Rp. 10.000.-
Tiket Masuk Weekends: Rp. 15.000.-
Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 5.000,-
Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 10.000,-

Lihat Detail

 

2. Pantai Ngliyep

Destinasi wisata pantai yang satu ini sudah sama tuanya dengan Pantai Balekambang. Hanya saja, karena topografi pantainya yang berbeda, Pantai Ngliyep masih kurang difavoritkan banyak orang. Selain itu, infrastruktur menuju pantai Ngliyep juga kurang terawat bila dibandingkan jalan menuju Pantai Balekambang.

Pantai Ngliyep, Pantai Ngliyep Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Ngliyep via hady tea - Dolan Dolen

Pantai Ngliyep via hady_tea

Tapi kini Pantai Ngliyep sudah bebenah. Bahkan dengan adanya Jalur Lintas Selatan, Pantai Ngliyep jadi jauh lebih mudah dijangkau. Fasilitas di area pantainya juga sudah banyak peningkatan. Meskipun area pantainya tak selandai dan selapang Pantai Balekambang, Pantai Ngliyep punya keistimewaannya sendiri. Alih-alih terhampar dari ujung ke ujung, Pantai Ngliyep memiliki beberapa area pantai yang benar-benar terpisah antara satu dengan yang lain. Jadi kesannya seolah Dolaners mengunjungi lebih dari satu pantai, apalagi view tiap bagian benar-benar berbeda. Misalnya di Pantai Pasir Panjang, Dolaners akan mendapati area pasir yang memanjang tanpa jeda karang atau apapun. Sedangkan di Teluk Putri, Dolaners bisa menikmati batu-batu karang yang mungkin tak bisa dijumpai di pantai-pantai lain. Karenanya, Dolaners bisa menikmati suasana sunset yang berbeda-beda di seluruh kawasan Pantai Ngliyep. Gimana tuh, apa tak cukup menggoda?

Lokasi: Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
Jam Buka: 08.00 – 18.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp. 15.000,-
Parkir: Rp. 5.000,-
Penginapan: Rp. 100.000.-

Lihat Detail

 

 

3. Pantai Sendiki

Masih belum dikunjungi banyak orang, jadi Pantai Sendiki tentu menyimpan banyak hal untuk dieksplor. Kalau Dolaners mencari kawasan pantai yang menawarkan keindahan alami saat matahari terbenam, Pantai Sendiki bisa jadi pilihan yang tepat.

Pantai Sendiki, Pantai Sendiki Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Sendiki via havidviqri - Dolan Dolen

Pantai Sendiki via havidviqri

Pantai Sendiki menjanjikan pemandangan sunset yang menakjubkan karena lautnya seakan lepas tanpa batas. Tak ada pulau karang yang cukup menghalangi semburat senja di langit saat matahari hendak terbenam. Bila cuaca sedang cerah, Dolaners bisa menikmati detik demi detik perubahan warna lembayung di langit hingga gelap menutup dengan sempurna. Bias warna di air laut akan jadi kenangan tersendiri saat Dolaners mengingat kembali saat-saat senja di Pantai Sendiki. Tapi keindahan ini bukannya tanpa jerih payah. Dolaners harus siap menempuh perjalanan yang tak mudah, karena infrastruktur menuju pantai yang masih sepi pengunjung ini belum maksimal. Mendekati pantai, jalan aspal sudah berganti tanah. Bisa dibayangkan saat musim hujan, jalan ini akan cukup sulit dilalui, kecuali Dolaners sudah terbiasa. Tapi memang layak dengan keindahan yang tersimpan di Pantai Sendiki, maka tak heran kalau orang tetap saja datang dan kian hari kian bertambah saja.

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Parkir: Rp 5.000,-

Lihat Detail

 

4. Pantai Goa Cina

Kalau Dolaners bertanya pada penduduk lokal tentang arah hidup, eh bukan, tentang arah menuju Pantai Goa Cina, bisa jadi nama ini kurang dikenal. Aslinya, pantai di Kabupaten Malang ini bernama Rowo Indah. Baru setelah ngehits dengan sebuah goa di kawasan pantainya, yang diyakini sebagai tempat bertapa hingga meninggalnya seorang keturunan Tionghoa di sini, maka nama Goa Cina lebih populer dibanding Rowo Indah. Pantai Goa Cina berdekatan dengan Pantai Bajul Mati. Dolaners bisa langsung ke kedua pantai ini melalui Jalur Lintas Selatan yang sudah beraspal baik.

Pantai Goa Cina, Pantai Goa Cina Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Goa Cina via yogielazuardi - Dolan Dolen

Pantai Goa Cina via yogielazuardi

Kalau membahas tentang pemandangan sunset, Dolaners akan mendapat suguhan view yang memuaskan bahkan sejak sebelum area pantainya. Dalam rentang jarak sekitar satu kilometer dari pintu masuk Pantai Goa Cina, Dolaners akan mendapati sebuah jembatan yang artistik, Jembatan Bajulmati. Posisinya berada di sisi barat dari area pantai, jadi Dolaners bisa mendapat pemandangan sunset keren juga di sini. Melanjutkan perjalanan ke pantai, Dolaners akan melalui jalan tanah sekitar 500 meter, yang bisa cukup becek bila dilewati saat musim penghujan. Tak kalah dari view Jembatan Bajulmati, sunset di Pantai Goa Cina sama menakjubkannya dengan Pulau Goa China, Pulau Nyonya, dan Pulau Bantengan di lepas pantainya.

Lokasi: Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk: Rp. 5.000,-
Parkir Motor: Rp. 5.000,-
Parkir Mobil: Rp. 7.000,-

Lihat Detail

 

 

5. Pantai Batu Bengkung

Yang teristimewa untuk menikmati sunset pantai di kawasan Malang Selatan adalah Pantai Batu Bengkung. Kenapa? Karena garis pantainya menghadap tepat ke arah matahari terbenam.

Pantai Batu Bengkung, Pantai Batu Bengkung Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Batu Bengkung via bilangagus - Dolan Dolen

Pantai Batu Bengkung via bilangagus

Pantai Batu Bengkung memang berada di deret paling barat pantai-pantai ngehits saat ini. Jajaran Pantai Goa Cina dari arah timur, diikuti dengan Pantai Bajulmati, dan yang paling ujung adalah Pantai Batu Bengkung. Jarak dari Pantai Bajulmati sekitar dua kilometer, dan sama-sama bisa diakses melalui Jalur Lintas Selatan. Kalau mau view sunset yang lebih memuaskan, Dolaners bisa naik ke Bukit Batu Bengkung yang bisa dicapai saat air laut surut. Nah, terbayang kan, bagaimana posisi Pantai Batu Bengkung memungkinkan Dolaners menikmati sunset pantai yang indah di Malang?

Lokasi: Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk: Rp. 7.500,-
Parkir: Rp. 5.000,-
Parkir Menginap: Rp. 10.000,-

Lihat Detail

 

Tak hanya Pantai Goa Cina, Pantai Bajul Mati, dan Pantai Batu Bengkung yang lokasinya berdekatan. Saat berada di kawasan ini, Dolaners bisa mempir juga ke Pantai Watu Leter, Pantai Ungapan, Pantai Parang Dowo, Pantai Jelangkung, Pantai Kajaran, dan Pantai Telok. Banyak banget pilihan menikmati sunset pantai di Malang. Makanya, yuk ke Malang!

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link