Waktu Terbatas? Ini 5 Destinasi Wisata Wajib di Malang Raya

Berapa hari rata-rata waktu yang Dolaners miliki untuk berlibur? Seminggu? Tiga Hari? Kalau Waktu terbatas, sementara ada begitu banyak destinasi wisata yang pingin dikunjungi, kan pusing jadinya. Tapi Dolaners tak perlu bingung kalau ke Malang. Lima destinasi wisata terpilih berikut ini wajib disamperin saat Dolaners ada di Malang, berapa haripun tak jadi soal. Apa aja? Yuk lihat-lihat, trus pilih-pilih, deh!

2791 views

1. Alun Alun Merdeka Malang

Alun-Alun Merdeka Malang punya beberapa nama hits. Disebut Alun-Alun Jami’ karena ada masjid jami’ di sisi barat alun-alun ini. Disebut Alun-Alun Merdeka bukan karena dibangun pada tahun kemerdekaan, tapi karena keempat sisi alun-alun ini dipagari oleh Jalan Merdeka Utara, Timur, Selatan, dan Jalan Merdeka Barat. Sementara itu, warga Malang biasa menamai kawasan ini Alun-Alun Kota. Kalau Dolaners menanyakan arah, meskipun tak ada nama Malang dibelakangnya, semua orang bakal langsung paham yang dimaksud alun-alun mana.

Alun Alun Merdeka Malang, Malang, Kota Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Alun Alun Merdeka Malang via pandahgendut - Dolan Dolen

Alun Alun Merdeka Malang via pandahgendut

Usia alun-alun ini sebenarnya sudah sangat tua, dibangun pada masa Belanda tahun 1882. Makanya, di sekitar alun-alun ini Dolaners bisa mendapati gedung-gedung kuno peninggalan zaman Belanda juga. Pepohonan di alun-alun ini juga rindang karena usia, jadi cukup nyaman buat kongkow-kongkow lesehan di rumput. Apalagi setelah pemerintah kota merenovasinya, kini Alun-Alun Merdeka Malang jadi makin nyaman untuk jadi tempat bersantai semua kalangan usia. Oh ya, jangan lupa menjelajah kawasan pusat kota dan perbelanjaan di sekitar alun-alun ini.

Lokasi: Jl. Merdeka Selatan, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket Masuk: gratis

Lihat Detail

 

2. Kampung Jodipan

Destinasi wajib kedua adalah Kampung Jodipan. Ngapain jalan-jalan ke kampung di Malang? Eits, tunggu dulu, Dolaners. Ini kampung udah ngehits banget. Mungkin Dolaners mengenal kampung ini dengan nama populernya, Kampung Warna Warni.

Kampung Jodipan, Kampung Jodipan Malang, Kota Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Kampung Jodipan via irwnptra - Dolan Dolen

Kampung Jodipan via irwnptra

Kampung Jodipan tak hanya menawarkan area jelajah yang seru, tapi juga spot-spot keren untuk selfie. Kalau Dolaners tak mau kalah ngehits di sosial media, Kampung Jodipan ini adalah destinasi yang jelas takkan ditinggalkan. Yang terbaru, ada jembatan kaca yang menghubungkan Kampung Jodipan dengan Kampung Tridi, menyeberangi Sungai Brantas di bawah. Nah, jembatan kaca ini juga lagi ngehits-ngehitsnya, Dolaners. Dan Dolaners masih bisa menambah koleksi selfie di Kampung Tridi, pula.

Lokasi: Gang 1, Jodipan, Kelurahan Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang
Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp. 2.000,-
Parkir Motor: Rp. 2.000,-
Parkir Mobil: Rp. 5.000,-
Parkir Bus Pariwisata: Rp. 15.000 – Rp. 25.000,-

 

 

3. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang sudah populer sejak dulu kala, Dolaners. Bahkan ketika pantai-pantai lain di kawasan Malang Selatan masih belum ngehits sama sekali seperti sekarang, Pantai Balekambang sudah rutin dikunjungi wisatawan. Jadi Dolaners tak perlu kuatir dengan fasilitas dan infrastruktur menuju pantai ini.

Pantai Balekambang, Pantai Balekambang Malang, Kabupaten Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Balekambang via melfintan - Dolan Dolen

Pantai Balekambang via melfintan

Area bibir pantainya cukup landai, Dolaners bisa nyaman menggelar tikar dan menikmati momen bersama orang-orang tercinta. Kalau mau main air laut dan berendam sedikit boleh, lah. Asal jangan berenang ya, karena ombak pantainya bisa jadi tiba-tiba cukup besar bila Dolaners sedikit saja menjauh dari bibir pantai. Dan kalau mau ngehits lagi, Dolaners bisa selfie dengan latar belakang Pura Amerta Jati yang berdiri anggun di atas sebuah pulau karang. Cari angle yang pas, kasih caption lagi ada di Tanah Lot Bali. Banyak yang bakal percaya, deh.

Alamat: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk Weekdays: Rp. 10.000.-
Tiket Masuk Weekends: Rp. 15.000.-
Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 5.000,-
Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 10.000,-

Lihat Detail

 

4. Coban Rondo

Malang Raya punya banyak banget destinasi wisata alam air terjun. Semuanya cantik-cantik. Tapi kalau Dolaners mau yang pasti-pasti saja, dan mudah dijangkau, pilihan paling pas dari sekian banyak air terjun adalah Coban Rondo.

Coban Rondo, Coban Rondo Malang, Kabupaten Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Coban Rondo via hilalalaylomm - Dolan Dolen

Coban Rondo via hilalalaylomm

Sama seperti Pantai Balekambang, Coban Rondo sudah populer jauh sebelum coban-coban lain di Malang Raya menapaki tangga popularitas di sosial media. Dan demi eksistensinya, kini Coban Rondo menawarkan banyak wahana yang patut dicoba, tak hanya pemandangan air terjunnya yang masih tetap belum tertandingi. Melihatnya dengan mata kepala sendiri, air terjun setinggi 80 meter lebih ini memang mengagumkan, Dolaners.

Lokasi: Jl. Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamata Pujon, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk Senin – Jumat: Rp. 10.000,-
Tiket Masuk Sabtu – Minggu: Rp. 12.000,-
Tiket Masuk Motor: Rp. 2.000,-
Parkir Motor: Rp. 4.000,-
Tiket Masuk Mobil: Rp. 4.000,-
Parkir Mobil: Rp. 4.000,-
Tiket Masuk Bus: Rp. 6.000,-
Parkir Bus: Rp. 6.000,-
Tiket Flying Fox: Rp. 30.000,-
Tiket Kereta Kelinci: Rp. 5.000,-
Tiket Paintball: Rp. 15.000,-
Tiket Sepeda Gunung: Rp. 5.000,-
Tiket Wisata Alam Treewalk: Rp. 40.000,-
Tiket Masuk Taman Labirin: Rp. 7.500,-

Lihat Detail

 

 

5. Jawa Timur Park

Ini dia destinasi wisata paling hits se-Malang Raya, Jatim Park. Ada dua, Dolaners. Keduanya berada di Kota Batu, perjalanan ke arah barat dari Kota Malang.

Jawa Timur Park, Jawa Timur Park Malang, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Jawa Timur Park via anwaryushuf - Dolan Dolen

Jawa Timur Park via anwaryushuf

Meskipun mirip, tapi tetap saja Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 berbeda. Keduanya masih terkait pula dengan destinasi-destinasi wisata lain di Kota Batu, yang seluruhnya termasuk dalam pengelolaan Jawa Timur Park Group. Kalau soal fasilitas dan infrastruktur, jangan ditanya lagi. Dijamin tak ada yang kurang. Tapi stamina Dolaners yang harus dipersiapkan karena setiap destinasi sudah cukup luas, apalagi kalau Dolaners menggabungkan kunjungan ke lebih dari satu destinasi dalam satu hari. Dan yang akan menyusul hadir adalah Jatim Park 3, yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan.

Alamat Jawa Timur Park 1: Jl. Kartika No. 2, Kecamatan Batu, Kota Batu
Jam Buka: 08.00 – 16.30 WIB
Harga
Tiket Masuk Reguler Jatim Park 1 Weekdays: Rp. 70.000,-
Tiket Masuk Reguler Jatim Park 1 Weekends: Rp. 100.000,-
Tiket Terusan Jatim Park 1 + Museum Tubuh Bagong Weekdays: Rp. 100.000,-
Tiket Terusan Jatim Park 1 + Museum Tubuh Bagong Weekends: Rp. 130.000,-
Tiket Sakti ke Jatim Park 1, Jatim Park 2, Eco Green Park, Predator Fun Park, Batu Night Spectacular, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Museum Angkut, dan Museum Tubuh: Rp. 375.000,- berlaku dua hari
Tiket Super Sakti ke Jatim Park 1, Jatim Park 2, Eco Green Park, Predator Fun Park, Batu Night Spectacular, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Museum Angkut, dan Museum Tubuh: Rp. 450.000,- berlaku tiga hari

Lihat Detail

 

Alamat Jawa Timur Park 2: Jl. Raya Oro-Oro Ombo No.9, Kecamatan Batu, Kota Batu
Jam Buka: 10.00 – 18.00 WIB
Harga
Tiket Masuk Reguler Jatim Park 2 Weekdays: Rp. 75.000 – Rp. 90.000,-
Tiket Masuk Reguler Jatim Park 2 Weekends: Rp. 105.000 – Rp. 120.000,-
Tiket Terusan Jatim Park 1+ Jatim Park 2 Weekdays: Rp. 100.000,-
Tiket Terusan Jatim Park 1+ Jatim Park 2 Weekends: Rp. 135.000,-
Tiket Terusan Jatim Park 2 + Eco Green Park Weekdays: Rp. 85.000,-
Tiket Terusan Jatim Park 2 + Eco Green Park Weekends: Rp. 125.000 – Rp. 150.000,-
Tiket Terusan Jatim Park 1 + Jatim Park 2 + Eco Green Park + Batu Night Spectacular: Rp. 175.000,-

Lihat Detail

 

Nah, sudah ada lima pilihan destinasi wisata utama di Malang Raya yang wajib didatengin saat Dolaners ke Malang. Sesuaikan dengan waktu yang ada, dan pilih destinasimu!

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link