11 Varian Mie Aceh yang Jempolan di Kota Malang

Dolaners yang sukaaa banget sama mie Aceh nih, biasanya lumayan pilih-pilih kalau soal olahan mie yang dimasak dengan bumbu kental berempah ini. Mie Aceh emang beda sih, dari mie-mie lainnya. Ada rasa manis, asin, dan dominan pedas yang langsung nendang sekali lahap. Gak pake bingung-bingung kalau lagi di Malang, karena kota ini punya variasi mie Aceh yang endes berikut ini.

2611 views

1. Mie Aceh Original Bang Ahmad

Suka Mie Aceh? Yuk, cobain Mie Aceh Original di kedai Mie Aceh & Teh Tarek Bang Ahmad Kota Malang. Mie Aceh original ini dihidangkan dalam varian goreng, kering tanpa kuah.

Mie Aceh Original Bang Ahmad, Mie Aceh Original Bang Ahmad Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Mie Aceh Original Bang Ahmad via aisha maulidya25 - Dolan Dolen

Mie Aceh Original Bang Ahmad via aisha_maulidya25

Eitts jangan dikira sedapnya rempah masakan Aceh hanya ada pada kuah mie, ya! Entah bagaimana mie gorengnya racikan Bang Ahmad ini gak kalah sedap sama yang kuah. Eh, tapi kalau emang sukanya sama mie kuah, ada juga, kok!

 

2. Mie Aceh Kuah Bang Ahmad

Daaan inilah penampakan mie Aceh yang versi kuah di kedai Mie Aceh & Teh Tarek Bang Ahmad. Jadi sepertinya mana nih, yang lebih menggoda Dolaners?

Mie Aceh Kuah Bang Ahmad, Mie Aceh Kuah Bang Ahmad Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Mie Aceh Kuah Bang Ahmad via mie acehmalang - Dolan Dolen

Mie Aceh Kuah Bang Ahmad via mie_acehmalang

Yang manapun pilihan Dolaners, seporsi mie Aceh di Kedai Bang Ahmad ini wajib ditemenin sama teh tarek. Oh ya, masih ada menu-menu Melayu lain di kedai ini, misalnya timun serut. Nasi goreng juga ada, tentu dengan citarasa khas Melayu juga.

Mie Aceh & Teh Tarek Bang Ahmad
Alamat: Jl. Raya Tlogomas No.8, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang
Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB
Harga: Rp 10.000,-

 

3. Mie Aceh Sanger

Mie Aceh berikutnya yang bisa dicobain di Kota Malang berada di Sanger Warung Kopi Aceh. Warung kopi seperti yang banyak Dolaners jumpai di Aceh? Ehmm… beda, sih. Sanger, yang konon berupa akronim dari sama-sama ngerti, konsepnya lebih seperti kafe. Varian mie Aceh di kedai ini juga lumayan banyak.

Mie Aceh Sanger, Mie Aceh Sanger Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Mie Aceh Sanger via indonesia foodgram - Dolan Dolen

Mie Aceh Sanger via indonesia_foodgram

Asyiknya, Sanger Warung Kopi Aceh tak cuma menawarkan mie Aceh goreng atau kuah. Ada tambahan satu lagi nih, yaitu mie Aceh tumis. Nah, beda, kan?

 

 

4. Mie Aceh Kepiting Sanger

Selain istimewa dalam hal pengolahan, mie Aceh di kedai Sanger bisa diracik dengan beragam topping. Misalnya saja, mie Aceh kepiting yang menyertakan kepiting sedap dalam racikannya.

Mie Aceh Kepiting Sanger, Mie Aceh Kepiting Sanger Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Mie Aceh Kepiting Sanger via sangerkopiaceh - Dolan Dolen

Mie Aceh Kepiting Sanger via sangerkopiaceh

Rempahnya masih terasa kuat, dan entah bagaimana, berpadu pas dengan rasa kepitingnya. Yang jelas, porsi mie Aceh dengan kepiting ini cukup bikin kenyang. Dan puas!

 

5. Indomie ala Sanger

Selain berbahan baku mie Aceh, Sanger Warung Kopi Aceh di Kota Malang ini juga mengolah mie instan dengan bumbu rempah. Beda banget sama mie instan yang dibikin di rumah, Dolaners. Mie instan racikan Sanger ini punya rasa pedes yang unik.

Indomie ala Sanger, Indomie ala Sanger Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Indomie ala Sanger via sangerkopiaceh - Dolan Dolen

Indomie ala Sanger via sangerkopiaceh

Topping mie instan dengan bumbu rempah khas Aceh ini juga beragam, ada telur, seafood, hingga pilihan topping kepiting juga tersedia. Pas banget dinikmati bersama segelas teh tarik.

 

6. Mie Aceh Telur Sanger

Bila Dolaners merasa topping yang terlalu beragam bisa merusak citarasa rempahnya, lengkapi mie Aceh yang Dolaners pesan dengan telur saja. Sederhana, proteinnya dapet, dan tetep sedep.

Mie Aceh Telur, Mie Aceh Telur Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Mie Aceh Telur via sangerkopiaceh - Dolan Dolen

Mie Aceh Telur via sangerkopiaceh

Dolaners yang emang suka menu telur dalam berbagai versi, gak bakalan nolak dengan menu mie Aceh telur, nih. Dengan harga yang terjangkau dan porsi yang bikin kenyang, apa sih yang kurang?

 

 

7. Mie Kocok Khas Aceh Sanger

Bosan dengan rasa rempah Aceh? Mau sesekali nyoba varian mie yang lain, tapi masih ada citarasa Aceh? Sanger Warung Kopi Aceh juga punya mie kocok, Dolaners. Tentunya, beda dari mie kocok khas Bandung, ya.

Mie Kocok Khas Aceh, Mie Kocok Khas Aceh Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Mie Kocok Khas Aceh via sangerkopiaceh - Dolan Dolen

Mie Kocok Khas Aceh via sangerkopiaceh

Kedai Sanger juga menawarkan menu-menu lain, disamping mie Aceh atau mie kocok Aceh. Dolaners bisa melahap roti cane atau roti maryam, toast, dan tentunya kopi sanger, sesuai namanya. Mungkin terasa seperti cappuccino atau caffe latte, tapi kopi sanger sebenarnya diracik dengan kopi hitam, gula, dan susu kental. Cobain deh, Dolaners!

Sanger Warung Kopi Aceh
Alamat: Jl. Bunga Coklat No.3, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang
Jam Buka: 10.00 – 02.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 8.000 – Rp 29.000,-

 

8. Mie Aceh Pakcik Abin

Ada lagi nih, kedai mie Aceh yang semakin hits di Kota Malang, Kedai Pakcik Abin. Pakar makanan dan minuman Melayu ini punya varian mie berbumbu rempah khas Aceh yang buanyak banget.

Mie Aceh Pakcik Abin, Mie Aceh Pakcik Abin Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Mie Aceh Pakcik Abin by syafitrikartikadevi - Dolan Dolen

Mie Aceh Pakcik Abin by syafitrikartikadevi

Bermula dari berjualan nasi lemak, nasi gurih, dan berbagai makanan Melayu lainnya, Pakcik Abin kini menawarkan berbagai varian mie Aceh di kedainya. Selain mie Aceh, Kedai Pakcik Abin juga menghidangkan kudapan roti panggang dan roti maryam dengan beraneka topping. Tapi emang sih, yang bikin balik ke Kedai Pakcik Abin ini ya mie Aceh.

 

9. Mie Rebus Aceh Pakcik Abin

Mie Aceh Pakcik Abin tersedia dalam varian goreng dan kuah atau rebus. Tergantung selera sih, Dolaners lebih suka yang mana, keduanya sama-sama bercitarasa rempah Aceh yang cukup kuat.

Mie Rebus Aceh Pakcik, Mie Rebus Aceh Pakcik Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Mie Rebus Aceh Pakcik Abin via foodngalam - Dolan Dolen

Mie Rebus Aceh Pakcik Abin via foodngalam

Mie rebus Aceh di kedai Pakcik Abin punya kuah kental yang rempahnya nendang. Mie Aceh di kedai ini tebal dan padat, hampir-hampir mirip seperti bakmi Jogja – terutama mie rebus Aceh karena sama-sama berkuah kental. Sekilas menu mie Aceh Pakcik Abin tampaknya sedikit saja, tapi jangan tertipu penampilan ya, Dolaners. Hasil akhirnya cukup kenyang, kok.

 

 

10. Mie Aceh Kepiting Pakcik Abin

Nah, kalau mau istimewa, Dolaners tinggal bereksperimen, padukan mie Aceh favorit baik goreng maupun rebus dengan berbagai topping. Yang teristimewa? Tentulah, mie Aceh kepiting.

Mie Aceh Kepiting Pakcik Abin, Mie Aceh Kepiting Pakcik Abin Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Mie Aceh Kepiting Pakcik Abin via kedaipakcikabin - Dolan Dolen

Mie Aceh Kepiting Pakcik Abin via kedaipakcikabin

Mie Aceh Pakcik Abin yang sudah kaya dengan citarasa rempah akan makin maknyuss saat ditambah daging kepiting. Rasa pedas yang pas makin bikin lahap saja mengosongkan piring.

 

11. Kwetiau Goreng Sapi Pakcik Abin

Kalau Dolaners memang suka menu mie, tentu gak nolak juga sama kwetiau. Uniknya, kwetiau di Kedai Pakcik Abin Kota Malang ini tak sama dengan kwetiau yang biasa Dolaners nikmati di restoran masakan oriental. Ada bumbu rempah yang terasa di kwetiau Pakcik Abin, terasa pas dengan topping cincangan daging sapinya.

Kwetiau Goreng Sapi, Kwetiau Goreng Sapi Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Kwetiau Goreng Sapi via kedaipakcikabin - Dolan Dolen

Kwetiau Goreng Sapi via kedaipakcikabin

Selain mie khas Aceh dan kwetiau, Dolaners juga bisa menikmati mie laksa, mie kak ros, dan menu-menu lain, seperti nasi lemak, nasi goreng teri medan, nasi goreng tuna, soto medan, atau sop daging. Kedai Pakcik Abin juga terkenal akan gulai kepala ikan kakapnya.

Kedai Pakcik Abin Sigura Gura
Alamat: Jl. Bend. Sigura-gura Barat No.30A, Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang
Jam Buka: 17.00 – 23.00 WIB

Kedai Pakcik Abin Sulfat
Alamat: Ruko Sulfat Corner Kav. 10, Jl. Raya Sulfat, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang
Jam Buka
Sabtu – Kamis: 12.00 – 22.30 WIB
Jumat: 14.00 – 22.30 WIB

Kedai Pakcik Abin – Makanan & Minuman Melayu
Alamat: Jl. Terusan Kendalsari no.01, Kelurahan Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang
Jam Buka: 10.00 – 23.00 WIB

Kedai Pakcik Abin Tlogomas
Alamat: Jl. Baiduri Pandan No.12A, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 15.000 – Rp 40.000,-

 

Citarasa mie Aceh yang khas memang sulit dicari tandingannya. Dibuat langsung begitu dipesan, mie Aceh yang sudah bercitarasa pedas ini makin hot saja karena memang dihidangkan saat panas-panas baru diangkat dari wajan. Ada yang suka mie Aceh kuah karena rempahnya terasa banget, tapi ada juga yang suka mie Aceh goreng karena terasa lebih sedap. Kalau Dolaners lebih suka yang mana, nih?

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link