13 Menu Sarapan Spesial di Kota Malang, Sanggup Cobain Satu-Satu?

Tahun 2018, sarapan pake roti dan selai? Apa gak terlalu hambar tuh, Dolaners? Padahal, banyak banget menu lokal yang sedap buat sarapan, porsinya cukup, dan mudah dicerna, gak bikin Dolaners ngantuk kekenyangan pagi-pagi. Apalagi kalau lagi di Kota Malang, menu-menu menarik berikut ini bakal bikin Dolaners kuat seharian, tentu dengan makan siang, jajan, ngemil, dan mengudap lagi.

909 views

1. Nasi Trancam Pawon Kraton Karuman

Menu sarapan pertama yang bisa dicobain adalah sayur trancam. Sayuran berbumbu kelapa parut ini bisa Dolaners nikmati di Pawon Kraton Karuman Kota Malang.

Pawon Kraton Karuman, Pawon Kraton Karuman Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pawon Kraton Karuman via houseofyulita - Dolan Dolen

Pawon Kraton Karuman via houseofyulita

Yang bikin menu sayur ini istimewa adalah bumbu parutan kelapanya. Bagaimana dengan racikan trancam di Pawon Kraton Karuman? Langsung cuuss ke lokasi deh, Dolaners!

Alamat: Jl. Raya Tlogomas No.40, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang
Jam Buka: 06.00 – 21.00 WIB

 

2. Rawon dan Soto Taman Jajan Al Fatih

Taman terbuka untuk bermain anak-anak di kawasan Perumahan Sawojajar Kota Malang ini juga dilengkapi dengan aneka makanan enak. Dan diantaranya, yang patut dicoba buat sarapan adalah?

Taman Jajan Al Fatih, Taman Jajan Al Fatih Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Taman Jajan Al Fatih via tj alfatih - Dolan Dolen

Taman Jajan Al Fatih via tj_alfatih

Rawon sama soto! Eww, menu berat juga buat sarapan ya, Dolaners? Asik aja kok, gak bakal berat dengan suasana outdoor yang seger di kawasan ini.

AlamatJl. Danau Maninjau Raya No.169, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang
Jam Buka: 06.00 – 22.00 WIB

 

3. Nasi Jejen Warung Bu Umi

Warung Bu Umi ini masih berada di kawasan Perumahan Sawojajar Kota Malang juga. Yang istimewa buat sarapan di warung ini adalah nasi jejen.

Warung Bu Umi, Warung Bu Umi Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Warung Bu Umi via dedi - Dolan Dolen

Warung Bu Umi via dedi.susilo

Apa itu nasi jejen? Sebenarnya menu ini sama saja dengan nasi campur Madura. Nah, yang belakangan ini tentunya Dolaners udah kenal, kan?

Alamat: Jl. Danau Kerinci Raya Blok C2 No. F18, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang
Jam Buka: 05.30 – 14.30 WIB

 

 

4. Bubur Ayam Cak Mun

Menu nasi terlalu berat buat sarapan? Yuk, sarapan bubur aja di Bubur Ayam Cak Mun. Istimewanya, Dolaners boleh nambah kuah sama kerupuk!

Bubur Ayam Cak Mun, Bubur Ayam Cak Mun Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Bubur Ayam Cak Mun via malangbanget - Dolan Dolen

Bubur Ayam Cak Mun via malangbanget.id

Yang recommended nih, bubur ayam pake tambahan ati ampela. Maknyuss banget buat sarapan pagi-pagi di Kota Malang.

Alamat: Jl. Kawi Atas, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang
Jam Buka
Senin – Sabtu: 06.00 – 12.00 WIB
Minggu: tutup
Kisaran Harga: Rp 8.000 – Rp 15.000,-

 

5. Bubur Ayam Dreams Cafe & Resto

Mau sarapan bubur tapi di kafe atau resto? Cobain menu bubur ayam di Dreams Cafe & Resto Kota Malang, Dolaners.

Dreams Cafe & Resto, Dreams Cafe & Resto Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Dreams Cafe Resto via dreamscoppee - Dolan Dolen

Dreams Cafe & Resto via dreamscoppee

Tak cuma lokasinya, menu lauk pendamping bubur ayamnya juga beragam! Hmm… ternyata bubur ayam butuh pendamping juga, ya!

Alamat: Jl. Retawu No. 29, Kelurahan Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang
Jam Buka
Kamis – Selasa: 07.00 – 22.00 WIB
Rabu: tutup

 

6. Pecel Sarangan Bedjo

Hayoo siapa yang suka sarapan pake nasi pecel? Kota Malang punya 2 lokasi pecel enak nih, Dolaners – Pecel Sarangan Bedjo di kawasan Sulfat dan Puncak Mandala.

Pecel Sarangan Bedjo, Pecel Sarangan Bedjo Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pecel Sarangan Bedjo via pecelsaranganbedjo - Dolan Dolen

Pecel Sarangan Bedjo via pecelsaranganbedjo

Porsi nasi pecelnya terbilang mungil ya, Dolaners. Kalau terbiasa sarapan jumbo, sepertinya Dolaners perlu pesan dua atau tiga porsi.

Alamat: Jl. Raya Sulfat, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang
Jam Buka
Sabtu – Kamis: 06.00 – 11.30 WIB
Jumat: tutup

Alamat: Jl. Puncak Mandala, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang
Jam Buka
Sabtu – Kamis: 06.30 – 11.00 WIB
Jumat: tutup

 

7. Nasi Pecel Mustika

Masih pada menu pecel, Nasi Pecel Mustika bisa jadi pilihan sarapan wajib saat berada di Kota Malang nih, Dolaners. Orang bilang, ini nasi pecel legendaris.

Nasi Pecel Mustika, Nasi Pecel Mustika Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Nasi Pecel Mustika via jatunurhidayat - Dolan Dolen

Nasi Pecel Mustika via jatunurhidayat

Penasaran gak tuh, seperti apa rasa nasi pecel dengan reputasi sedemikian rupa? Ya udah, langsung dicoba saja, Dolaners.

Alamat: Jl. Rajakwesi 10, Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 07.00 – 13.30 WIB
Harga: Rp 12.000,-

 

 

8. Nasi Buk Khas Madura “Mbok Siti”

Tak cuma menu tradisional nasi pecel, Kota Malang juga punya menu khas Madura, yaitu nasi buk. Mau tahu seperti apa rasanya?

Nasi Buk Khas Madura Mbok Siti, Nasi Buk Khas Madura Mbok Siti Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Nasi Buk Khas Madura Mbok Siti via ditta dianprimadita - Dolan Dolen

Nasi Buk Khas Madura Mbok Siti via ditta_dianprimadita

Dolaners bisa langsung coba di Nasi Buk Khas Madura Mbok Siti. Lokasinya dekat dengan Stasiun Kereta Api Malang Kotabaru, pas banget buat sarapan saat Dolaners baru turun dari kereta pagi-pagi.

Alamat: Pasar Helm, Jl. Trunojoyo, Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang
Jam Buka
Minggu – Jumat: 05.30 – 14.00 WIB
Sabtu: 06.00 – 22.00 WIB

 

9. Nasi Ayam Kremikan Warung Pagi Kalimantan

Tak kalah komplit sama nasi buk, Warung Pagi Kalimantan punya menu nasi ayam kremikan. Menu ini cukup menggoda juga buat variasi sarapan, Dolaners.

Warung Pagi Kalimantan, Warung Pagi Kalimantan Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Nasi Ayam Kremikan Warung Pagi Kalimantan via imlilpatz - Dolan Dolen

Warung Pagi Kalimantan via imlilpatz

Namanya aja nasi ayam kremikan, tentunya beda dari nasi buk yang berlauk jeroan sapi. Menu nasi kremikan dengan ayam suwir, alih-alih cacahan empal daging sapi, memang bisa jadi pilihan buat Dolaners yang kurang suka daging sapi.

Alamat: Jl. Kalimantan No.3, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang
Jam Buka
Rabu – Sabtu: 06.30 – 10.30 WIB
Minggu – Selasa: tutup

 

10. Ketupat Sayur Payakumbuh Khas Padang

Menikmati makanan khas Padang di Kota Malang? Bisa! Kalau buat sarapan, ketupat sayur Payakumbuh adalah yang paling enak.

Ketupat Sayur Payakumbuh Khas Padang, Ketupat Sayur Payakumbuh Khas Padang Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Ketupat Sayur Payakumbuh Khas Padang via brinaction - Dolan Dolen

Ketupat Sayur Payakumbuh Khas Padang via brinaction

Ups, menu-menu khas Padang yang lain juga ada, kok. Tempat sarapan makanan khas Padang ini jadi satu sama tempat cuci dan bengkel mobil, gampang banget ditemukan.

Alamat: Jl. Kalpataru No.112C, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang
Jam Buka: 06.00 – 13.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 9.000 – Rp 15.000,-

 

 

11. Bubur Ayam & Nasi Uduk 17

Berlokasi di kawasan kampus dan kos-kosan, Bubur Ayam & Nasi Uduk 17 berani menawarkan harga yang ramah di kantong mahasiswa tanpa menurunkan kualitas dan citarasa. Bisa jadi pilihan sarapan bubur kan, Dolaners?

Bubur Ayam & Nasi Uduk 17, Bubur Ayam & Nasi Uduk 17 Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Bubur Ayam Nasi Uduk 17 via malangeaters - Dolan Dolen

Bubur Ayam & Nasi Uduk 17 by buburayam.nasiuduk17

Kalau bubur kurang bikin kenyang dipagi hari, Dolaners bisa coba nasi uduknya. Perut kenyang, dompet aman, nih!

Alamat: Jl. Gajayana No.17A, Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang
Jam Buka: 06.00 – 10.00 WIB
Harga Bubur Ayam: Rp 6.000,-

 

12. Warung Soto Ayam “Cak Sur”

Soto memang bisa jadi pilihan sarapan bila Dolaners merasa bubur terlalu hambar. Kalau posisi lagi deket sama Warung Soto Ayam Cak Sur, bisa dicoba nih, Dolaners.

Warung Soto Ayam Cak Sur, Warung Soto Ayam Cak Sur Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Warung Soto Ayam Cak Sur via fiyash - Dolan Dolen

Warung Soto Ayam Cak Sur via fiyash

Dengan taburan koya yang gak pelit, soto ayam jadi terasa makin sedap. Langsung deh, setelah semangkuk soto ayam ini tandas, Dolaners akan merasa siap jadi Hercules sehari.

Alamat: Pasar Bentol, Jl. Pulau Galang Nomor 7, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang
Jam Buka
Senin – Jumat: 06.00 – 01.00 WIB
Sabtu: 06.00 – 24.00 WIB
Minggu: tutup

 

13. Bubur Ayam Jakarta Bang Yossi

Soto emang sedap, tapi kalau udah biasa sarapan sama yang lunak-lunak, bubur tetep tak tergantikan. Mudah dicerna, kenyang tapi gak bikin kekenyangan pagi-pagi.

Bubur Ayam Jakarta Bang Yossi, Bubur Ayam Jakarta Bang Yossi Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Bubur Ayam Jakarta Bang Yossi via dhonylastikow - Dolan Dolen

Bubur Ayam Jakarta Bang Yossi via dhonylastikow

Salah satu menu bubur ayam yang jelas endes, ya bubur ayam Jakarta. Nah, Kota Malang punya Bubur Ayam Jakarta Bang Yossi nih, Dolaners. Siapa sih, yang ga suka bubur ayam Jakarta!

Alamat: Jl. Raya Tlogomas No.78, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang
Jam Buka: 06.00 – 23.00 WIB
Harga: Rp 15.000,-

 

Banyak juga kan, variasi menu sarapan di Kota Malang? Ada pecel, bubur, soto, hingga kuliner khas dari daerah-daerah lain se-Nusantara. Yang jelas, sarapan kenyang, hati riang, haripun jadi terang benderang!

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link