8 Destinasi Kuliner Jadul tapi Beken di Kota Malang

Suka jajan? Jajan apa yang paling ngehits saat ini, Dolaners? Crepes? Terang bulan dengan beragam topping? Udah cobain menu-menu tradisional yang rasanya terbukti sanggup bertahan selama berpuluh-puluh tahun? Kalau menu klasik, paling asik ya dinikmati dalam suasana klasik juga. Nah, semuanya ini ada di Kota Malang. Yuk intip-intip, yuk!

2481 views

1. Toko Oen

Toko Oen di Kota Malang adalah sebuah toko yang ikonik dalam segala hal. Mulai dari bangunannya yang klasik, hingga makanannya yang memiliki citarasa terjaga sejak dulu. Apalagi suasananya. Jangan ditanya lagi deh, Dolaners. Klasik tempo dulu banget, alias jadul.

Toko Oen, Toko Oen Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Toko Oen via Ardian Kusuma - Dolan Dolen

Toko Oen via Ardian Kusuma

Eits, tapi bukan jadul yang suram, ya. Gimana mau suram kalau di zaman Belanda Toko Oen ini sudah jadi tempat ngumpulnya para sosialita masa itu. Jelaslah, Toko Oen ini jadul-jadulnya klasik berkelas. Mau tau apa menu wajibnya di Toko Oen? Es krim! Siapa yang sanggup nolak es krim bercitasa Belanda, eh, zaman Belanda?

Alamat: Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 08.00 – 21.30 WIB
Kisaran Harga Menu: Rp. 1.000 – Rp. 78.000,-

Lihat Detail

 

2. Ronde Titoni

Dolaners tahu apa yang paling asik untuk menikmati sejuknya udara Malang? Makan ronde! Yup, Ronde Titoni ini menyajikan ronde basah, ronde kering, angsle, ronde campur, dan kacang kuah. Mau camilan ringan? Dolaners bisa dapat cakwe dan roti goreng di Ronde Titoni. Kalau pingin sedikit lebih kenyang, masukkan saja cakwe atau roti gorengnya kedalam kuah ronde. Langsung deh, bikin badan anget.

Ronde Titoni, Ronde Titoni Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Ronde Titoni via ririmaulidina - Dolan Dolen

Ronde Titoni via ririmaulidina

Berada di sebuah kawasan pertokoan yang sudah ramai sejak zaman dulu, Ronde Titoni ini buka sejak tahun 1948 loh, Dolaners. Jadul banget ya? Dan emang suasana jadulnya udah kentara banget saat Dolaners mulai memasuki kedai Ronde Titoni.

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang
Jam Buka
Senin – Sabtu: 18.00 – 24.00 WIB
Minggu: tutup
Kisaran Harga Menu: Rp. 3.000 – Rp. 8000,-

 

 

3. Puthu Lanang

Terbuat dari tepung beras, dikukus dalam cetakan batang bambu, dan berisi gula merah. Dihidangkan dengan parutan kelapa yang gurih, puthu adalah jajanan tradisional yang susah untuk ditolak.

Puthu Lanang, Puthu Lanang Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Puthu Lanang via Qumil Laila - Dolan Dolen

Puthu Lanang via Qumil Laila

Tapi Puthu Lanang ini beda. Bahkan sejak sebelum kemerdekaan Indonesia, Puthu Lanang sudah ada. Sejak tahun 1935, Puthu Lanang sudah punya pelanggan tetap hingga kini, saat kedai jajanan tradisional bercitarasa manis ini dikelola oleh anak Ibu Soepijah, sang pendiri destinasi kuliner legendaris di Malang ini. Saat Dolaners memasuki gang kecil di mana kedai Puthu Lanang berada, sepertinya tak habis pikir bagaimana orang bisa tetap datang ke lokasi yang tak tampak eye catching dari jalan raya ini. Mungkin kudu dicoba dulu ya, biar bisa tahu kenapa Puthu Lanang tak pernah sepi pengunjung.

Alamat: Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT.03, Samaan, Klojen, Kota Malang
Jam Buka
Selasa – Minggu: 17.45 – 21.30 WIB
Harga: Rp. 10.000,-

 

4. Warung Tahu Lontong ” Lonceng “

Tahu lontong di mana-mana juga, sama saja, bukan? Eits, tunggu dulu, Dolaners. Cobain tahu lontong Lonceng di Malang ini dulu, deh. Berada di kawasan Kotalama yang jelas terkenal jadul, warung ini berumur sama jadulnya dengan lingkungan pertokoan di sekitarnya. Yak, sejak tahun 1935, Dolaners. Dan tak ada yang berubah dalam rasanya.

Warung Tahu Lontong Lonceng, Warung Tahu Lontong Lonceng Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Warung Tahu Lontong Lonceng via Tito Febrian Nugraha - Dolan Dolen

Warung Tahu Lontong Lonceng via Tito Febrian Nugraha

Konsistensi rasa dan bahan baku yang terjaga kesegarannya membuat kualitas tahu lontong di warung ini tetap terjaga selama sekian puluh tahun. Itulah kenapa kalau Dolaners sekali saja mampir ke warung tahu lontong ini, dijamin bakalan balik lagi. Lagipula aura jadul warung ini emang ngangenin, sih.

Alamat: Jl. R.E. Martadinata, Kotalama, Kedungkandang, Kota Malang
Jam Buka: 08.00 – 20.00 WIB
Kisaran Harga Menu: Rp. 1.000 – Rp. 10.000,-

 

 

5. Rumah Makan Rawon Nguling

Rawon adalah makanan sepanjang masa, Dolaners. Mau dimakan saat udara dingin, maknyus. Dimakan saat cuaca panas juga, tetep enak. Lagi bete? Coba makan rawon, deh. Ngerayain sesuatu? Rawon juga. Gak ada matinya kalau namanya makan rawon. Apalagi kalau makan rawon di Rumah Makan Rawon Nguling. Ini rawon beken yang ketenarannya melampaui top ten apapun deh, Dolaners.

Rumah Makan Rawon Nguling Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners  Rumah Makan Rawon Nguling Malang via Ghina Rahmi - Dolan Dolen

Rumah Makan Rawon Nguling Malang via Ghina Rahmi

Dan jangan ditanya porsinya Ruman Makan Rawon Nguling. Kalau Dolaners gayanya makan cantik, seporsi rawon di rumah makan ini bisa buat berdua. Jadi pasti kenyang… sampai puas!

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.62, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 07.00 – 15.30 WIB
Kisaran Harga Menu: Rp. 3.000 – Rp. 40.000,-

 

6. Pecel Kawi

Saat memasuki kedai Pecel Kawi, Dolaners akan langsung melihat angka 1975. Memang Pecel Kawi ini udah jadul, bahkan suasana kedainya tak menampakkan tanda-tanda milenial kekinian. Pecel Kawi memajang menu-menu makanan yang ditawarkan di sebuah etalase kaca, khas warung makan zaman oma opa.

Pecel Kawi Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pecel Kawi Malang via krepektempe - Dolan Dolen

Pecel Kawi Malang via krepektempe

Cuma ada pecel? Tentu tidak. Tapi rasa bumbu kacang di Pecel Kawi ini sulit dicari tandingannya, sampai-sampai menu lain jadi kurang menarik. Sambel pecelnya khas banget, Dolaners!

Alamat: Jl. Kawi Atas No. 43 B, Bareng, Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 06.00 – 20.00 WIB
Kisaran Harga Menu: Rp. 5.000 – Rp. 15.000,-

Lihat Detail

 

 

7. Hok Lay

Destinasi kuliner di Malang yang satu ini buka sejak tahun 1946. Jadul banget ya, Dolaners. Apa sih spesialisasi Hok Lay, sampai bisa bertahan sekian tahun?

Hok Lay, Hok Lay Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Hok Lay via Masbams - Dolan Dolen

Hok Lay via Masbams

Hok Lay ini pakarnya pangsit cwie mie dan lumpia Semarang di Kota Malang. Dengan furnitur kayu, jendela besar, lantai tegel yang khas tempo doeloe, Hok Lay membawa suasana vintage kedalam citarasa setiap hidangannya. Yang wajid dicobain di Hok Lay adalah fosco. Apa ini? Coca Cola? Bukan! Udah, Dolaners langsung aja ke Malang, dan seruput rasa fosco yang cuma ada di Hok Lay.

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 09.00 – 13.30 WIB, 17.00 – 20.30 WIB
Kisaran Harga Menu: Rp. 4.000 – Rp. 18.000 WIB

 

8. Es Tawon

Es Tawon yang populer sejak tahun 1955 di Kota Malang ini terkenal juga dengan nama Es Tawon Kidul Dalem. Lokasinya memang berada di kawasan Kidul Dalem, Kota Malang. Selain es tawon, Dolaners bisa mencicipi menu-menunya yang lain, seperti es kacang ijo, es dawet, bubur kacang ijo, es campur, es alpukat, dan menu-menu es yang lain. Ada menu camilannya juga, seperti bakwan jagung, sukun goreng, roti goreng, dan jajanan murah meriah yang lain.

Es Tawon Kidul Dalem, Es Tawon Kidul Dalem Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Es Tawon Kidul Dalem via Handjono - Dolan Dolen

Es Tawon Kidul Dalem via Handjono

Tenang saja, meskipun namanya Es Tawon, Dolaners gak bakalan ketemu banyak tawon di kedainya. Justru kedai Es Tawon ini bisa jadi tempat nongkrong asik saat siang-siang di Malang, apalagi kalau pas cuaca gerah.

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.52, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 07.30 – 15.00 WIB
Harga: Rp. 6.000,-

 

Nah, jangan lupa mampir ke destinasi-destinasi kuliner ini saat ke Kota Malang ya, Dolaners. Suasana dan rasa kulinernya akan membawa Dolaners seakan kembali ke tempo doeloe. Memorable banget, deh!

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link