8 Kafe Unik yang Asik buat Nongkrong di Yogyakarta

Kalau sekedar cari tempat kumpul-kumpul, di manapun juga bisa. Kalau cuma mau ngisi perut, di warung manapun juga boleh. Tapi kalau mau cari tempat yang asik buat ngobrol, dengan suasana yang hangat, nyaman, dan bisa kenyang, gak semua kafe bisa begini. Apalagi kalau kafenya bisa tampil beda dan khas. Mau tahu yang seperti ini di Yogyakarta? Yuk lihat kafe-kafe berikut ini.

776 views

1. The House of Raminten

Dolaners lagi ada di Kota Yogyakarta? Wajib mampir ke the House of Raminten, nih. Kafe ini udah ngehits dari dulu. Siapapun yang Dolaners tanya tentang lokasi atau arah menuju kafe ini, pasti bisa ngasih jawaban memuaskan.

The House of Raminten, The House of Raminten Yogyakarta, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners The House of Raminten via snovania - Dolan Dolen

The House of Raminten via snovania

Meskipun nama kafe ini perpaduan Barat dan Timur, suasana kafenya sendiri tradisional Jawa yang kental banget, unik, antik, dan elegan. Buka 24 jam, Dolaners bisa nongkrong di the House of Raminten selama yang disuka sambil menikmati wedang sereh, wedang uwuh, wedang gajah ndekem, atau es melankolis. Kalau lapar, Dolaners bisa coba nasi ijo, cunduk Raminten, bubur kelasworo, ayam koteka, nasi kucing, nasi liwet, atau menu-menu khas the House of Raminten yang lain. Oh ya, dilarang buru-buru kalau niat nongkrong di kafe unik Yogyakarta ini ya, Dolaners. Semua-muanya serba selow di sini.

Alamat: Jl. Faridan Muridan Noto No.7, Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 24 jam
Kisaran Harga: Rp 1.000 – Rp 25.000,-

 

2. Il Tempo Del Gelato

Mau cobain kafe yang lagi hits di Yogyakarta? Ini dia, Il Tempo del Gelato. Namanya ala-ala Italia gitu, ya? Mana ada gelato-gelatonya, pula.

Il Tempo del Gelato, Il Tempo del Gelato Yogyakarta, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Il Tempo del Gelato by maureenatampubolon - Dolan Dolen

Il Tempo del Gelato by maureenatampubolon

Il Tempo del Gelato memang menyediakan gelato enak dengan rasa strawberry, coklat, vanila, nutella, red dragon, mango, green tea, guava, karamel, dan lain-lain hingga total ada 40 varian rasa. Tawaran yang cukup menggiurkan, ya? Tak hanya gelato, Dolaners bisa menikmati beragam kopi nikmat di kafe ini. Bergaya rustic industrial hingga di area interiornya, Dolaners tak hanya dibikin nyaman, tapi juga asik menikmati suasana yang berbeda di Yogyakarta. Plus, kafe ini super duper Instagram-able, Dolaners! You’ll love it!

Alamat: Jl. Prawirotaman No.43, Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga Gelato: Rp 20.000 – Rp 25.000,-

 

 

3. Epic Coffee & Epilog Furniture

Epic Coffee & Epilog Furniture juga salah satu kafe hits di Yogyakarta saat ini. Mengusung style industrial warehouse yang mewah, konsep kafe ini sama uniknya dengan Il Tempo del Gelato.

Epic Coffee & Epilog Furniture, Epic Coffee & Epilog Furniture Yogyakarta, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Epic Coffee Epilog FUrniture via herra 16 - Dolan Dolen

Epic Coffee & Epilog Furniture via herra_16

Namanya aja Epic Coffee, jadi pasti ada kopi enak di kafe ini. Tapi kalau Dolaners lagi mengurangi asupan kafein, bisa pesan smoothies, milkshake, fresh juice, atau yang lain-lain. Setiap hidangan, baik makanan maupun minuman disajikan dengan plating yang epic, sesuai namanya. Tempatnya luas, hidangannya lezat, tak ada yang kurang dari Epic Coffee & Epilog Furniture. Dan kafe ini mendukung buat bikin selfie keren, pula. Kurang apa lagi, coba?

Alamat: Jl. Palagan Tentara Pelajar No.29, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 10.00 – 23.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 17.000 – Rp 160.000,-

 

4. Blanco Coffee And Books

Hello, generasi milenial yang lebih akrab dengan gadget dan Google! Ada yang suka sama perpustakaan? Jangan anggap perpustakaan hanya goa bagi kaum nerdy, apalagi kalau suasananya gaul seperti yang ada di Blanco Coffee and Books.

Blanco Coffee & Books, Blanco Coffee & Books Yogyakarta, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Blanco Coffee Books via blancoyk - Dolan Dolen

Blanco Coffee & Books via blancoyk

Sebenarnya Blanco Coffee and Books bukan perpustakaan, sih. Ini kafe biasa saja, tapi benar-benar memfasilitasi pengunjung yang demen banget ama buku. Rak-rak buku di kafe ini penuh dengan bermacam-macam genre buku yang asik buat dibaca hingga berjam-jam sambil menikmati croissant keju dan secangkir kopi hangat, sehangat suasana kafe yang terasa seperti rumah sendiri.

Alamat: Jl. Kranggan No.30, Kelurahan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 07.00 – 24.30 WIB
Kisaran Harga: Rp 15.000 – Rp 30.000,-

 

 

5. Roaster And Bear

Konsep Roaster and Bear yang klasik dan elegan, kuat dengan elemen kaca dan kayu, membuat kafe ini bisa tampil sangat instagenik. Apalagi ada sebuah boneka beruang besar yang ngegemesin di salah satu sudut kafe, ngejogrog di sana sepanjang waktu seakan mengajak Dolaners wefie.

Roaster and Bear, Roaster and Bear Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Roaster and Bear via fauziemr - Dolan Dolen

Roaster and Bear via fauziemr

Kalau Dolaners cuma mau nongkrong di kafe ini, monggo pesan kopi atau latte-nya Roaster and Bear. Menu-menu makanannya tersedia mulai appetizer, main dish, hingga dessert. Lengkap, bukan? Trus, tempat duduknya nyaman banget, hingga berat rasanya menggeserkan badan kalau sudah pewe. Bakalan lama nih, nongkrong di kafe ini.

Alamat: Jl. P. Mangkubumi No.52, Kelurahan Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta
Jam Buka
Jumat – Sabtu: 07.00 – 24.00 WIB
Minggu – Kamis: 07.00 – 23.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 12.000 – Rp 55.000,-

 

6. Indische Koffie

Kalau Dolaners lagi jalan-jalan di kawasan Benteng Vredeburg Yogyakarta, monggo sekalian mampir ke kafenya, Indische Koffie. Bergaya khas kolonial, nyaris tak ada satu halpun yang tak bisa dikagumi di kafe ini.

Indische Koffie, Indische Koffie Yogyakarta, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Indische Koffie via doniarinova - Dolan Dolen

Indische Koffie via doniarinova

Tahu apa yang bikin betah dari bangunan zaman Belanda? Adem, Dolaners! Arsitekturnya tak hanya mementingkan keindahan bangunan, tapi juga kenyamanan penghuninya. Dibangun untuk menyesuaikan dengan udara tropis, gedung Indische Koffie ini bikin Dolaners betah nongkrong lama karena udaranya yang sejuk dan suasananya yang klasik berkelas. Bagaimana dengan hidangannya? Menu andalan Indische Koffie adalah kopi dengan sirup Kahlua. Hayoo, pengen ke kafe ini?

Alamat: Jl Jend. A. Yani No. 6 Benteng Vredeburg, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan Kota Yogyakarta
Jam Buka: 10.00 – 16.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 6.000 – Rp 180.000,-

 

 

7. Lantai Bumi Coffee & Space

Apa yang menarik di Lantai Bumi Coffee & Space? Semuanya, Dolaners! Sekilas memang tampak sederhana saja kafe ini, tapi saat sudah masuk kamera, hasilnya bisa instagenik banget.

Lantai Bumi Coffee & Space, Lantai Bumi Coffee & Space Yogyakarta, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Lantai Bumi Coffee Space via lantaibumi - Dolan Dolen

Lantai Bumi Coffee & Space via lantaibumi

Tak hanya demi hits di dunia maya, Dolaners cari tempat nongkrong untuk dapat kenyamanan maksimal, bukan? Nah, Lantai Bumi ini bisa jadi pilihan. Meja-meja outdoor-nya asik buat makan dan ngobrol rame-rame. Mau kerja di ruang dalam kafe juga asik. Belum lagi racikan kopinya yang kudu dicobain satu-satu.

Alamat: Pogung baru blok C28, Kelurahan Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 08.00 – 24.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 17.000 – Rp 27.000,-

 

8. Kedai Kopi Mataram

Berada di Jalan Mataram, kedai kopi mengambil nama sesuai lokasinya. Sederhana saja, nyaris tak ada unik-uniknya. Tapi kalau mau nongkrong dan ngobrol gayeng, Kedai Kopi Mataram ini recommended banget, Dolaners.

Kedai Kopi Mataram, Kedai Kopi Mataram Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Kedai Kopi Mataram via tiadez - Dolan Dolen

Kedai Kopi Mataram via tiadez

Kedai kopi yang letaknya paralel sama Jalan Malioboro ini punya koleksi kopi nusantara yang semuanya enak. Ada Java Ijen Robusta, Timor, Papua, gayo, dan masih banyak lagi kopi khas dari daerah-daerah lain yang bakal bikin Dolaners betah nongkrong lama di sini. Masih ada congklak, monopoli, atau permainan lain yang memang disediakan gratis untuk pengunjung.

Alamat: Jl. Mataram No.55, Kelurahan Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta
Jam Buka
Senin – Sabtu: 08.00 -24.00 WIB
Minggu: 08.00 – 01.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 7.000 – Rp 25.000,-

 

Emang gak ada matinya ya, nongkrong di Yogyakarta. Habisnya, semua tempat sepertinya asik aja dipake kumpul-kumpul. Tapi kalau mau pilih-pilih, gak usah bingung lagi nyari tempat paling cozy, cobain dulu kafe-kafe asik tadi.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link