8 Mie Ayam Enak, Pas buat Jajan Kenyang saat Hujan di Yogyakarta

Lagi musim penghujan begini, enaknya makan kenyang, tapi bukan nasi. Mie ayam? Yess! Mie ayam selalu di hati, di manapun berada. Rasa kaldunya, topping yang beragam, dan bisa dipesan ukurannya sesuai kondisi perut. Yang jelas, jajanan berat ini bikin cukup kenyang, menghangatkan badan saat hujan mengguyur tiada henti di Yogyakarta.

1761 views

1. Mie Ayam Depan Hotel Santika

Mie ayam ini emang berlokasi persis di sebrang Hotel Santika Yogyakarta. Biar mudah diingat orang, ya udah deh, dikasih nama Mie Ayam Depan Hotel Santika sama ownernya. Soo simple ya, Dolaners! Sesederhana lokasinya yang menempati trotoar dan beratap tenda, tapi jangan ditanya gimana populernya mie ayam ini di Yogyakarta.

Mie Ayam Santika, Mie Ayam Santika Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Mie Ayam Santika via kulineryogya - Dolan Dolen

Mie Ayam Santika via kulineryogya

Menu mie ayam di kedai ini dihidangkan dengan cincangan daging ayam, dengan kuah dan pangsit basah terpisah di mangkuk berbeda. Perpaduan mie yang gurih lembut dan daging ayam yang manis bener-bener pas di mulut. Pangsit basahnya juga terasa lembut digigit. Tak heran bila pangsit ini bisa ludes hingga 300 mangkok sehari.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.36, Kelurahan Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 12.00 – 22.00 WIB

Alamat Kedai yang Lain:
Jl. Perumnas Ruko Gatic, Seturan
Jl. Kebong Agung km 5 ( selatan Puskesmas Mlati )

Harga: Rp 8.000,-

 

2. Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu

Mau tahu seperti apa rasa favorit mie ayam di Yogyakarta? Cobain Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu. Reputasinya tak hanya nJawani, khas bercitarasa Jawa, tapi juga konon katanya terenak seAsia Tenggara.

Mie Ayam Bu Tumini, Mie Ayam Bu Tumini Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Mie Ayam Bu Tumini via angghiepramujie 1 - Dolan Dolen

Mie Ayam Bu Tumini via angghiepramujie

Mie ayam jumbo, mie ekstra ayam, mie ekstra sawi, dan mie ayam ceker adalah menu-menu mie ayam andalan kedai yang berlokasi di sebelah utara Terminal Giwangan ini. Mie Ayam Bu Tumini terkenal dengan topping ayamnya yang gak pelit. Apalagi cekernya yang empuuuk banget. Kuah kaldunya juga terkenal kental dan gurih. Pantesan lah, kalau sehari mie ayam ini bisa laku sampai 700 mangkok. Banyak buangett!

Alamat: Jl. Imogiri Timur No.187, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 10.00 – 17.00 WIB
Harga: Rp 8.000 – Rp 10.000,-

 

 

3. Mie Ayam Tunggal Rasa “Kotabaru”

Ciri khas Mie Ayam Tunggal Rasa adalah mangkuk pangsitnya yang kriuk dan mie-nya yang berwarna hijau. Ups, jangan mikirin Hulk saat makan mie ayam ini ya, Dolaners.

Mie Ayam Tunggal Rasa, Mie Ayam Tunggal Rasa Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Mie Ayam Tunggal Rasa via zahradhitya - Dolan Dolen

Mie Ayam Tunggal Rasa via zahradhitya

Kalau Dolaners kurang tertarik dengan best selling-nya Mie Ayam Tunggal Rasa yang berwarna hijau ini, masih bisa pesan mie ayam biasa. Semangkuk mie ayam yang dihidangkan di kedai sederhana ini terdiri dari potongan ayam, bakso, sawi hijau, pangsit kering, pangsit basah, dan tentunya mie hijau atau mie putih biasa.

Alamat: Jl. Pringgolayan Gedongan No. 81 Rt 03 Rw 01, Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 08.00 – 19.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 6.000 – Rp 10.000,-

 

4. Mie Ayam Goreng Mekaton, Seyegan

Gak suka mie kuah? Ini yang pas buat Dolaners, Mie Ayam Goreng Mekaton. Lokasinya emang gak persis di pusat Kota Yogyakarta, tapi gampang ditemukan, kok. Dolaners tanya saja sama warga sekitar, pasti dapat jawaban memuaskan. Atau, cari saja kedai mie ayam berukuran kecil di Pasar Sri Katon, dan pembelinya sampai antri berdiri menunggu meja kosong. Kemungkinan besar, Dolaners sudah menemukan Mie Ayam Goreng Mekaton.

Mie Ayam Goreng Mekaton Seyegan, Mie Ayam Goreng Mekaton Seyegan Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Mie Ayam Goreng mekaton Seyegan via jogjaeatguide - Dolan Dolen

Mie Ayam Goreng Mekaton Seyegan via jogjaeatguide

Sampai ngantri gitu? Emang istimewa, sih. Mie yang dihidangkan di kedai ini dibuat sendiri di rumah, dari adonan tepung terigu dan telur bebek. Hasilnya, mie ayam di Seyegan ini lebih besar, dan tercecap rasa lada serta manis yang samar. Topping ayamnya juga nyaris terasa seperti ayam panggang, dan Dolaners bisa tambah atau ganti topping dengan ceker yang gak kalah enak. Jangan lupakan acar timun dan irisan sawinya, ya!

Alamat: Jl. Kebon Agung, Desa Margokaton, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 10.00 – 16.00 WIB
Harga: Rp 10.000,-

 

 

5. Mie Ayam Sendowo Pak Wiyono

Sudah bosan sama topping ayam, bakso, atau ceker? Saatnya Dolaners coba Mie Ayam Sendowo. Mie ayam yang satu ini menawarkan topping kriuk, tapi bukan pangsit.

Mie Ayam Sendowo, Mie Ayam Sendowo Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Mie Ayam Sendowo via widya jelitahati - Dolan Dolen

Mie Ayam Sendowo via widya_jelitahati

Topping kriuk mie ayamnya Pak Wiyono ini berasal dari bakso goreng, yang bersanding gurih dengan daging ayam. Saking besarnya porsi mie ayam ini, bila Dolaners kurang hati-hati saat mengaduk, toppingnya bisa tumpah dan berserakan di meja. Sayang loh, kalau udah begitu.

Alamat: Jl. Sendowo F No.129, Kelurahan Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 10.00 – 17.00 WIB
Harga: Rp 8.000 – Rp 10.000,-

 

6. Mie Ayam Asli Bandung 59

Mengusung nama kota asalnya, mie ayam ini eksis dan hits juga di Yogyakarta. Survivor kan, Dolaners? Jadi, rasanya juga tentu juara.

Mie Ayam Bandung Beskalan, Mie Ayam Bandung Beskalan Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Mie Ayam Bandung Beskalan via jogjacarimakan - Dolan Dolen

Mie Ayam Bandung Beskalan via jogjacarimakan

Mie ayam di kawasan Beskalan ini tersaji dalam beberapa varian berbeda, misalnya mie ayam asin pedas, mie ayam manis pedas, mie ayam manis, dan mie ayam asin. Bingung mau pilih yang mana? Cobain rasa dominan yang Dolaners suka, aja.  Mungkin karena mengakomodasi perbedaan selera yang khas Jawa Barat dan Jawa Tengah, ya. Jadi rasa pedas dan manisnya beneran nendang. Jangan lupa tambah kerupuk oncomnya.

Alamat: Jl. Beskalan No.35, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta
Jam Buka
Selasa – Minggu: 06.00 – 11.00 WIB
Senin: tutup
Harga: Rp 16.000,-

 

 

7. Mie Ayam Grabyas Red Door

Pernah dengar mie setan di Malang? Nah, sepertinya Mi Ayam Grabyas Red Door ini sejenis mie setan, sama-sama suka buka kedai disaat orang-orang mulai tidur nyenyak. Tapi, ternyata pembelinya sudah ngantri duluan bahkan sejak satu jam sebelum kedai di seberang pintu selatan Hotel Inna Garuda ini buka.

Mie Ayam Red Door, Mie Ayam Red Door Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Mie Ayam Red Door via tigstigor - Dolan Dolen

Mie Ayam Red Door via tigstigor

Sampai segitunya, apa sih yang istimewa dari mie ayam ini? Topping grabyasnya, Dolaners. Grabyas adalah kulit ayam yang telah digoreng garing, kemudian dicacah kasar. Saat grabyas ini sampai di mulut, tentu akan muncul sensasi kriuk disela empuknya mie. Cobain juga minuman favorit di kedai ini, es jennifer. Minuman ini dibuat dari perasan jeruk nipis, ditambah sirup dan es. Hmm… segar juga saat bersanding mie ayam dan disantap malam-malam ditengah udara Yogyakarta.

Alamat: Jl. Malioboro No.60, Kelurahan Sosromenduran, Kecamatan Gedong Tengen, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 23.30 – 03.30 WIB
Harga: Rp 13.000 – Rp 18.000,-

 

8. Mie Ayam Bangka Pak Apo

Dari Bangka, Pak Apo jauh-jauh memperkenalkan citarasa mie ayamnya ke Yogyakarta. Dan sukses besar! Mie ayam dengan topping tauge rebus ini laris manis di kota gudeg.

Mie Ayam Bangka Pak Apo, Mie Ayam Bangka Pak Apo Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Mie Ayam Bangka Pak Apo via bubiculinary - Dolan Dolen

Mie Ayam Bangka Pak Apo via bubiculinary

Perpaduan daging ayam dan sayuran bisa jadi alternatif asupan gizi yang lengkap. Kalau bosan dengan mie biasa, Dolaners bisa pesan kwetiaw ayam. Kalau lagi lapar, pesanlah mie ayam ukuran jumbo sehingga Dolaners keluar dari kedai Pak Apo dengan suasana hati riang karena perut kenyang.

Alamat: Jl. Titi Bumi No.139, Kelurahan Banyuraden, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 09.00 – 17.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 6.000 – Rp 18.000,-

 

Tak hanya gudeg, Yogyakarta juga punya mie ayam yang enak-enak. Dan semuanya berbeda! Dolaners tinggal pilih deh, suka yang mana.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link