Bawa Apa Pulang dari Yogyakarta? Coba 8 Oleh-Oleh Kekinian Berikut Ini

Apa jajanan yang paling tenar jadi oleh-oleh dari Yogyakarta? Iya, bakpia memang salah satu pilihan oleh-oleh yang cukup banyak diminati. Tapi hari gini, Dolaners cuma tahu tentang bakpia? Bakpianya saja sudah berkembang jadi beragam varian, apalagi jenis jajanan lain yang bisa dipilih. Mau tahu Dolaners bisa bawa pulang jajanan apa saja? Yuk, pilih-pilih, yuuk..

1874 views

1. Jogja Scrummy

Baru setahunan, Jogja Scrummy langsung ngehits. Jajanan yang dipopulerkan salah seorang artis ibukota ini langsung jadi ikonik di Yogyakarta.

Jogja Scrummy, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Jogja Scrummy via feraoofera - Dolan Dolen

Jogja Scrummy via feraoofera

Jogja Scrummy adalah kombo brownies kukus dan pastry. Penasaran seperti apa perpaduan keduanya? Tunggu dulu, Dolaners. Masih ada varian rasa coklat, srikaya, keju, karamel, mangga, dan taro. Nah, apa gak tambah bingung mau coba yang mana, tuh? Eits, tunggu lagi. Masih ada Premium Carrot Cake yang berbahan dasar wortel dengan lima pilihan rasa, frosting cheese, coklat, karamel, kacang, dan keju. Yang patut diacungi jempol, semua produk ini dibuat tanpa bahan pengawet. Udah sehat, enak, pula. Duh, bingung kan, pilih yang mana, ya?

Alamat: Jl. Wongsodirjan No.22, Kelurahan Sosromenduran, Kecamatan Gedong Tengen, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 24 jam

Alamat Outlet Kaliurang: Ruko Cakra Kembang, Jl. Kaliurang KM. 5,5 No. 44, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

Alamat Outlet Adi Sucipto: Jl. Laksda Adisucipto No.75, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB

Alamat Outlet Malioboro: Kelurahan Sosromenduran, Kecamatan Gedong Tengen, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

Alamat Outlet Katamso: Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

Kisaran Harga: Rp Rp 45.000 – Rp 68.000,-

Lihat Detail

 

2. Mamahke Jogja

Mamahke Jogja ini konsepnya sama persis dengan Jogja Scrummy. Sama-sama dipopulerkan artis ibukota juga, Dolaners.

Mamahke Jogja, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners mamahke Jogja via  meizda - Dolan Dolen

Mamahke Jogja via _meizda

Masih berkonsep mengawinkan dua tipe kue, Mamahke Jogja ini kombinasi bolu dan puff pastry. Rasa-rasanya juga beragam, ada tiramisu, green tea, double coklat, choco banana, red velvet, dan keju. Pengin? Siap-siap ngantri saat beli di outletnya ya, Dolaners. Gak ada sepinya, sih!

Alamat: Jl. Taman KT 1 329, Kelurahan Patehan, Kecamatan, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 55.000 – Rp 60.000,-

 

3. Bakpia Kencana Bakery

Wajib bawa bakpia kalau pulang dari Yogyakarta? Bakpia Kencana biasanya masuk salah satu opsi. Kelembutan bakpia ini saat lumer di mulut emang khas banget.

Bakpia Kencana, Bakpia Kencana Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bakpia Kencana by c thoeng - Dolan Dolen

Bakpia Kencana by c_thoeng

Disamping tekstur yang lembut, Bakpia Kencana juga menggoda karena pilihan rasanya yang bermacam-macam, seperti ubi ungu, green tea, keju, coklat, dan lain-lain. Disamping bakpia, biasanya Dolaners juga bisa mendapati yangko dan wingko, jajanan khas Yogyakarta yang lain. Bakpia Kencana ini bisa diperoleh di beberapa outlet berbeda. Salah satunya ada di Bakpia Kencana Bakery yang berlokasi di kawasan Pakuncen, Wirobrajan. Kalau ada beberapa pilihan outlet, artinya Dolaners bebas antri. Tinggal pilih outlet yang sepi. Gampang, kan?

Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto No.16, Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 42.000 – Rp 55.000,-
Bakpia Kencana Jogja Outlets
Jl. Wates Km 6
Jl. Adisucipto 17
Jl. Jogja-Magelang 23
Airport Adisucipto

 

4. Bakpiapia

Bakpiapia. Namanya aja udah lucu kan, Dolaners? Apalagi tampilan bola-bola bakpianya, yang dihias dengan topping bermacam-macam. Duh, ngegemesin banget, deh! Cuma satu ini bakpia pake topping segala.

Bakpiapia, Bakpiapia Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bakpiapia via ceritamakan - Dolan Dolen

Bakpiapia via ceritamakan

Beda dari bakpia khas Yogyakarta kebanyakan yang rata-rata kuat dirasa manis, Bakpiapia mengandalkan pilihan rasa-rasa gurih dalam produknya. Misalnya saja, bakpia rasa tuna pedas, peda ijo, brokoli keju, atau abon. Tuh, bikin penasaran aja kan, seperti apa rasanya. Tapi kalau Dolaners lebih suka jajanan bercitarasa manis, jangan kuatir. Bakpiapia juga punya ampyang, jajanan tradisional yang terbuat dari kacang dan gula Jawa. Ampyang ini juga tersedia dalam rasa coklat atau jahe. Banyak banget deh, varian rasa di Bakpiapia. Entah Dolaners bakal galau milih rasanya apa wujudnya.

Alamat: Jl. Mataram, Kelurahan Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 33.000 – Rp 45.000,-
Bakpiapia Outlets
Jl. Kaliurang Km 5,2
Jl. Cendrawasih komplek Colombo no. 4
Jl. Dagen no. 7
Ruko Bayeman Permai No. 4
Ambarukmo Plaza Yogyakarta

 

5. Bakpia Kurnia Sari

Kalau dilihat sekilas dari bungkusnya, Bakpia Kurnia Sari memang kurang menarik. Tapi setelah Dolaners incip satu gigit saja, dijamin deh, bakal susah berhenti.

Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Kurnia Sari Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bakpia Kurnia Sari via bakpia kurniasari - Dolan Dolen

Bakpia Kurnia Sari via bakpia_kurniasari

Kulit bakpia ini tipis dan garing. Pilihan rasanya ada kacang hijau, mede coklat, tiramisu, susu, green tea, kopi, dan masih banyak lagi. Mau tahu yang paling disukai banyak orang? Ukuran tiap pianya lebih gede! Siapa yang tak suka, coba. Makanya, don’t judge the book by the cover. Setuju, Dolaners?

Alamat: Jl. Glagahsari No.91C, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 08.00 – 18.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 37.000 – Rp 48.000,-
Bakpia Kurnia Sari Outles
Jl. Glagahsari No. 112
Jl. Ringroad Utara Pogung

 

6. Omahe Bakpia

Kalau mau puas pilih-pilih dan belanja bakpia buat oleh-oleh, Omahe Bakpia bisa jadi jujugan yang tepat, Dolaners. Di sini ada Bakpia Lumer yang punya rasa durian kental, bakpia spesial rasa peuyeum, bakpia telo ungu, serta bakpia rasa-rasa, yaitu rasa kacang ijo, original, keju, dan coklat.

Omahe Bakpia, Omahe Bakpia Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Omahe Bakpia via travelumroharyatimalang - Dolan Dolen

Omahe Bakpia via travelumroharyatimalang

Masih ada pula bakpia lain, yaitu bakpia vakum yang bisa tahan hingga tiga bulan dan bakpia unyil. Jajanan lain juga banyak, Dolaners bisa puas deh belanja oleh-olehnya di sini.

Alamat: Jl. Mangunegaran Kidul No.18, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 08.00 – 21.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 25.000 – Rp 45.000,-

 

7. Bakpia Molek Crispy, Bakpia Pathok 25 Punya

Siapa tak kenal Bakpia Pathok 25. Bakpia yang satu ini seolah-olah telah menjadi oleh-oleh wajib siapapun yang pulang dari Yogyakarta. Tapi apa ya tak bosen kalau oleh-olehnya Bakpia Pathok, Bakpia Pathok lagi.

Bakpia Pathok 25, Bakpia Pathok 25 Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bakpia Pathok 25 via iqbal abu - Dolan Dolen

Bakpia Pathok 25 via iqbal_abu.asyura

Eits, jangan salah. Sekarang Bakpia Pathok punya produk andalan, Bakpia Molek Crispy. Tekstur dan rasa bakpia keluaran terbaru ini lebih crunchy. Yuk, angkut! Angkut, dah.

Alamat: Jl. AIP II KS Tubun Blok NG I No. 504, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 08.00 – 24.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 35.000 – Rp 50.000,-

 

8. Chocolate Monggo

Bukan bakpia, tapi tak kalah manis. Yup, oleh-oleh khas dari Yogyakarta yang ini berupa coklat. Sama seperti kalau Dolaners pulang dari Belgia, coklat adalah pilihan oleh-oleh khas dari negara ini. Nah, kali ini dari Yogyakarta, tapi oleh-olehnya coklat khas Jogja.

Chocolate Monggo, Chocolate Monggo Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Chocolate Monggo via chocolatemonggo - Dolan Dolen

Chocolate Monggo via chocolatemonggo

Produk yang 100% hasil dalam negeri ini dibuat dari biji coklat Jawa, Sulawesi, dan Sumatera. Pilihan rasanya juga kaya banget. Selain pastinya ada dark chocolate, Dolaners bisa pilih coklat rasa rendang, jahe, kayu manis, dan lain-lain. Pilihan kemasannya juga beragam, mulai yang ukuran kecil sampai yang cukup besar. Yang satu ini sepertinya pilihan oleh-oleh spesial buat kekasih hati, nih. Betul tidak, Dolaners?

Alamat: Jl. Dalem KG III / 978, Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 37.000 – Rp 125.000,-

 

Sudah siap mau mampir ke mana dan borong apa buat oleh-oleh, Dolaners? Pilihan oleh-oleh biasanya disesuaikan dengan tak cuma budget, tapi juga untuk siapa oleh-olehnya akan berpindah tangan. Misalnya, bakpia rasa original akan lebih mudah diterima oleh oma opa, sedangkan jajanan yang lebih inovatif cenderung disukai oleh orang-orang yang suka coba-coba kuliner baru. Selamat belanja oleh-oleh, ya!

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link