Cobain Yuk, 7 Kuliner Pedas Harga Pas di Yogyakarta Ini

Siapa sih yang gak suka sambel? Kalaupun gak suka pedes, sambel masih bisa dibikin dengan satu atau dua biji cabe. Tapi bagi yang doyan pedes, makan tanpa sambel pasti terasa ada yang kurang. Racikan cabe bernama sambel ini memang bisa ditambahi atau dikurangi bahannya sesuai selera. Mau tahu bedanya ketujuh sambel di Yogyakarta berikut ini? Yuk incip-incip!

1836 views

1. Warung Sego Sambel Korek Mbok Cempluk

Warung Sego Sambel Korek Mbok Cempluk emang punya tampilan sederhana, baik di Yogyakarta maupun Bali, tapi rasanya luar biasa. Warung yang di Yogyakarta ini dibuka menyusul seniornya yang ada di Bali. Dan keduanya sama-sama punya andalan rasa sambel yang maknyus.

Warung Sego Sambel Korek Mbok Cempluk, Warung Sego Sambel Korek Mbok Cempluk Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Sego Sambel Korek Mbok Cempluk via ogjaeatguide - Dolan Dolen

Warung Sego Sambel Korek Mbok Cempluk via ogjaeatguide

Warung Sego Sambel Korek Mbok Cempluk ini menghadirkan citarasa sambel korek rumahan yang khas. Pas saat Dolaners kangen sambel korek bikinan rumah. Apalagi disantap dengan nasi uduk anget, lengkap dengan bebek gorengnya yang empuk. Hmm… kenikmatan dunia tiada duanya.

Alamat: Desa Sidomoyo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman
Jam Buka
Sabtu – Kamis: 11.00 – 21.00 WIB
Jumat: tutup
Kisaran Harga: Rp 6.000 – Rp 25.000,-

 

2. Dapur Sambal

Dolaners penyuka makanan nusantara? Tentu harus makan dengan sambel, kan? Nah, kalau mau nemu aneka macam sambel, dateng aja ke Dapur Sambal. Emang Dapur Sambal bisa dijumpai di berbagai kota, termasuk di Yogyakarta.

Dapur Sambal, Dapur Sambal Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Dapur Sambal via dapursambal jogja - Dolan Dolen

Dapur Sambal via dapursambal_jogja

Dapur Sambal meghidangkan pilihan lauk babat, ayam goreng, bebek goreng, lele goreng, nila goreng, dan tentunya belasan macam varian sambel. Jangan lupakan sayuran yang semua diolah dengan bumbu tradisional, seperti oseng daun pepaya, gudangan, sayur asem, dan lain-lain. Kerennya lagi, Dapur Sambal ini berani ngasih harga saaaangat bersahabat untuk kenikmatan makanan yang gak kalah sama resto-resto beken.

Alamat
Jl. Melati Wetan No.25, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Jl. Ibu Ruswo No.7, Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 1.500 – Rp 22.000,-

 

 

3. Bale Sambal Sutomo

Namanya juga Bale Sambal, tentu menu andalannya ya sambel. Restoran keluarga yang berlokasi di kawasan Dr. Sutomo ini memang pas jadi jujugan makan rame-rame sekeluarga.

Bale Sambal Sutomo, Bale Sambal Sutomo Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bale Sambal Sutomo via raffiandaru - Dolan Dolen

Bale Sambal Sutomo via raffiandaru

Kesan rumahan memang tampak dari tampilan restonya, yang sepertinya renovasi rumah tinggal biasa. Jadi semangat kan, makannya. Tatanan hidangannya juga rapi, seneng juga lihat pilihan menu saat lapar udah maksimal. Daaan… Bale Sambal ini menjanjikan sambel yang pedasnya luar biasa. Kudu dicoba nih buat penggemar pedes-pedes yang sejati!

Alamat: Jl. Dr. Sutomo No.23, Kelurahan Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 10.00 – 23.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 3.000 – Rp 25.000,-

 

4. Waroeng SS Spesial Sambal

Dolaners tentu sudah kenal akrab dengan Waroeng SS Spesial Sambal. Meskipun bila Dolaners bukan penggemar sambel, nama warung ini sudah tersebar dan tenar di berbagai kota, termasuk di Yogyakarta.

Waroeng SS Spesial Sambal, Waroeng SS Spesial Sambal Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Waroeng SS Spesial Sambal via masclink kulineran - Dolan Dolen

Waroeng SS Spesial Sambal via masclink_kulineran

Asli dari Yogyakarta, tak heran bila Waroeng SS Spesial Sambal punya cabang buanyak banget di daerah ini. Memang Dolaners bisa menikmati sambelnya warung ini di berbagai kota, tapi mumpung ada di Yogyakarta, kenapa ga cobain langsung di tempat asalnya?

Alamat
Jl. Kaliurang Km. 12.5, Dusun Candisari, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman
Jl. Raya Bantul Km. 6, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul
Jl.Kaliurang Km 3, Barat Graha Saha Pramana UGM, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman
Jl. Perumnas, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Timur Perempatan Ringroad Utara, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jl. Pandega Marta, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman
Jl. Kaliurang Km 12.5, Besi, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman
Jl. Kusumanegara (selatan SGM), Kadipaten Pakualaman, Kota Yogyakarta
Jl. Monjali, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman
Jl. Palagan Tentara Pelajar no. 7, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman
Jl. Ringroad Utara (200mt barat POLDA DIY), Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jl. Samirono Baru (depan GOR UNY), Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Jl. MT Haryono No 5, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta
Jl. Godean Km 5.5, Godean, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman
Jl Babarsari (Samping SMA Babarsari), Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jl Veteran No 122, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Jl. Baron km. 1, Desa Siraman, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul
Jl. Kyai Mojo no. 68A, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta
Gang Megatruh No. 5, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 1.500 – Rp 12.500,-

 

 

5. Ayam Goreng Spesial Lombok Idjo

Menu sambel yang dihidangkan oleh Ayam Gorreng Spesial Lombok Idjo kental banget dengan citarasa Jawa Tengahan. Ya, asalnya saja dari Semarang. Pas buat Dolaners yang suka sambel manis.

Lombok Idjo, Lombok Idjo Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Lombok Idjo via shofiarmakan - Dolan Dolen

Lombok Idjo via shofiarmakan

Tak hanya sambelnya, lauk pauk pendamping nasi yang dihidangkan Lombok Idjo juga khas Jawa banget. Didukung oleh suasana resto yang menonjolkan suasana pedesaan Jawa Tengah, menikmati ayam goreng dan sambelnya yang khas jadi terasa istimewa. Dan tak harus ke satu lokasi, karena ada dua cabang Lombok Idjo di Kota Yogyakarta.

Alamat
Jl. Laksda Adisucipto No.22, Kelurahan Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Jl. P. Diponegoro No.64, Kelurahan Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 10.00 – 21.30 WIB
Kisaran Harga: Rp 3.000 – Rp 55.000,-

 

6. Sambel Layah

Sambel Layah sama tenarnya dengan Waroeng SS Spesial Sambal. Emang kalau sudah doyan sambel, tak lengkap rasanya makan tanpa racikan cabe ini.

Sambel Layah, Sambel Layah Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Sambel Layah via kulinersist - Dolan Dolen

Sambel Layah via kulinersist

Mengklaim sebagai warung makan yang dahsyat dan fenomenal, Sambel Layah memilih nama sederhana yang mudah diingat. Layah, sebagai tempat meracik atau menguleg sambel Jawa, adalah perkakas dapur sederhana yang terbuat dari tembikar atau batu. Meskipun sederhana, perkakas ini penting banget karena fungsinya juga bisa untuk meracik atau menguleg bumbu berbagai masakan. Sama seperti sambel, sederhana tapi penting. Dan sesuai klaimnya, sambel warung makan ini memang dahsyat dan fenomenal.

Alamat: Jl. Babarsari No.48C, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 09.00 – 22.00 WIB

Alamat: Jl. Kaliurang KM.8,5, Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB

Alamat: Jl. Pramuka No.117, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 09.00 – 21.15 WIB

Alamat: Jl. Letjen Suprapto No. 73-74, Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 08.00 – 21.00 WIB

Alamat: Jl. Godean KM 8.8, Desa Sidokarto, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 09.00 – 22.00 WIB

Alamat: Jl. Bantul, Kabupaten Bantul
Jam Buka: 09.00 – 21.30 WIB

Kisaran Harga: Rp 500 – Rp 18.000,-

 

 

7. Sambal Belut Pak Sabar

Sambal belut ini termasuk kuliner unik, atau malah dibilang kuliner ndeso. Sambelnya terbuat dari belut goreng tanpa duri, yang kemudian diuleg dengan bawang putih, kencur, garam, dan cabai. Yang jelas, sambel welut bikinan Pak Sabar ini mak nyuss!

Sambal Belut Pak Sabar, Sambal Belut Pak Sabar Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Sambal Belut Pak Sabar via andhikanugraheni - Dolan Dolen

Sambal Belut Pak Sabar via andhikanugraheni

Sambel welut disantap bersama nasi putih hangat, dengan lalapan daun kemangi dan mentimun. Perpaduan gurih belut dan pedasnya? Passs banget! Dan masih ada lauk-lauk lain yang bisa dicoba, seperti oseng belut, belut goreng, ikan gabus goreng, ikan gabus oseng, dan wader goreng.

Alamat: Jl. Imogiri Barat, Km. 6, Dusun Dokaran, Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 5.000 – Rp 50.000,-

 

Yuuuk meluncur ke lokasi! Udah pengen aja kan, bawaannya kalau lihat sambel. Memang sedikit rasa pedas akan meningkatkan selera makan, makanya isi piring selalu tandas kalau ditemenin sambel. Betul tidak, Dolaners?

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link