18 Kuliner Terpopuler di Malang Yang Paling Wajib Dolaners Kunjungi

Malang seakan memang surganya destinasi wisata, ada banyak tempat wisata mulai dari pantai, perbukitan, hiburan kota dan tak ketinggalan wisata kulinernya. Jika membahas mengenai kuliner, tentu ada banyak variasi makanan mulai dari yang tradisional, barat, timur tengah hingga italia dan lainnya. Banyak loh Guys! Kalau Dolaners berkunjung ke Malang jangan lewatkan beberapa daftar tempat makan enak di Malang ini karena memang ciri khasnya yang tidak akan ditemukan di Kota lainnya. Nah, apa aja sih kuliner di Malang yang pantang dilewatkan? Yuk hunting kuliner di Malang bersama Dolaners lainnya!

8271 views

1. Lapis Malang Jajanan Baru Kota Malang Pas Untuk Oleh-Oleh

Lapis Malang

Udah tahu kuliner hits di Malang saat ini? Bukan kue, tapi cake. Namanya Lapis Malang. Kalau dari namanya saja, ekspektasi Dolaners tentunya cake ini punya lebih dari satu lapis atau layer. Yup, tepat sekali!

Bagian cake-nya lembut dan beberapa varian punya lebih dari satu lapisan cake. Mayoritas cake-nya coklat, tapi ada juga yang dipadu dengan lapisan lain yang memiliki rasa vanila cukup kuat. Tahu perpaduan rasa coklat dan vanila? Sedap, bukan? Belum lagi tekstur cake yang lembut dikunyah, toddler and senior citizen friendly, deh. Eits, tapi jangan salah. Yang muda-muda, mahasiswa, pelajar, hingga para pekerja sekalipun suka rasa cake ini. Tak heran, para bunda sering jatuh hati pada Lapis Malang karena bisa jadi oleh-oleh yang cocok untuk seluruh anggota keluarga.

2. Mom Milk - Milk for Better Health

Mom Milk Malang

Kalau Dolaners sudah ke Mom Milk di Jakarta Barat, Bekasi, Tangerang, Semarang, atau Solo, kini saatnya mampir ke Mom Milk Malang. Cabang Malang ini baru dibuka beberapa bulan, tapi suasana kafenya langsung terasa homey banget.

Satu konsep sama namanya, Mom Milk Malang seakan ingin memberi kesan rumahan dalam tampilan kafenya. Bertempat di sebuah rumah tinggal , kesan yang Dolaners dapat saat pertama kali melangkahkan kaki di halamannya adalah feeling homey. Dihiasi dengan dekorasi unik, bagian depan kafe disetting untuk spot makan outdoor. Kalau siang mungkin tampak biasa saja, tapi saat malam dan lampu-lampunya mulai dinyalakan, suasananya bisa sangat romantis.

3. Siomay Jones, Siomay Rasa-Rasa Pertama di Indonesia!

Sate Siomay Bakar

Siomay Bakar Jones - Kota Malang

Bukan sembarang siomay tapi Siomay Jones ini adalah tempat nongkrong asyik yang mesti Dolaners coba. Siomay Jones adalah sebuah tema dari tempat makan siomay yang sudah populer di Kota Malang. Lokasinya yang berada tepat belakang kampus Brawijaya sehingga sangat mudah diakses yang lebih tepatnya di jl. Kertoraharjo no. 2 pada gang Ketawanggede itu membuat makanan disana sangat laris dikerumuni konsumen. Tentu tidak susah mencari tempat ini dan selain tempatnya yang mudah ditemukan harganya pun taka akan mengempiskan kantong Dolaners.

Bedanya siomay di tempat ini dan siomay di tempat lainnya adalah keunikan pada macam rasa dan ukurannya. Ukuran yang jumbo membuat perut Dolaners penuh dengan makanan spesial ini apalagi ketika disantap dengan sabal kacangnya yang begitu mewarnai cita rasa yang sangat enak. Saat dinikmati dalam keadaan masih hangat akan terasa sangat nikmat dengan ragam sajian siomay yang bisa Dolaners pilih sesuka hati seperti sioay keju, siomay pedas, siomay goreng dan lainnya. Beda lagi kalau dinikmati saat panas seperti rasa yang melekat dalam siomay goreng, maka rasa kenyal dalam teksturnya dengan balutan tepung panir goreng seperti makan mochi tanpa isi.

4. Warsu: Warung Susu di Malang yang Ramah Kantong Mahasiswa

Warsu Malang 2

Warsu Malang 2

Yang mahasiswa mana suaranya? Yang mantan mahasiswa, pasti tahu juga gimana saat kantong cekak tapi tuntutan makan bergizi tetap kudu terpenuhi. Thanks to WarSu (Warung Susu) Malang, yang bikin dilema ini menguap sirna. Dengan harga yang tak menguras kantong, Dolaners bisa menjaga badan tetap ternutrisi.

Namanya juga WarSu (Warung Susu), jadi kafe ini menyediakan menu-menu yang sebagian besar berbahan dasar susu. Tak tanggung-tanggung, dalam setiap menu yang disajikannya setiap hari, WarSu (Warung Susu) selalu menggunakan susu segar. Campuran potongan buah yang digunakan juga tak kalah segar. Disamping susu panas, susu dingin, yogurt, milkshake atau dessert yang susunya terasa kental banget, Dolaners masih bisa pesan menu non-susu, misalnya steak, snack, atau makanan berat yang menyertakan nasi.

5. Bunch Bead: Spesial Cake in Jar Lezat dan Unik

Bunchbead Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners

Bunchbead Malang via bunchbead

Menikmati seporsi dessert segar, ada rasa manis yang dingin mengguyur kerongkongan, siapa sih yang nolak? Belum lagi bila harganya juga cukup ramah di kantong. Plus, suasana kafe yang nyaman dan bikin betah buat ngobrol berlama-lama dengan kawan dan sahabat. Rasanya gak pingin segera beranjak, kan? Kalau lapar, gimana? Tinggal order makanan yang lebih berat aja! Nah, kalau mau mencicipi kenikmatan seperti ini, ya di Bunchbead Malang dong, tempatnya.

6. Menyantap Soto Banjar di Warung Ala Cafe Acil Galuh Malang

Warung Acil Galuh, Warung Acil Galuh Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners

Warung Acil Galuh via haloacilgaluh

Soto. Makanan berkuah gurih ini nikmat dilahap saat masih hangat, apalagi saat cuaca mendung atau bahkan hujan tanpa henti. Dan tak sekedar soto, yang paling pas buat mengisi perut sampai kenyang adalah soto banjar. Tak perlu jauh-jauh ke Kalimantan, di Kota Malang sudah ada Warung Soto Banjar yang terkenal bikin nagih dan balik, Warung Acil Galuh.

Warung Acil Galuh berkembang dari sebuah jasa katering 27 tahun silam. Warung Soto Banjar ini kini menjadi favorit penggemar soto banjar di Kota Malang karena kualitasnya yang bertahan selama sekian puluh tahun. Ditambah pula, racikan soto banjarnya diracik khusus hingga sesuai dengan selera lidah Malang. Seporsi Soto Banjar Acil Galuh  berisi suwiran daging ayam, bihun, dan teluar ayam. Penyesuaian dengan selera Malang misalnya, tak ada lagi tambahan susu kental manis ke dalam kuah Soto Banjar Acil Galuh. Soto banjar di Warung Acil Galuh ini dihidangkan dengan ketupat, serta tak ketinggalan pula, perkedel yang sudah dipotong-potong. Kalau ketupat, mungkin Dolaners sudah terbiasa dengan rasa lontong. Teksturnya aja beda dikit. Tapi kalau perkedel, mungkin terasa baru ketika teksturnya sudah lumat di dalam kuah soto. Uniknya, tetep enak!

7. Cireng Saus Rujak, Menu Andalan Mamacis Kitchen Malang

Mamacis Kitchen, Mamacis Kitchen Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners

Mamacis Kitchen via mamaciskitchenofficial

Siapa sih, yang tega nolak jajanan enak yang satu ini? Cireng, aci digoreng, kini bukan cuma milik Jawa Barat. Dolaners bisa menikmati jajanan tradisional ini di berbagai kota. Tapi kalau lagi di Malang, cobain bikinan Mamacis Kitchen, deh.

Adonan utama cireng emang cuma tepung kanji. Tapi cireng bikinan Mamacis Kitchen bener-bener bikin nagih, gak alot sama sekali. Tak hanya cireng, Mamacis Kitchen mengembangkan kreativitas dapurnya dengan menciptakan tahu tuna. Tahu yang diisi dengan tuna segar ini rasanya nendang, dengan rasa tuna yang kuat. Kedua jajanan andalan Mamacis Kitchen ini udah enak disantap langsung saat masih hangat-hangat, baru diangkat dari penggorengan. Tapi kalau Dolaners suka, boleh siram sama sausnya. Dan tak cuma satu! Dolaners bisa pilih mau pakai saus keju atau saus rujak. Penyuka citarasa tradisional mungkin akan lebih tertarik sama saus rujak yang asam manis. Tapi kalau Dolaners suka petualangan kuliner, cobain saus kejunya, deh. Hmm... Gurrriiihhh!!

8. Ice Ah! Oase di Tengah Kota Malang

Ice Ah! via iceah.id

Ice Ah! via iceah.id

Dijamin, gak ada yang nolak jajanan yang satu ini. Adem, seger, manis, apalagi kalau harganya terjangkau. Yup, Kota Malang punya loh, ice cream shop yang kece seperti ini. Ice Ah!

Ice Ah!, persis seperti namanya, adalah ice cream shop yang menyajikan berbagai varian ice cream dan gelato. Ice cream yang ditawarkan gak cuma ice cream biasa, tapi Dolaners bisa pilih yang popsicle, frozen yogurt, ice cream pan, atau sorbet.

9. Yang Wajib Untuk Pecinta Mie - Mie Kudusan

Mie Kudusan, Mie Kudusan Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners

Mie Kudusan via siancheling

Mie pangsit. Kudapan yang satu ini emang udah populer di Kota Malang sejak dulu kala. Bahkan bisa dibilang, popularitas mie pangsit bersaing ketat dengan bakso. Makanya, banyak tempat makan yang menyajikan mie pangsit, sama seperti banyaknya kedai bakso yang bisa dijumpai di Malang. Tapi begitu Dolaners ketemu sama mie pangsitnya Mie Kudusan, bisa-bisa Dolaners balik ke Malang cuma buat mampir ke restonya.

Berawal dari sebuah depot mie pangsit sederhana di Jalan Kudusan pada tahun 1970-an, kini Dolaners bisa menikmati semangkuk Mie Kudusan di resto yang nyaman. Tak hanya satu, tapi terdapat dua resto Mie Kudusan di Kota Malang. Kedua resto ini punya dekorasi khas Mandarin, dengan warna merah yang semarak hangat. Lokasi kedua resto Mie Kudusan ini terpisah lumayan jauh, jadi Dolaners bisa pilih resto terdekat tanpa perlu keliling kota menuju satu lokasi.

10. Jank Jank: Spesial Chicken Wings Berbagai Rasa Murah Meriah

Jank Jank Wings, Jank Jank Wings Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners

Jank Jank Wings via faishal45

Chicken Wings! Hmm kudapan yang satu ini enak banget buat temen nongkrong dan ngobrol ngalor ngidul. Masih enak juga buat lauk makan nasi. Apalagi chicken wings-nya Jank Jank Wings. Saat cuaca gerimis dingin-dingin di Malang, melahap Jank-Jank Wings dengan sausnya yang melimpah ruah bisa jadi hobi baru, nih!

Resto Jank Jank Wings berada di area Kota Malang yang cukup ramai. Memang bukan area kuliner, tapi karena membludaknya penikmat kuliner di Malang, apalagi dari kalangan mahasiswa, area di sekitar Jalan Bunga Coklat jadi ramai dengan berbagai pilihan kedai, resto, dan kafe yang kekinian. Salah satunya Jank Jank Wings. Resto chicken wings ini mudah ditemukan karena dominasi warna hijau pekatnya. Restonya sederhana saja, bahkan mungkin Dolaners bisa kehabisan tempat duduk saat Jank Jank Wings sedang ramai-ramainya. Bangku meja kayu di ruangan semi outdoor Jank Jank Wings bisa nyaris tak kelihatan lagi saking ramainya pengunjung.

11. Gedhang Ganteng, Cafe-nya Pecinta Kuliner Olahan Pisang Di Malang

Gedhang Ganteng, Gedhang Ganteng Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners

Gedhang Ganteng via gantenggroup

Bisa seganteng apa sih, yang namanya pisang? Iyaa, buah pisang yang nyaris selalu ada di rumah. Berawal dari grup Ganteng, Mas Husni dan Mas Rofif punya ide kreatif mengemas buah sederhana rumahan ini jadi keren. For your info, kalau belum tahu nih, gedhang itu Bahasa Jawanya pisang. Jadi ya, karena mas-mas yang ganteng ini, bukan cantik, hadirlah Gedhang Ganteng yang nikmat di Kota Malang sejak hampir tiga tahun yang lalu.

Menobatkan restonya sebagai the House of Banana, Gedhang Ganteng mengusung bahan dasar pisang sebagai menu andalannya. Sebutlah Banana Boat, Gedhang Bakar, Gedhang Kempit, Gehang Semiran, Banana Delight, Banana Shake, atau Freezing Banana. Semua menu-menu ini menggunakan pisang sebagai main ingredient-nya yang kemudian diracik menarik dan enak dengan berbagai topping saat dihidangkan. Memang, tak hanya warna yang memikat, tapi menu-menu pisang di Gedhang Ganteng juga punya rasa yang muwwantab.

12. DW Coffee Shop Manjakan Lidah Para Pencinta Kopi

DW Coffee Shop, DW Coffee Shop Malang, Kota Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners

DW Coffee Shop via faishal45

Cintailah produk-produk dalam negeri. Tagline ini sepertinya sudah familiar banget di telinga ya, Dolaners. Meskipun bukan tagline-nya, DW Coffee Shop mengamalkan semangat cinta produk dalam negeri ini. Setiap cangkir kopi yang dihidangkan di meja kayunya diracik dari biji kopi yang tumbuh subur di kawasan Malang. Sebut saja lereng Gunung Arjuno atau Gunung Kawi yang menghasilkan biji kopi berkualitas, atau perkebunan kopi di Dampit, Pujon, Karang Ploso, dan wilayah-wilayah lain di Malang yang subur ditumbuhi pohon-pohon kopi.

Produksi kopi yang melimpah, hingga ribuan ton, di Malang sejalan dengan kecintaan DW Coffee Shop pada kopi. Berkembang sejak tahun 2011 dari sebuah booth kecil, kini DW Coffee Shop hadir dengan konsep kafe di Kota Malang. Tampil beda dengan dominasi materi kayu vintage di kafenya, DW Coffee Shop menghadirkan sua

13. KEDAISHI: Kedai Food & Dessert ala Jepang

Kedaishi, Kedaishi Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners

Kedaishi via yanpralampitop

Namanya Kedaishi. Yup, udah ketebak kan, ini kedai makanan Jepang? Dolaners yang doyan banget sama masakan Jepang wajib tahu tentang kedai kece di Kota Malang ini. Kenapa? Karena makanan-makanan enak yang ditawarkannya terjamin halal, dan kedainya juga asik buat makan rame-rame.

Berlokasi di kawasan kuliner terkenal di Kota Malang, Kedaishi tampil beda dari jajaran kedai di sepanjang Jalan Pulosari. Berkonsep industrialis dengan dominasi warna putih, Kedaishi tampil clean and chic. Suasana kedainya nyaman buat kumpul-kumpul, nongki asik bareng teman-teman, atau bahkan menghabiskan quality time bersama keluarga. Apalagi sambil mengudap takoyakinya yang enak, tak terasa waktu bergulir cepat di Kedaishi.

14. Menikmati Manisnya Croqnesh dan Nasi Goreng Rawon di Kauri Kitchen

Cafe & Resto Kauri Kitchen, Kota Malang

Suasana santai di Kauri Kitchen, Malang

Kuliner sempol memang sedang menjamur di Malang, beragam jenis pedagang berlomba memamerkan karya masakannya.Tak terkecuali di Kauri Kitchen, disini Dolaners akan menemukan berbagai macam masakan khas chef yamg dikemas ciamik namun dengan harga yang tidak mencekik. Selain menu yang ditawarkan, Dolaners juga dapat berfoto ria di Kauri Kitchen, karena tempatnya yang instagenic dan terdapat mini golf membuat rasa bosan menunggu masakan datang menjadi hilang. Konsep kayu yang coba ditonjolkan dari Kauri Kitchen Malang akan menjadikan sensasi yang berbeda untuk Dolaners yang mampir ke tempat ini.

15. Nuansa Jepang di Saboten Shokudo Malang

Saboten Shokudo, Saboten Malang, Malang, Kota Malang, Saboten, Dolan Dolen, Dolaners

Saboten Shokudo via beth_dhan

Saboten Shokudo menghias kedainya khas dengan pernak pernik ala Jepang. Menarik, tapi bukan ornamen yang membuat Saboten Sokudo banyak pengunjung. Bahkan interiornya semakin mengakomodasi kebutuhan pengunjung yang beragam. Ada tempat makan lesehan, ada meja untuk kencan berdua, bahkan meja-mejanya bisa digeser untuk dijadikan jamuan acara makan bersama.

Selain harga dan fasilitas, daya tarik Saboten Shokudo adalah pada variasi menunya. Nyaris tak terbatas. Apapun yang Dolaners mau, serasa siap disediakan oleh kedai masakan Jepang ini. Tentulah, meja yang disediakan juga cukup banyak. Dan meja sebanyak itupun masih penuh terisi saat jam makan tiba.

16. Menikmati Sensasi Kesegaran Sup Buah Racikan Ling-Ling Fruit Bar

LingLing Fruitbar, LingLing Fruitbar Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners

LingLing Fruitbar via lingling.fruitbar

Berawal dari ide es buah gerobak kaki lima, LingLing Fruitbar lahir di Kota Malang. Namun berbeda, bukannya es buah tradisional biasa, LingLing Fruitbar tampil dengan inovasi racikan menu yang jauh lebih menarik.

Dulunya hanya sebuah mini kafe, LingLing Fruitbar kini sudah berkembang menjadi lima kafe dan outlet. Masing-masing kafe dan outlet ini memiliki konsep yang berbeda sesuai dengan lokasinya, tapi sama-sama nyaman buat duduk santai menikmati seger-segeran bersama teman maupun keluarga.

17. Volkswaffle Streatery, Jualan Waffle Pake Volkswagen

Volks Waffle, Volks Waffle Streatery, Volks Waffle Streatery Malang, Kota Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners

Volks Waffle via volkswaffle_mlg

Asal tahu aja nih ya Dolaners, kawasan Semeru ini masih punya pohon-pohon rindang di tepi kiri kanannya. Jadi, halaman di mana food truck waffle ini berada memberikan pengunjungnya suasana yang cukup rindang dan nyaman dengan semilir angin yang berhembus disela-sela dedaunan pohon. Tempat makannya dipayungi oleh kanopi yang kokoh, jadi jangan kuatir basah kehujanan kalau Dolaners jajan ke Volks Waffle Streatery saat musim hujan.

Volks Waffle di Malang ini asik banget buat nongkrong dan ngobrol santai dengan kawan-kawan, bahkan sesekali tampak pasangan atau keluarga kecil yang asik menikmati waffle di beberapa meja. Memang meja-meja yang disediakan berukuran beda, supaya pengunjungnya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Ada meja kursi yang cukup untuk dua orang, ada juga yang bisa muat sampai enam orang. Meja kursinya juga cukup unik, sederhana saja dari kayu tapi punya daya tariknya tersendiri.

18. Toast Story: Mulai Dari Roti Manis Sampai Roti Gurih

Toast Story, Toast Story Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners

Toast Story via infofaizfaeruz

Mencari lokasi nyaman buat ngobrol dan menikmati jajanan enak emang gak gampang. Tapi semua terasa beda saat Dolaners udah ketemu sama Toast Story. Meskipun menu andalannya roti panggang, Dolaners yang tak begitu suka roti bisa menikmati menu-menu enak lain di kafe ini.

Berawal dari menu andalan Toast Story, Toast Box, berupa roti panggang yang dibentuk kotak dengan isian bermacam-macam. Dolaners bisa pilih isi curry box, banana nutella, choco green tea, sosis cheese mayo, blueberry cheese, choco cheese, atau banana split. Biar gak penasaran rasa-rasanya, kudu dicobain satu-satu nih, sampai ketemu rasa favorit. Kalau mau yang simple aja, ada classic toast yang emang roti panggang biasa. Tapi beda sama yang di rumah, ya. Di Toast Story, Dolaners bisa pilih beragam topping buat roti panggang nikmat ini.

 

Bagaimana Dolaners? Kamu sudah siap untuk mencicipi satu persatu daftar kuliner Malang di atas? Yang pasti akan lebih nikmat jika berkuliner ria di Kota Malang bersama orang terdekat. Oh ya, kalau Dolaners punya referensi tempat makan yang patut untuk direview dan menjadi satu diantara daftar Kuliner Terpopuler di Malang Yang Paling Wajib Dikunjungi bisa ninggalin jejak melalui kotak komentar di bawah. Siapa tau rekomendasi Dolaners akan dipublikasikan oleh tim Kami. Have a nice day!

Dolandolen

Dolaners

Memberikan berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh destinasi yang ada di Indonesia. Be more than just another traveler when you be Dolaners!!

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link