Mau Weekend Seru? Cobain Nih, 5 Wisata Kuliner Keluarga di Malang Raya

Yang namanya keluarga, setiap orang punya kesukaan sendiri-sendiri. Tapi saat weekend, tetep kan, maunya ya ngumpul bareng. Nah, ke mana nih, supaya bisa tetep ngumpul, dan semua orang bisa hepi dengan kesukaannya masing-masing? Pernah coba ke kolam pancing? Eits, jangan disangka cuma yang suka mancing ikan bakal hepi di kolam pancing. Buktinya, kolam pancing dan tempat makan di Malang ini sering jadi pilihan weekend keluarga. Apa aja? Yuk lihat satu per satu.

1379 views

1. Warung Pring Pethuk

Warung Pring Pethuk ini lokasinya ada di Kota Batu, Dolaners. Tak jauh kok, dari Kota Malang. Hawanya dingin-dingin seger, cocok buat acara kumpul-kumpul dengan keluarga. Apalagi ada pula wahana keliling naik kuda di sekitar warung ini, pasti bikin anak-anak betah. Selain wahana naik kuda, anak-anak juga bisa terhibur dengan adanya area satwa. Mau selfie-selfie narsis? Ada taman di sekitar warung, cukup indah untuk jadi latar belakang acara foto-foto. Dan yang jelas, ada kolam pemancingan yang bikin acara kumpul sekeluarga ini makin seru.

Warung Pring Pethuk, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Warung Pring Pethuk via ganti - Dolan Dolen

Warung Pring Pethuk via www.wisatadanhotelmurah.com

Kolam pemancingan di Warung Pring Pethuk ini ada empat, masing-masing berukuran medium. Tiap kolam berisi satu jenis ikan, yaitu ikan bawal, ikan nila, ikan tombro, dan ikan gurami. Nah, udah terbayang kan, bakal selezat apa hasil tangkapan Dolaners? Apalagi Warung Pring Pethuk ini punya racikan bumbu yang maknyus. Kalau Dolaners tak bawa alat pancing, jangan kuatir. Sudah disediakan, tinggal bayar sewa saja. Kalau mau makan langsung tanpa mau repot mancing, boleh juga.

Alamat: Jl. Cemara Kipas Dalam, Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu
Jam Buka
Senin – Jumat: 10.00 – 22.00 WIB
Sabtu – Minggu: 09.00 – 20.00 WIB
Kisaran Harga Menu: Rp. 25.000 – Rp. 100.000,-

 

2. Pondok Desa Kampung Telaga

Lagi ngehits nih, Dolaners. Konsep rumah makan dengan suasana pedesaan, salah satunya Pondok Desa Kampung Telaga. Dan yang khas dari suasana pedesaan adalah konsep lesehan. Yak, Dolaners bisa makan gaya apapun di sini karena ada area lesehannya. Mau makan yang biasa di meja kursi juga bisa, kok.

Pondok Desa Kampung Telaga, Pondok Desa Kampung Telaga Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Pondok Desa Kampung Telaga via Nexeva - Dolan Dolen

Pondok Desa Kampung Telaga via Nexeva

Yang istimewa di Pondok Desa Kampung Telaga ini adalah view-nya, Dolaners. Asri banget, seakan tempat yang jauh dari peradaban perkotaan dan pemukiman. Udaranya segar, apalagi dengan kolam ikan koi yang menambah suasana ademnya. Anak-anak akan suka dengan pemandangan ikan koi yang bergelut di kolam, tapi orang tua wajib berhati-hati karena tidak ada pembatas atau pengaman di sekitar kolam koi ini. Dengan luas area sekitar 2,5 hektar, luas kolam dan restonya hampir sebanding. Jadi, Dolaners benar-benar dimanjakan dengan suasana asri dan tradisional. Pasti bakal banyak spot kece buat foto-foto sekeluarga. Apalagi dengan menu-menu seperti udang penyet, nila sarang telur, ikan bawal penyet, gurami terbang, gurami bakar, bawang penyet, kropok lekor, dan masih banyak lagi menu-menu bercitarasa tradisional dengan bumbu khas racikan resto ini.

Alamat: Jl. Raya Griya Permata Alam, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Malang
Jam Buka: 09.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga Menu: Rp. 21.000 – Rp. 78.000,-

 

 

3. Mabuk Mancing Fishing n Resto

Hobi mancing? Dolaners wajib datang ke Mabuk Mancing Fishing n Resto, kolam pancing surganya yang hobi mancing. Reputasinya lumayan mumpuni, bahkan Mabuk Mancing di Malang ini adalah cabang dari Mabuk Mancing di Bali. Dan lagi, dibanding kolam-kolam pancing yang lain, Mabuk Mancing ini memiliki manajemen dan fasilitas yang profesional, bahkan view yang tak mengecewakan. Berada di kawasan perbukitan, Dolaners bisa mancing sambil menikmati pemandangan Kota Malang jauh di lembah bawah sana.

Mabuk Mancing Fishing n Resto, Mabuk Mancing Fishing n Resto Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Mabuk Mancing by z43n - Dolan Dolen

Mabuk Mancing Fishing n Resto by z43n

Ada dua kolam yang tersedia untuk para pemancing di Mabuk Mancing. Kolam pertama berstandar lomba, yang diadakan setiap hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu. Kolam kedua berada di tengah, berisi ikan tombro, ikan nila, ikan patin, dan ikan gurami untuk memancing yang dihargai per kilogramnya. Dan kalau memboyong keluarga ke bagian restonya, Dolaners bisa langsung menuju ke kolam paling atas. Di area ini, gazebo berjajar di tepi kolam, benar-benar nyaman untuk makan-makan santai sekeluarga. Apalagi kalau pemandangan matahari terbenam dan lampu-lampu kota mulai dinyalakan turut menghangatkan suasana. Bakal jadi momen kebersamaan yang tak terlupakan, sambil melahap nikmatnya ikan goreng atau ikan bakar segar.

Alamat: Lesanpuro, Kedungkandang, Kota Malang
Jam Buka
Senin – Sabtu: 10.00 -22.00 WIB
Minggu: 08.00 – 21.00 WIB
Harga
Pancingan Ikan per Kilo: Rp. 45.000,-
Kisaran Paket Makan: Rp. 190.000 – Rp. 500.000,-

 

4. Resto Omah Iwak Teddy Nem

Resto Omah Iwak Teddy Nem ini pas buat Dolaners yang suka boyong keluarga untuk mancing. Bahkan di akhir pekanpun, tempat ini terkadang masih tak terlalu banyak pengunjung. Alhasil, serasa berada di kolam pancing pribadi dan cukup nyaman. Tapi bukan berarti lantas Dolaners bisa dapat banyak ikan, ya. Tetap tergantung tiga hal, satu skill memancingnya Dolaners, dua keberuntungan, dan keberuntungan lagi.

Resto Omah Iwak Teddy Nim, Resto Omah Iwak Teddy Nim Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Resto Omah Iwak via asihsri - Dolan Dolen

Resto Omah Iwak Teddy Nim via asihsri

Tapi jangan kuatir, kalau tak tahan dengan hasil pancingan, Dolaners bisa langsung pesan saja ke restonya. Menu-menu utamanya berbahan dasar ikan, dan pastinya segar karena langsung dari kolam sendiri. Lebih suka ikan bakar apa ikan goreng? Dua-duanya ada. Jenis ikan yang ditawarkan tak jauh-jauh dari ikan nila, ikan tombro, atau ikan gurami. Dan masih ada pilihan menu sambalnya, pula, selain bawaan dari menu ikannya. Masih bisa pilih lokasinya pula, mau di tepi kolam atau di bagian diner-nya yang berada tak terlalu jauh dari area kolam. Pasti acara makan-makan di Resto Omah Iwak Teddy Nem ini bakal senikmat rasa masakan yang dihidangkan.

Alamat: Jl. Dawuhan, Tegalgondo, Karangploso, Malang
Jam Buka: 07.00 – 21.00 WIB
Kisaran Harga Menu: Rp. 5.000 – Rp. 100.000,-

 

 

5. Kolam Pemancingan Alam Indah

Mungkin maksudnya berkonsep alami, tapi Dolaners yang cukup clean freak bisa jadi kurang nyaman dengan Kolam Pemancingan Alam Indah. Memang tempat ini lebih cocok untuk memfasilitasi penyuka mancing, alih-alih sebuah lokasi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Tapi tetap saja masih cukup oke kok, kalau Dolaners sekeluarga bukan termasuk tipe orang yang picky. Apalagi harga yang ditawarkan pas banget buat keluarga besar.

Kolam Pemancingan Alam Indah, Kolam Pemancingan Alam Indah Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Kolam Pemancingan Alam Indah by Masbams - Dolan Dolen

Kolam Pemancingan Alam Indah by bamsrudi.com

Kolam pemancingan ini punya stok ikan gurami, nila, dan patin yang kesemuanya tersebar ke dalam tiga kolam. Hasil tangkapan atau pancingan ini tinggal Dolaners serahkan pada pengelola untuk diolah menjadi masakan yang siap disantap setibanya di meja Dolaners. Praktis, bukan? Memang ada tambahan biaya untuk membersihkan ikan dan memasaknya, tapi masih pada kisaran harga yang terjangkau untuk rombongan keluarga besar sekalipun. Cukup menarik, bukan?

Alamat: Kedungkandang, kota Malang
Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB
Kisaran Harga Menu: Rp. 25.000 – Rp. 35.000,-

 

Memang masih banyak kolam-kolam pemancingan lain di Malang Raya. Bahkan tiap destinasi wisata pancing ini memiliki tema-tema unik yang berbeda satu sama lain. Dan yang paling asik dari kolam pemancingan adalah lokasinya yang pas buat acara kumpul-kumpul sekeluarga. Semua orang bisa hepi di sini, baik memancing, bersantai, ataupun bermain. Diakhiri dengan acara makan bersama, tentu saat-saat bersama keluarga akan jadi momen yang membahagiakan.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link