Monggo Mampir Dulu ke 10 Warung Gudeg Sedep di Yogyakarta Ini

Apa yang dilakukan saat dolan ke suatu kota? Yang jelas wajib adalah incip-incip kuliner khasnya. Dan tentu Dolaners tahu kuliner khas di Jogja. Yup! Gudeg. Teman makan nasi yang diolah dari nangka muda ini didominasi oleh rasa manis yang kuat. Tapi tak semua gudeg sama, Dolaners. Tak percaya? Cobain gudeg-gudeg ini dulu, Dolaners pasti bisa membedakan rasa khas ditiap warungnya.

1991 views

1. Warung Gudeg Bu Juminten

Konon, Warung Gudeg Bu Djuminten ini telah buka di Yogyakarta sejak tahun 1926. Suasana jadul memang sudah terasa sejak Dolaners memasuki warungnya.

Warung Gudeg Bu Djuminten, Warung Gudeg Bu Djuminten Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Warung Gudeg Bu Djuminten via hok - Dolan Dolen

Warung Gudeg Bu Djuminten via hok.kurniawan

Warung gudeg ini mudah dicari. Dari tugu Jogja, Dolaners cari saja kawasan Kranggan, yang masih jadi bagian dari Pecinan Jogja. Bangunan warungnya bergaya jadul dengan jendela-jendela kaca bening yang lebar. Gak bakal kelewatan, deh.

Alamat: Jl. Asem Gede No.14, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 07.00 – 19.00.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 500 – Rp 150.000,-

 

2. Gudeg Yu Narni Tugu

Gudeg Yu Narni Tugu memang bisa diincip di beberapa lokasi. Tapi jika Dolaners merasa kurang mantap kalau tak merasakan citarasa aslinya, monggo ke Gang Kebondalem saja.

Gudeg Yu Narni Tugu, Gudeg Yu Narni Tugu Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Gudeg Yu Narni Tugu via jogjataste - Dolan Dolen

Gudeg Yu Narni Tugu via jogjataste

Tapi jangan kecewa kalau tak dapat tempat duduk, ya. Hanya ada empat meja di warung Kebondalem. Ya sudah, ke cabangnya juga tak apa, Dolaners. Rasanya sama-sama lezat, kok.

Alamat Asal: Gang Kebondalem, Jl. Margo Utomo, Kelurahan Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta
Alamat Pusat: Jl. Kaliurang Km. 4,5 Karangasem CT III/19, Kota Yogyakarta
Alamat Cabang
Jl. Palagan Tentara Pelajar 102, Kota Yogyakarta
Jl. Magelang Km. 11 Beran Lor, Kelurahan Tridadi, Kecamatan Sleman, Kota Sleman
Jam Buka: 05.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 2.000 – Rp 240.000,-

 

3. Gudeg Pawon

Dolaners suka mengantri untuk mendapat seporsi makanan? Jika iya, monggo ke Gudeg Pawon saja. Hampir selalu ngantri kalau mau makan gudeg di sini.

Gudeg Pawon, Gudeg Pawon Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Gudeg Pawon via rhesaprasetia - Dolan Dolen

Gudeg Pawon via rhesaprasetia

Pada akhir tahun 1950-an, Gudeg Pawon ini awalnya dikenal di Pasar Sentul, Yogyakarta. Lama-kelamaan, karena cocok dengan citarasa gudegnya, para pembeli datang langsung ke rumah. Dolaners berminat ikutan antri di dapur atau pawon? Usahakan datang lebih awal kalau tak mau kehabisan.

Alamat: Jl. Janturan UH/IV No. 36, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 22.00 – 24.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 500 – Rp 24.000,-

 

 

4. Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Pengalaman membuat gudeg selama 60 tahun telah menghasilkan citarasa Gudeg Yu Djum yang khas. Didukung oleh bahan baku yang terjaga, nyaris tak ada perubahan kualitas masakannya selama puluhan tahun.

Gudeg Yu Djum, Gudeg Yu Djum Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Gudeg Yu Djum via dessyrachma 9 - Dolan Dolen

Gudeg Yu Djum via dessyrachma_9

Nangka muda, bahan baku gudeg, yang digunakan di dapur Yu Djum hanya berasal dari Prembun. Hasilnya, Gudeg Yu Djum memiliki tekstur yang baik dan rasa yang khas. Cabangnya juga banyak, jadi Dolaners tak harus berdesakan ngantri di satu warung demi gudeg nikmat ini.

Alamat: Jl. Wijilan No. 167, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 06.00 – 22.00 WIB

Alamat: Jl. Dagen Malioboro No. 2C, Kelurahan Sosromenduran, Kecamatan Gedong Tengen, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

Alamat: Jl. Laksda Adi Sucipto KM 8.7, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

Gudeg Yu Djum Pusat
Alamat: Karangasem mBarek CT III/22 Jl. Kaliurang km. 4,5, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 05.00 – 19.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 9.000 – Rp 155.000,-

 

5. Gudeg Basah Mbok Mandeg

Berbeda dari gudeg biasanya, gudeg basah punya sedikit kuah. Penyuka gudeg akan bilang gudeg basah masih setengah jadi, tapi gudeg basah sepertinya punya fans club sendiri.

Gudeg Basah Mbok Mandeg, Gudeg Basah Mbok Mandeg Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Gudeg Basah Mbok Mandeg via gondutgondut - Dolan Dolen

Gudeg Basah Mbok Mandeg via gondutgondut

Gudeg basah di Mbok Mandeg paling pas disandingkan dengan ayam kampung. Tapi saat mampir di kedainya, bisa jadi Dolaners tergoda sama soto betawi, nasi campur, soto banjar, atau menu-menu lain yang tak kalah enaknya.

Alamat: Jl. Parangtritis KM. 2,5, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 8.000 – Rp 250.000,-

 

6. Gudeg Bu Tjitro “1925”

Yang khas dari Gudeg Bu Tjitro adalah siraman kuah opornya yang begitu melimpah. Tak hanya gudeg, restoran Bu Tjitro juga menawarkan menu-menu lain, seperti ayam herbal, sub kembang tahu, sup ayam, dan sebagainya.

Gudeg Bu Tjitro 1925, Gudeg Bu Tjitro 1925 Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Gudeg Bu Tjitro 1925 by javafoodie - Dolan Dolen

Gudeg Bu Tjitro 1925 by javafoodie

Restoran ini juga cukup inovatif dengan menghadirkan produk gudeg kemasan. Gudeg yang dikemas dalam kendil tahan hingga dua hari, sedangkan gudeg dalam kemasan kaleng sanggup bertahan hingga satu tahun. Bisa jadi oleh-oleh yang sedap di mata dan perut kan, Dolaners?

Alamat: Jl. Janti No.330, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 4.000 – Rp 150.000,-

 

 

7. Gudeg Song Djie (01) Bu Atmo Godean

Gudeg Song Djie But Atmo sebenarnya menghidangkan gudeg basah dan gudeg kering, tapi entah kenapa gudeg basah menjadi primadona di kedai ini. Selain gudeg basah, bubur gurih juga laris manis. Mungkin bukan Dolaners saja yang tak kebagian.

Gudeg Song Djie Bu Atmo Godean, Gudeg Song Djie Bu Atmo Godean Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Gudeg Song Djie Bu Atmo Godean via neylychen - Dolan Dolen

Gudeg Song Djie Bu Atmo Godean via neylychen

Song Djie yang ada dalam nama kedai ini sebenarnya bermakna kosong dan siji, atau satu dalam Bahasa Indonesia. Mungkin angka juara ya, Dolaners? Yang jelas, entah bagaimana, pengunjung kedai ini kebanyakan adalah keturunan Tionghoa. Kebetulan yang menarik, bukan?

Alamat: Jl. Kyai Mojo No.104, Kelurahan Bener, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 06.30 – 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 3.000 – Rp 35.000,-

 

8. Gudeg Permata Bu Pudjo

Gudeg Permata Bu Pudjo terletak di sebelah barat gedung Bioskop Permata. Dimasa awal-awal dibukanya kedai, pada permulaan tahun 1950-an, pengunjung kedai ini adalah orang-orang yang ke bioskop.

Gudeg Permata Bu Pudjo, Gudeg Permata Bu Pudjo Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Gudeg Permata Bu Pudjo via chandrawidayat - Dolan Dolen

Gudeg Permata Bu Pudjo via chandrawidayat

Bioskop Permata kini sudah tak ada lagi, tapi pelanggan Gudeg Permata Bu Pudjo makin bertambah. Apalagi kalau Dolaners sudah coba gudeg basahnya. Pasti maunya balik lagi ke kedai ini.

Alamat: Jl. Gajah Mada, RT. 36 / RW. 07, Kelurahan Gunungketur, Kecamatan Pakualaman, Kota Yogyakarta
Jam Buka
Senin – Sabtu: 21.00 – 02.00 WIB
Minggu: tutup
Kisaran Harga: Rp 10.000 – Rp 30.000,-

 

9. Gudeg Sagan

Bosan dengan suasana warung makanan gudeg? Maunya suasana kafe dengan live music, tapi makannya tetep gudeg? Monggo ke Gudeg Sagan saja.

Gudeg Sagan, Gudeg Sagan Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, DOlaners Gudeg Sagan via richard0h - Dolan Dolen

Gudeg Sagan via richard0h._

Berada dekat dengan Fakutas Ekonomi UGM, Gudeg Sagan jelas menjadi pilihan makan gudeg kawula muda. Dolaners bisa ikutan gaul di Gudeg Sagan sambil menikmati melimpahnya kuah areh.

Alamat: Jl. Professor Dr Herman Yohanes No.53, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 09.00 – 24.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 3.500 – Rp 30.000,-

 

 

10. Warung Gudeg Bu Tini

Berawal dari tempat makan lesehan di pinggir gang, Warung Gudeg Bu Tini sekarang dikunjungi banyak pembali. Citarasanya yang khas memang selalu bikin kangen.

Warung Gudeg Bu Tini, Warung Gudeg Bu Tini Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Warung Gudeg Bu Tini via ci purwanti - Dolan Dolen

Warung Gudeg Bu Tini via ci_purwanti

Yup, ngangenin. Sekalinya mencicipi rasa gosong khas yang samar dari gudegnya, Dolaners bakal pingin balik lagi ke kedai ini. Gak percaya? Cobain dulu, deh.

Alamat: Jl Kyai Guno Mrico, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 05.00 – 12.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 3.000 – Rp 24.000,-

 

Bingung menentukan pilihan warung gudeg mana yang dituju saat ada di Yogyakarta? Memang tak mudah, tapi Dolaners bisa pilih saja yang terdekat dengan rute jalan-jalan di Kota Yogyakarta. Mudah, kan?

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link