Udah Cobain 8 Jajanan Kekinian di Yogyakarta Ini?

Yogyakarta memang terkenal akan gudegnya. Tapi kan, gudeg ini lauk berat yang jadi teman makan nasi. Kalau jajanan, bagaimana? Bakpia? Ah, cari yang baru, yuk? Cemilan atau jajajan yang enak disantap dengan secangkir minuman hangat atau dingin. Cobain deh, jajanan-jajanan kekinian yang lagi hits di Yogyakarta berikut ini.

1396 views

1. Jogja Cushy Cheese

Jajanan artis lagi hits nih, Dolaners. Tapi yang satu ini bukan sembarang artis, melainkan selebgram Ria Ricis. Doi menawarkan dagangannya yang terbaru di Yogyakarta, cheese cake!

Jogja Cushy Cheese, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Jogja Cushy Cheese via mahasiswakulineran - Dolan Dolen

Jogja Cushy Cheese via mahasiswakulineran

Cheese cake ini bernama Jogja Cushy Cheese. Tak hanya keju, jajan kekinian ini punya varian Blueberia, Ohricis, Ria Miss U, Cakelet, Caramelonut, dan Cascheesecus. Bagian bawah cake ini seperti ada pastry-nya, bagian tengah ada coklat lumer yang kental dan lumat di mulut, dan bagian atas tentunya cheesecake. Mana yang paling enak? Susah diputuskan, deh. Tapi Dolaners bisa coba cake dengan topping coklat parut. Cocok dilahap dengan teh hangat, apalagi saat sore-sore mendung dan hujan rintik tiada akhir. Kalau Dolaners njajan di outlet Jogja Cushy Cheese, bisa sekalian nambah koleksi selfie di bean bag, area upside down, atau di spot-spot instagenik yang lain.

Alamat: Jl. Timoho No.56, Kelurahan Mujamuju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 08.00 – 21.00 WIB
Harga: mulai Rp 48.000,-

 

2. Helo Piscok

Piscok, atau pisang coklat, adalah jajan kekinian di Yog yakarta. Bukan pisang goreng dengan topping coklat, bukan pula pisang goreng dengan isi coklat di dalamnya. Jadi apa?

Helo Piscok, Helo Piscok Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Helo Piscok via tastefuljogja - Dolan Dolen

Helo Piscok via tastefuljogja

Helo Piscok ini bukan makanan goreng. Hanya dipanggang di atas tesflon, termasuk versi frozennya juga. Lebih sehat, kan? Kulitnya crunchy, sedangkan isian coklatnya terbuat dari dark chocolate yang akan meleleh karena panas dari alat pemanggang. Kalau di rumah, Dolaners tinggal taruh piscoknya di atas teflon, dengan api kecil. Setelah diangkat, kasih topping favorit. Kalau langsung dari outlet, Dolaners bisa dapat topping beraneka varian, salah satunya coklat green tea.

Alamat: Jl. Agro No.38C, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 2.500 – Rp 13.000,-

 

3. Mr Robak

Hayo coba apa yang muncul di benak Dolaners kalau dengar kata robak? Yup, roti bakar. Jajanan ringan mengenyangkan yang bisa ditemui di mana-mana ini ternyata ada yang spesial di Yogyakarta. Ini dia, si Mr Robak.

Mr Robak, Mr Robak Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Mr Robak via boomakan - Dolan Dolen

Mr Robak via boomakan

Eits, jangan salah. Mr Robak tak hanya menyediakan roti bakar, tapi masih ada churos yang lagi hits, dan keduanya masih disajikan dengan tampilan beda. Pernah coba churros ice cream? Nah, Mr Robak punya churros yang bikin nagih ini. Cobain juga blue burger chicken-nya. Kalau laparnya banget, Dolaners bisa pesan menu-menu nasi. Yup, menu berat ini juga tersedia, kok. Dan masih ada pilihan dessert yang banyak banget di Mr Robak. Duh, bingung mau makan yang mana…

Alamat: Jl. Godean km 4,5, Kelurahan Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 17.00 – 23.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 2.000 – Rp 20.000,-

 

4. Bobobi Bola-Bola Ubi

Ubi bukan lagi bahan makanan yang terkesan ndeso. Kalaupun Dolaners berpikir demikian, mungkin cuma karena belum ketemu sama Bobobi Bola-Bola Ubi. Yup, bukan sekedar ubi goreng biasa, tapi jajanan yang lagi hits di Yogyakarta ini berbentuk bola-bola unyu.

Bobobi Bola Bola Ubi, Bobobi Bola Bola Ubi Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bobobi Bola Bola Ubi via kulineryogya - Dolan Dolen

Bobobi Bola Bola Ubi via kulineryogya

Bobobi Bola-Bola Ubi punya rasa original, ubi ungu, dan rasa pandan. Bentuknya bulat, namanya juga Bola-Bola, terbuat dari adonan ubi dan tepung tapioka. Sebelum dihidangkan, Bola-Bola Ubi ini dikasih taburan topping milo bubuk atau gula putih halus. Jajanan yang juga hits di kota-kota lain ini pas buat dimakan anget-anget, apalagi saat cuaca di Yogyakarta lagi dingin dan hujan.

Alamat: Lapangan Pengkolan Galeria Mall, Jl. Jendral  Sudirman, Kelurahan Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 17.00 – habis
Harga: Rp 15.000,- per 10 bola ubi

 

5. Doodle Burger

Dolaners suka burger hitam? Tahu gak, kalau burger hitam udah biasa, gak ada istimewa-istimewanya. Kalau burger warna warni, baru keren, nih. Ada ya, burger warna warni?

Doodle Burger, Doodle Burger Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Doodle Burger by doodleburger - Dolan Dolen

Doodle Burger by doodleburger

Ada, laaah! Gak percaya kalau gak lihat sendiri? Dolaners bisa samperin ke Doodle Burger di Sleman, Yogyakarta. Burgernya cantik-cantik, warna pelangi pastel, bikin gak tega kalau mau makan. Tapi begitu Dolaners dapet segigit, bakalan susah berhenti, deh. Doodle Burger memang meramu burgernya dengan saus buatan sendiri, patty-nya juga segar, besar, dan enak. Dan kalau Dolaners lagi bokek, bisa manfaatkan happy hour package-nya yang durasinya cukup panjang, mulai jam 11 siang sampai 5 sore. Yup, setiap hari!

Alamat: Jl. Mozes Gatotkaca Blok B No. 4-6, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 15.000 – Rp 70.000,-

 

6. Jogja Scrummy

Satu lagi jajanan artis.  Yang satu ini punya Dude Harlino, Jogja Scrummy. Jajanan yang lagi hits ini adalah perpaduan citarasa brownies kukus dan puff pastry. Diantara keduanya, ada filling yang tersedia dalam beragam varian rasa, seperti coklat, srikaya, keju, karamel, taro/talas, dan mangga. Sudah terbayang enaknya?

Jogja Scrummy, Jogja Scrummy Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Jogja Scrummy via rinikonoa - Dolan Dolen

Jogja Scrummy via rinikonoa

Tunggu dulu. Masih belum pakai topping, tuh. Dolaners bisa pilih topping coklat, extra cheese, caramel, peanut, atau frosting cheese. Enaknya jajanan ini kalau dinikmati sembari minum teh anget saat gerimis rintik.

Alamat: Jl. Wongsodirjan No.22, Kelurahan Sosromenduran, Kecamatan Gedong Tengen, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 24 jam

Alamat Outlet Kaliurang: Ruko Cakra Kembang, Jl. Kaliurang KM. 5,5 No. 44, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

Alamat Outlet Adi Sucipto: Jl. Laksda Adisucipto No.75, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB

Alamat Outlet Malioboro: Kelurahan Sosromenduran, Kecamatan Gedong Tengen, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

Alamat Outlet Katamso: Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 45.000 – Rp 68.000,-

Lihat Detail

 

7. Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia memang jajanan khas Yogyakarta, tapi yang ini beda. Bakpia Kukus Tugu Jogja. Bentuknya bulat-bulat kecil, mirip seperti bakpao mini. Tapi kalau dibandingkan sama bakpia panggang biasanya, Bakpia Kukus Tugu Jogja ini ukurannya sedikit lebih besar. Rasanya? Beda lah, dari bakpia biasanya.

Bakpia Kukus Tugu Jogja, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bakpia Kukus Tugu Jogja via dhita nurlitasari - Dolan Dolen

Bakpia Kukus Tugu Jogja via dhita_nurlitasari

Tekstur Bakpia Kukus Tugu Jogja ini lembut, dengan isi coklat, kacang ijo, keju, dan kacang merah. Kalau varian kulit luarnya cuma ada dua pilihan, coklat dan original. Perpaduan rasa kedua kulit dan beragam isinya sungguh diluar ekspektasi. Pas, cocok banget! Kelembutan kulit dan lumernya filling dijamin bakal bikin Dolaners susah berhenti melahap jajanan kekinian yang satu ini.

Alamat: Jl. Kaliurang No.10A, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 06.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 25.000 – Rp 30.000,-

 

8. Roti Bakar 543 Pandega

Jajanan roti bakar lagi, tapi yang satu ini terkenal dengan buntut Pandega dibelakangnya. Tak hanya roti bakar, tempat makan ini juga menyajikan indomie seblak, nasi ayam sambel ijo, dan masih banyak lagi. Pastinya, Dolaners bakal jajan sampai kenyang di Roti Bakar 543 Pandega.

Roti Bakar 543, Roti Bakar 543 Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Roti Bakar 543 via kulineryogya - Dolan Dolen

Roti Bakar 543 via kulineryogya

Selain njajan sampai kenyang, Dolaners bisa nongkrong rame-rame dan memanfaatkan WiFi yang lumayan kenceng. Menu andalan di Roti Bakar 543 Pandega adalah Sosis LDR yang panjangnya sampai satu meter. Kalau sanggup ngabisin sendiri, monggo.

Alamat: Jl. Pandega Marta No.81, 49, Kelurahan Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman
Jam Buka
Senin – Kamis: 10.00 – 24.00 WIB
Jumat – Minggu: 10.00 – 01,.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 3.500 – Rp 45.000,-

Lihat Detail

 

Sudah tahu kan, jajanan kekinian apa yang lagi hits di Yogyakarta? Sekarang Dolaners tak perlu bingung mau jajan apa, atau mau bawa oleh-oleh apa. Emang gak ada habisnya kalau incip-incip kreasi kuliner di daerah yang instimewa ini.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link