Wajib Dicobain, 6 Kafe dengan Tema Unik di Kota Malang

Tentunya, Dolaners punya kafe favorit. Atau kafe langganan, deh. Yang jelas, kafe ini bikin Dolaners nyaman karena suasana dan makanannya. Tapi ke mana ya, menemukan atmosfir yang sama ketika Dolaners ada di Kota Malang? Daripada coba-coba, berikut nih, ada enam kafe dengan tema yang unik dan pastinya, anti mainstream. Lihat, yuk?

1113 views

1. Travelmie Puncaknya Malang

Tahukah Dolaners seperti apa sensasinya acara makan bersama saat naik gunung? Kira-kira Seperti itulah konsep kafe yang unik di Malang ini. Seluruh dekorasi dirancang sedemikan rupa, sehingga Dolaners akan merasa sedang makan di tenda, atau di sekitar tenda, saat naik gunung. Yup, tema kafe ini memang urban camping.

Travelmie Puncaknya Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Tavelmie Puncaknya Malang by mr hachiii - Dolan Dolen

Travelmie Puncaknya Malang by mr_hachiii

Travelmie Puncaknya Malang memang masih menyediakan meja kursi makan seperti kafe-kafe lain. Bedanya, di sela-sela barisan meja kursi ini ada tenda-tenda camping dan bahkan ada area api unggunnya. Tak hanya dekorasi kafenya, alat-alat makannyapun persis seperti yang Dolaners gunakan saat naik gunung, hanya saja dengan tampilan makanan yang jauh berbeda. Memang ada mi instan, tapi ada juga nasi bakar, nasi liwet, dan berbagai menu makanan ringan. Mengusung tagline “harga kaki lima suasana kaki gunung,” sepertinya kafe ini memang layak dicoba Dolaners yang backpakcing ke kota yang sejuk ini.

Alamat: Jl. Simpang Ijen Blok B No. 39, Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 11.00 – 23.30 WIB
Kisaran Harga: Rp. 5.000 – Rp. 32.000,-

 

2. HD’R Comic Cafe

Sesuai namanya, keunikan kafe ini terletak pada tema komiknya. Saat memasuki kafe, Dolaners akan disuguhi deretan komik Jepang yang cukup populer, seperti Naruto, Doraemon, Samurai X, dan lain-lain. Rak buku di kafe ini juga penuh dengan komik Western, apalagi komik DC dan Marvel. Alih-alih menuju meja dan memesan menu, bisa-bisa Dolaners malah sibuk memilih-milih komik yang akan dibaca. Dan saat Dolaners siap memesan menu, yang akan dibaca juga tak jauh-jauh dari komik. Nama-nama menunya unik, misalnya Amazing Gatot Kaca untuk menu minuman coklat vanila atau Nasgor Ratapan Anak Tiri untuk menu nasi goreng telur.

HD'R Comic Cafe, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners HDR Comic Cafe Malang via ahm - Dolan Dolen

HD’R Comic Cafe via ahm.qasim

Gak hobi baca? Masih ada game konsol yang disediakan gratis di kafe ini. Bahkan, tak hanya video game, board game juga disediakan.

Alamat: Jl. Bunga Coklat no.11, Tulusrejo, Lowokwaru, Kota Malang
Jam Buka
Selasa – Minggu: 11.00 – 23.00 WIB
Senin: tutup
Kisaran Harga: Rp. 10.000,-
Biaya Membership: Rp. 100.000,-

 

3. Key Labs Cafe

Tak jauh-jauh dari namanya, kesan yang Dolaners dapat saat ada di kafe ini adalah laboratorium kimia. Tapi tentu beda ya, Key Labs Cafe jauh lebih menarik. Memang masih mengusung tema spartan, bahkan meja kursinya dari kayu biasa dengan style sangat sederhana. Tapi, suasana kafe ini selfi-able banget. Kombinasi dekorasi dinding dengan spartannya meja kursi kayu akan tampak instagenik banget.

Key Labs Cafe, Key Labs Cafe Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Key Labs Cafe via aciidkarliita - Dolan Dolen

Key Labs Cafe via aciidkarliita

Menu yang ditawarkan di kafe ini lengkap, mulai dari mie dan nasi, pasta, fresh drink, ice blended, ice-periment, hingga beragam dessert. Nama-nama menu, seperti Liquid Nitrogen Ice Cream atau Smookin Cold, yang ada di Key Labs Cafe jelas tak akan ditemukan di kafe-kafe lain. Juga, sensasi asap-asap yang bisa terasa agak heboh atau serem kalau Dolaners tak terbiasa. Yang begini ini nih, hanya ada di Key Labs Cafe.

Alamat: Jl. Panderman No.2, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 10.00 – 23.00 WIB
Kisaran Harga: Rp. 7.000 – Rp. 30.000,-

 

4. El Mexico Cafe

Kafe dengan tema yang berbeda emang lagi hits di Malang. Salah satunya El Mexico Cafe ini. Dekorasi interiornya didominasi warna biru, dikombinasikan dengan warna-warna lain yang tak kalah cerahnya, dengan aksen-aksen Indian Meksiko yang menarik. Foto-able banget deh, Dolaners. Masih ada lagi yang bikin Dolaners akan betah di kafe ini, yaitu live music-nya. Bahkan saat ada tampilan musik ala-ala mariachi, akan terasa banget suasana Meksiko-nya.

El Mexico Cafe, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners El Mexico Cafe Malang via franz philipz - Dolan Dolen

El Mexico Cafe via franz_philipz

Dan tak perlu jauh-jauh bikin passport ke Mexico, Dolaners bisa menikmati tacos atau quesadillas di kafe ini. Menu-menu lain yang khas makanan Meksiko juga bisa dipesan di kafe ini. Masing-masing punya citarasa berbeda dalam menggabungkan sayur, daging, dan keju. Barangkali masih terasa baru di lidah? Tak apa, justru inilah serunya mencoba makanan Meksiko. Lagipula, sayang banget bila harus melewatkan satu-satunya kafe bertema Meksiko di kota ini.

Alamat: Jl. Soekarno Hatta PTP II No 12, Mojolangu, Lowokwaru, Kota Malang
Jam Buka: 15.00 – 23.00 WIB
Kisaran Harga: Rp. 15.000 – Rp. 35.000,-

 

5. Warung 14 Semeru Art Gallery

Warung 14 Semeru Art Gallery dikelola oleh empat orang seniman muda, jadi tak heran bila banyak dekorasi seni di kafe ini. Dan jiwa seni para pengelola ini pula yang sanggup menciptakan suasana homey bagi siapapun yang datang berkunjung, makan, atau sekedar nongkrong.

Warung 14 Semeru Art Gallery, Warung 14 Semeru Art Gallery Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Warung 14 Semeru Art Gallery via owotsarp - Dolan Dolen

Warung 14 Semeru Art Gallery via owotsarp

Tak hanya mengandalkan kekuatan interior kafe, saat Dolaners mencicipi masakannya, akan terasa citasanya yang khas dan berbeda. Juru masak kafe yang berasal dari Banyuwangi meyakinkan bahwa menu-menu yang disajikan di Warung 14 Semeru Art Gallery dibuat tanpa bahan pengawet. Cobalah menu Jamur Saus Merah di kafe ini. Paling pas kalau melahab menu ini di bagian rooftop kafe, sambil menikmati suasana sore atau malam hari Kota Malang dari atas. Yup, rooftop ini memang spot favorit semua orang.

Alamat: Jl. Semeru no. 14 Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 14.00 – 02.00 WIB
Kisaran Harga: Rp. 4.000 – Rp. 12.000,-

 

6. Piknik Eatery

Lokasinya yang berhadapan dengan Hutan Kota Malabar menjadikan piknik sebuah tema yang tepat untuk kafe ini. Piknik Eatery memang berkonsep makan-makan outdoor yang bikin hepi. Uniknya, kafe ini tak hanya mengemas dekorasi cerah dan menarik, tapi juga disediakan properti bertema Indian untuk semua pengunjung. Topi bulu ayam atau war bonnet di kafe ini bisa Dolaners pinjam untuk selfie. Dikombinasikan dengan suasana yang dekat-dekat hutan, keseluruhan tema dan atributnya bisa bikin acara makan Dolaners jadi terasa spesial, apalagi kalau bersama keluarga, pasangan, atau kawan-kawan.

Piknik Eatery, Piknik Eatery Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Piknik Eatery via piknikmlg - Dolan Dolen

Piknik Eatery via piknikmlg

Sesuai dengan tema makan-makan santai di luar ruangan, Piknik Eatery menawarkan menu-menu yang ringan. Ada camilan berbahan dasar ikan, sayuran, keju, makanan laut, roti, bahkan makanan lokal sepanjang masa yaitu tahu crispy. Kalau Dolaners pingin makan kenyang, ada menu nasi dan lauk juga, kok.

Alamat: Jl. Guntur No.21, Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang
Jam Buka
Selasa – Minggu: 16.10 – 23.00 WIB
Senin: tutup
Kisaran Harga: Rp. 10.000 – Rp. 30.000,-

 

Hawa sejuk Malang emang paling asik kalau dipakai jajan, makan, nyemil, nongkrong, atau apalah-apalah yang lain. Tapi jujur deh, Dolaners gak cuma butuh makanan enak buat ngisi perut, kan? Makan enak sekalipun, kalau lokasi dan situasi kurang mendukung, bisa bikin bete juga, kan? Nah, makanya enam kafe tadi wajib dicobain saat Dolaners ada di Kota Malang. Selain makanannya yang dijamin memuaskan, lokasi dan suasana kafe-kafe ini asik banget, khas dengan ciri uniknya masing-masing.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link