8 Jajanan Pilihan di Bandung yang Wajib Dicoba Langsung di Kedainya

Dolaners sudah berkelana ke mana saja di Bandung? Jalan-jalan lintas alamnya? Atau shopping di mall-mall-nya yang keren? Kalau jajan makanan khas tradisional Bandung, sudah apa belum? Barangkali ini saatnya mencoba jajanan-jajanan Bandung. Apa saja jajanannya? Dan musti ke mana nyobain jajanannya? Yuk lihat-lihat pilihan berikut ini.

1298 views

1. Basreng di Jagonya Basreng

Barangkali Dolaners sudah kenal basreng Bandung. Jajanan yang satu ini memang populer banget, sudah tersebar sampai di kota-kota yang jauh dari Bandung. Tapi kalau Dolaners ada di Bandung, wajibnya ya incip-incip basreng di Jagonya Basreng.

Basreng Bandung, Jagonya Basreng, Basreng, Bakso Goreng, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Basreng Bandung via reni - Dolan Dolen

Basreng Bandung via reni.kaf.khansa

Bakso goreng ini keripik yang terbuat dari gorengan bakso ikan kemudian ditaburi bumbu pedas. Sekarang sih, pilihan bumbunya lebih beragam, tak cuma pedas. Buktinya, Jagonya Basreng punya varian rasa Spicy Red Chili, Spicy Green Chili, Original, Cheese, dan Seaweed. Nah, mau coba yang mana nih, Dolaners?

Alamat: Husen Sastranegara, Cicendo, Kota Bandung
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB (Sabtu-Minggu tutup)

 

2. Cireng Bumbu Rujak di Armor Kopi

Orang Bandung memang kreatif bikin jajanan dari tepung tapioka, ya. Sudah ada aci dicolok, aci digemol, dan sekarang cireng. Aci atau tapioka digoreng ini tidak dimakan begitu saja habis digoreng, ya. Tentu Dolaners tahu, kan. Meskipun memang sehabis digoreng bisa langsung disantap tuntas, tapi akan lebih enak kalau ada bumbu atau cocolannya.

Cireng Rujak, Cireng Rujak Bandung, Cireng Bumbu Rujak, Cireng Bumbu Rujak Bandung, Bandung, Cireng, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Cireng Rujak via bebenadila - Dolan Dolen

Cireng Rujak via bebenadila

Cocolan cireng ini bisa dibikin dari kacang tanah, tapi yang lebih seru dicoba adalah saus atau bumbu rujak. Apalagi kalau Dolaners nyobainnya di Armor Kopi. Rasakan sendiri deh sensasinya makan cireng bumbu rujak di tengah suasana yang adem.

Alamat: Jl. Pakar Utara No.10, Ciburial, Cimenyan, Bandung
Jam Buka: 08.00 – 10.00 WIB

 

 

3. Seblak Basah di Seblak Basah Deu’ Tjenghar

Seblak basah ini memang aslinya jajanan yang biasa saja, tapi semakin hari tampilan seblak basah ini semakin menggoda. Memang seporsi seblak basah sekarang isinya masih kurang lebih sama, ya tetep kerupuk udang rebus dengan bumbu bawang putih, kencur, gula, garam, dan cabai.

Seblak Basah, Seblak Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Seblak Basah via sallysetia - Dolan Dolen

Seblak Basah via sallysetia

Tapi kreativitas kuliner orang Bandung semakin keren saja. Seblak basah bisa punya beragam topping saat ini, belum lagi tambahan isi seperti kwetiau, mie, telur, sosis, bakso, dan lain-lain. Dan meskipun seblak basah sudah lebih bermacam-macam isinya, Dolaners akan tetep mendapati rasa khas pedas dan kencurnya yang bikin nagih. Coba saja di Seblak Basah De’ Tjenghar kalau masih tak percaya.

Alamat: Jl. Purnawarman, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB

 

4. Mochi Ice Cream di The Dream’s Cake

Dolaners tahu kue mochi? Iya, jajanan ini yang berasal dari negeri tirai bambu dan matahari terbit. Tentu Dolaners juga tahu kalau isi kue moci biasanya ya kacang, dengan taburan bubuk tepung dibagian luar kue supaya tidak lengket. Di Bandung juga ada penampakan kue mochi seperti ini. Tapi hanya penampakannya saja, ya.

Mochi Ice Cream, Mochi Ice Cream Bandung, Kota Bandung, Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Mochi Ice Cream via suzana - Dolan Dolen

Mochi Ice Cream via suzana.hermanus

The Dream’s Cake, salah satu tempat makan di Bandung yang menyajikan mochi ice cream, menawarkan beragam rasa jajanan ini. Es krim berbentuk kue mochi ini tersedia dalam rasa vanilla, coklat, strawberry, durian, dan lain sebagainya. Jangan ditanya gimana lucunya bentuk es krim ini, apalagi warna warninya yang membangkitkan seleramu untuk segera saja melahapnya.

Alamat: Jl. BKR No.22, Cijagra, Lengkong, Kota Bandung
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB

 

 

5. Kue Cubit di Java Bite

Konon katanya kue cubit ini aslinya jajanan Jakarta. Tapi entah bagaimana, kue ini malah jadi hits di Kota Bandung saat ini. Yap, kue ini favorit muda mudi Bandung.

Kue Cubit, Kue Cubit Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Kue Cubit via willskitchen - Dolan Dolen

Kue Cubit via willskitchen.id

Dan di Bandung, Java Bite-lah yang jadi jujugan jajanan ini. Kreasinya yang seakan tak ada habis memang menghasilkan kue klasik ini dalam bentuk dan tampilan baru yang lebih gaul. Kalau topping keju atau meses coklat sudah biasa, Dolaners bisa coba topping oreo, ovomaltine, nutella, atau kitkat. Rasa jajanan ini juga beragam, ada red velvet, green tea, vanilla, coklat, dan lain sebagainya.

Alamat: Jl. Kliningan 22, Indomaret Karawitan, Turangga, Lengkong, Kota Bandung
Jam Buka: 13.00 – 21.00 WIB

 

6. Surabi di Surabi Cihapit

Tak ada yang tak kenal surabi, kan? Nah, ada kedai surabi yang teruji waktu di Kota Bandung, dan karenanya, layak dicoba surabinya. Ada beragam jenis surabi yang jadi menu di kedai ini, antara lain surabi oncom, surabi kinca, surabi kuah gula merah, surabi telur, surabi sosis, surabi suwir daging, surabi suwir ayam, dan lain sebagainya.

Surabi Bandung, Surabi, Kota Bandung, Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Surabi via kulinercirebon - Dolan Dolen

Surabi Bandung via kulinercirebon

Kedai kecil di Jl. Cihapit ini masih menggunakan cara lawas membuat surabinya. Dengan tungku dan cetakan tanah liatnya, citarasa jajanan di kedai ini terjaga selama bertahun-tahun. Dolaners bisa pesan surabi dengan topping nangka, keju, pisang, coklat, durian, sosis, atau yang lain.

Alamat: Jl. Cihapit No.36, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung
Jam Buka: 06.00 – 11.00 WIB (hari Senin-Minggu) dan 15.00 – 21.00 WIB (hari Senin-Sabtu)

 

 

7. Siomay di Batagor Kingsley

Lagi-lagi, ini adalah jajanan yang sudah tenar di luar Kota Bandung. Siapa sih yang tak kenal siomay. Jajanan yang terbuat dari campuran sagu dan daging ikan ini sudah laris manis di kota-kota lain. Apalagi dengan siraman bumbu kacangnya yang gurih. Makin susah ditolak saja, kan.

Siomay, Siomay Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Siomay via dwimusli - Dolan Dolen

Siomay via dwimusli

Nah, kalau di kota asalnya sendiri, Dolaners bisa pilih-pilih mau jajan siomay di mana. Banyak banget pilihannya, termasuk salah satunya adalah Batagor dan Siomay Kengsley. Siomay di tempat ini punya tekstur isi yang lembut, dengan aroma dan rasa ikan tengirinya yang kuat sekali. Sepertinya kudu dicoba sendiri ya, Dolaners?

Alamat: Jl. Veteran No.25, Kebon Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka: 08.00 – 20.00 WIB (Kamis tutup)

 

8. Bandros di Bandros Hebab

Dan jajanan lawas yang sudah ada Bandung sejak jaman dahulu kala adalah bandros. Terbuat dari tepung terigu dan santan kelapa, jajanan ini dibuat dengan dipanggang di dalam cetakan cekung, kemudian ditaburi dengan parutan kelapa.

Bandros Bandung, Bandros, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Bandros Bandung via bandroshebab - Dolan Dolen

Bandros Bandung via bandroshebab.bdg

Tapi eh, tapi.. bandros masa kini beda banget loh, Dolaners. Toppingnya tak cuma parutan kelapa, seperti di Bandros Hebab. Bandros di sini bergaya baru, dengan pilihan dominasi rasa asin atau manis yang sudah berbeda sejak dari adonannya. Topping yang ditawarkan juga bermacam-macam. Penasaran apa saja menu bandros di sini? Langsung samperin saja! Cobain modifikasi rasa-rasa bandros sambil nongkrong lesehan di kedai ini. Tampilan dan rasanya beda banget dari bandros yang selama ini pernah Dolaners coba.

Alamat: Jl. Japati No.1, Sadang Serang, Coblong, Kota Bandung
Jam Buka: 19.00 – 01.00 WIB (Minggu tutup)

 

Nah, dari pilihan-pilihan jajanan ini, Dolaners mau coba yang mana, nih? Tak usah kelamaan mikir, langsung mampir ke kedainya, dan nikmati jajanan yang bikin penasaran. Tak afdol kalau ke Bandung tapi tak sempat nyobain jajanan khasnya. Iya, kan?

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link